Penguatan Keterampilan Partisipasi sebagai Civic Skills Siswa Melalui Latihan Dasar Kepemimpinan di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar

Herlan Tavip, Achmad Muthali’in

Abstract


Abstract

The Basic Leadership Training is an annual program implemented for the framework of new candidates for IPM, HW, and PMR High School Muhammadiyah 1 Karanganyar. The aim of this study is to know the strengthening of participation skills as civic skills students through LDK High School Muhammadiyah 1 Karanganyar activities. The method used in this study is qualitative descriptive. The results of this study showed that LDK High School Muhammadiyah 1 Karanganyar enhanced the participation skills of participants. It is demonstrated 1) activities that are compatible with four indicators of participatory skills: student participation in order, willingness to comply with the rules, courage to argue, and giving leadership material. 2) Differences occur among which participants are less interested in activities, some are less obedient, less confident, and have not understood the entire leadership material. (3) The implemented solutions include procuring rafting in the trade, granting sanctions, fishing to dare to argue, and providing tasks with leadership materials. Then from the above results, it can be concluded that there is an enhancement of student participation skills through LDK Muhammadiyah High School 1 Karanganyar.

-------------------

Abstrak

Latihan Dasar Kepemimpinan adalah program tahunan yang dilaksanakan untuk pengkaderan calon pengurus baru IPM, HW dan PMR SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penguatan keterampilan partisipasi sebagai civic skills siswa melalui kegiatan LDK SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa LDK SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar menguatkan keterampilan partisipasi peserta. Hal ini ditunjukan 1) kegiatan yang berkesesuaian dengan empat indikator keterampilan partisipasi yaitu partisipasi siswa yang tertib, kemauan mematuhi peraturan, berani berpendapat dan pemberian materi kepemimpinan. 2) Kendala yang terjadi di antaranya peserta kurang tertarik dengan kegiatan, beberapa kurang patuh, kurang percaya diri dan belum memahami keseluruhan materi kepemimpinan. 3) Solusi yang diterapkan diantaranya pengadaan rafting di magelang, pemberian sanksi, memancing agar berani berpendapat dan pemberian tugas dengan materi kepemimpinan. Maka dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat penguatan keterampilan partisipasi siswa melalui LDK SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar.

 


Keywords


participation skills; LDK; students; keterampilan partisipasi; siswa

References


Abdinigrum, A. R., & Supriyadi. (2023). Penguatan Watak Kewarganegaraan Santri di Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek R Krapyak Yogyakarta. Jurnal Kewarganegaraan, 20(1), 13–26. https://doi.org/10.24114/jk.v20i1.41016

Adinugraha, H. H., Sartika, M., Astuti, S. D., & Mahmud. (2020). Pelatihan Dasar Kepemimpinan Siswa sebagai Sarana Pengembangan Bakat Kepemimpinan Siswa yang Jujur, Percaya Diri, Tanggungjawab, Disiplin, dan Kreatif. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4), 1–7. https://doi.org/10.30653/002.202161.653

Alfiansyah, H. R., & Wangid, M. N. (2018). Muatan Pendidikan Kewaranegaraan Sebagai Upaya Membelajarkan Civic Knowledge, Civic Skills, dan Civic Disposition di Sekolah Dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan, 6(2), 185–194. https://doi.org/10.21831/jppfa.v6i2.23764

Ardi, M. (2012). Pengaruh Pemberian Hukuman Terhadap Disiplin Siswa Dalam Belajar (Penelitian Eksperimen di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Nanga Tebidah Kecamatan Kayan Hulu Kabupaten Sintang). Jurnal Eksos, 8(1), 61–72. Diambil dari http://repository.polnep.ac.id/xmlui/handle/123456789/359

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Indonesia. (2017). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Candra, N. P. N., & Nissa, I. C. (2021). Pelatihan Dasar Kepemimpinan Bagi Siswa SMK. Indonesian Journal Of Community Service, 1(1), 185–190. Diambil dari http://ijocs.rcipublisher.org/index.php/ijocs/article/view/43

Effendi, B., & Imani, M. F. (2022). Latihan Dasar Kepemimpinan untuk Penguatan Jiwa Kepemimpinan pada Ikatan Pelajar Muhammadiyah. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 22–25. https://doi.org/10.32764/abdimas_agama.v3i1.2490

Faiz, F. R. F., Nurhadi, N., & Rahman, A. (2021). Pembentukan Sikap Disiplin Siswa Pada Sekolah Berbasis Asrama. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 309–326. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.902

Fatimah, Y., Sanusi, A. R., & Nugraha, Y. (2019). Hambatan Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMPN 4 Klari. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 41–48. https://doi.org/10.36805/civics.v4i2.1322

Fitria, D., Sabir, A., Pitra, D. H., Astuti, M., & Superdi. (2022). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa di SMP Negeri 1 Kayutanam. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(2), 118–126. https://doi.org/10.52060/pti.v3i2.941

Fusnika, F. (2020). Pembinaan Civic Disposition Berbasis Nilai-Nilai Kemanusiaan Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kota Sukabumi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), 33–43. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2063

Ginanjar, E. G., Darmawan, B., & Sriyono. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Partisipasi Belajar Peserta Didik SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 206–219. https://doi.org/10.17509/jmee.v6i2.21797

Gustama, I. W., Sunu, G. K. A., & Suasikita, I. N. (2019). Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Kewarganegaraan (Civic Skills) Siswa Kelas XI IA6 SMA Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/jpku.v7i1.22074

Halimatuzzahrah, Saefullah, M., & Akbar, M. D. (2021). Pelatihan Dasar Kepemimpinan Siswa sebagai Sarana Pengembangan Bakat Kepemimpinan Siswa yang Jujur, Percaya Diri, Tanggungjawab, Disiplin, dan Kreatif. Jurnal Pengabdian, 01(01).

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., … Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Vol. 5; H. Abadi, Ed.). Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Grup.

Hulu, J. R., & Bawamenewi, A. (2022). Strategi Guru Menanamkan Civic Skills Siswa Pada Pembelajaran PKn. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 263–270. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.36

Indriani, T. (2021). Penggunaan Problem Solving Sebagai Strategi Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam emahami Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat Mata Pelajaran Matematika di Kelas VIII D Semester Ganjil SMP Negeri 39 Surabaya Kecamatan Tenggilis Mejoy. Jurnal Education and Development, 9(2), 215–219. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v9i2

Khodijah, R., & Putra, P. (2020). Pelatihan Manajemen Kepemimpinan (Leadership) Dalam Berorganisasi. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 5–10. https://doi.org/10.33558/devosi.v1i1.2487

Kurniawan, I. P. B. (2022). Pergeseran Partisipasi Sosial (Masyarakat) dalam Masa Pandemi COVID-19 (Tinjauan Fenomenologis Individu Selama Pandemi COVID-19). Jurnal Kewarganegaraan, 19(1), 16–32. https://doi.org/10.24114/JK.V19I1.29453

Marayasa, I. N., Yuangga, K. D., Ahidin, U., Sugiarti, E., & Kencana, P. N. (2020). Pelatihan Dasar Kepemimpinan Taman Belajar Kreatif Mekarsari Kabupaten Bogor Jawa Barat. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(2), 77–80. https://doi.org/10.32672/btm.v2i2.2126

Masri, Z. A., & Aqil, D. I. (2018). Latihan Dasar Kepemimpinan untuk Pemuda Kelurahan Bedahan Kecamatan Sawangan Kota Depok. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, 1(02), 179–184. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i02.2553

Merri, M., Sastrawan, A., & Utomo, B. B. (2020). Penanaman Keterampilan Kewarganegaraan Melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah SMA Taman Mulia Kubu Raya. Pendidikan dan Pembelajaran, 9(4), 1–9. https://doi.org/10.26418/jppk.v9i4.40477

Mulhamah. (2017). Pendidikan dan Pelatihan Dasar Kepemimpinan Siswa Ma Putra Al-Ishlahuddiny di Lombok Barat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1), 34–45. https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.11

Nabila, T., & Purwohandoyo, J. (2021). Partisipasi masyarakat dalam pengembangan kawasan wisata Tirtasari Sonsang Kabupaten Agam. Region : Jurnal Pembangunan Wilayah dan Perencanaan Partisipatif, 16(1), 108–120. https://doi.org/10.20961/region.v16i1.35219

Nasution, R. A., Saragih, I. S., & Sormin, R. K. (2021). Pelatihan Dasar Kepemimpinan (Leadership) Pada Anggota OSIS SMK Satrya Budi 2 Perdagangan Kab. Simalungun The Basic Training of Leadership on Member OSIS At SMK Sarta Budi 2 Perdagangan Simalungun District. Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat Jurnal TUNAS, 3(1), 147–151. https://doi.org/10.30645/jtunas.v3i1.45

Oentoeng, I. (2019). Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) OSIS SMAN 19 Bekasi Masa Bhakti 2018-2019. Jurnal Pengabdian Masyarakat TRI PAMAS, 1(2), 82–90. Diambil dari https://ejurnal.stietribhakti.ac.id/index.php/TRIPAMAS/article/view/116

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. (n.d.).

Salsabila, N., Wahyuni, F. D., & Nurgiansyah, T. H. (2023). Peran Penting CIvics: Pendidikan Ilmu Kewarganegaraan di Era Masyarakat Digital. Jurnal Kewarganegaraan, 20(1), 1–12. https://doi.org/10.24114/jk.v20i1.39530

Sari, I. S. J. (2019). Hakekat, Dinamika Organisasi, Dan Fungsi Pemimpin Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(1), 26–37. https://doi.org/10.30984/jii.v13i1.934

Sriwahyuningsih, V., & Barseli, M. (2022). Efektifitas Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) pada Peserta Didik Tingkat SMA dalam Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10471–10475. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4087

Suryaningsih, R. (2021). Pentingnya Organisasi Sekolah Bagi Pembangunan Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Humaniora, 5(4), 51–68.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. (n.d.).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.).

Wahyuni, S., Nuraini, N., & Abidin, N. (2019). Strategi Pendidikan Unggul Berbasis Organisasi di Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Ponorogo. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 97–110. https://doi.org/10.24269/ijpi.v3i2.1502

Winataputra, U. S. (2001). Jati Diri Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Sistemik Pendidikan Demokrasi: Suatu Kajian Konseptual dalam Konteks Pendidikan IPS. Universitas Pendidikan Indonesia.

Wiraman, D. A., Jamaludin, U., & Juwandi, R. (2022). Pengaruh Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Peningkatan Keterampilan Partisipasi Siswa Sebagai Bentuk Keterlibatan Aktif Warga Negara. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 483–493. https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2526




DOI: https://doi.org/10.24114/jk.v20i2.44977

Article Metrics

Abstract view : 220 times
DOWNLOAD FULL ARTICLE (PDF) - 277 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Herlan Tavip, Achmad Muthali’in

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.