Penerapan Media Poster Digital Berbasis Project Based Learning Terintegrasi Tri-N Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Pendidikan Pancasila

Luftia Firdausia, Sutrisna Wibawa

Abstract


Abstract

This research aims to determine the application of digital poster media based on the Tri-N integrated Project Based Learning model on students' active learning in Pancasila Education subjects in 4th of Karangnongko 1 State Elementary School. This research is descriptive qualitative research. The subjects of this research were 4th students. Data collection techniques in this research were carried out using interviews, observation, questionnaires, and documentation. The data analysis techniques used in this research are data reduction, data display, and drawing conclusions. The importance of implementing the Tri-N integrated Project Based Learning model with digital poster media means that students have no difficulty in asking, answering and thinking activities. The research results based on interviews with teachers say that students are more active with the application of digital poster media based on the Tri-N integrated Project Based Learning model. Based on the research results, it can be seen that the application of digital poster media based on the Tri-N integrated Project Based Learning model can increase student learning activity in Pancasila Education subjects. The teacher made the digital poster media entitled "Aku Peduli Diriku" using the Canva application to create an attractive digital poster for students.

---------------------

Abstrak

 Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan media poster digital berbasis model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi Tri-N terhadap keaktifan belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV SD Negeri Karangnongko 1. Penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode: wawancara, observasi, kuesioner serta dokumentasi. Teknik analisis data yang dipergunakan pada penelitian ini ialah display data, reduksi data, serta penarikan kesimpulan. Pentingnya penerapan media poster digital berbasis Project Based Learning terintegrasi Tri-N menjadikan siswa tidak kesulitan dalam aktivitas bertanya, menjawab, dan berdiskusi. Hasil penelitian berlandaskan wawancara dengan guru mengungkapkan yakni siswa lebih aktif dengan implementasi media poster digital berbasis model pembelajaran PjBL terintegrasi Tri-N. Berlandaskan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan media poster digital berbasis Project Based Learning terintegrasi Tri-N mampu menaikkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Media poster digital yang berjudul “Aku Peduli Diriku” dibuat guru melalui aplikasi canva sehingga terwujud poster digital yang menarik untuk siswa. 


Keywords


Digital Poster Media; Project-based Learning; Tri-N; Pancasila Education; Media Poster Digital; Project-based Learning; Tri-N; Pendidikan Pancasila

References


Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran Jakarta: Raja Grafindo Persada. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Tantangan dan Peran dari Guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(1), 219–232. Diambil dari https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/lentera/article/view/603

Bhughe, K. I. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 113–125. https://doi.org/10.24114/JK.V19I2.36954

Damayanti, A. D., Jannah, A. N., & Agustin, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Muhammadiyah 19 Sawangan. Prosiding Samasta, 41–48. Tangerang: Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia.

Hayati, T. U. F. (2022). Analisis Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva dalam Pembelajaran Bangun Datar Di Sekolah Dasar. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 2(1), 8–15. Diambil dari https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/knmipa/article/view/1715

Heriman, M., Atung, D., Sutisna, E., Nurhayati, N., & Kartika, I. (2024). Pengembangan Kurikulum Berbasis Keterampilan Abad ke-21: Perspektif dan Tantangan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(6), 2724–2741. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i6.1709

Khairunnisa, A., & Apoko, T. W. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 20(2), 191–203. https://doi.org/10.24114/jk.v20i2.48898

Mulyani, H., Komalasari, K., Permatasari, M., Bribin, M. L., & Suriaman, S. (2024). Transformasi Pendidikan Kewarganegaraan Global di Era Abad 21: Analisis Implementasi dan Tantangan. Jurnal Kewarganegaraan, 21(1), 88–101. https://doi.org/10.24114/jk.v21i1.55115

Nastiti, F., & Abdu, A. (2020). Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66. https://doi.org/10.17977/um039v5i12020p061

Nawangsari, A., Susanti, M. M. I., & Rustamti, M. I. (2022). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD Negeri Brengosan 2 menggunakan Project Based Learning. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 1232–1239. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5443

Nirmala, S. U., Agustina, A., Robiah, S., & Ningsi, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 182–187. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.746

Putri, C. F., & Saputra, E. R. (2022). Penggunaan Media Poster dalam Pembelajaran PPKn di Kelas Tinggi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(2), 127–131. https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i2.12807

Rahmawati, A., & Wibawa, S. (2024). Pemanfaatan Chromebook dengan Model Project Based Learning Terintegrasi Tri-N Pada Pendidikan Pancasila Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 21(1), 102–116. https://doi.org/10.24114/jk.v21i1.55184

Sadewa, M. A. (2022). Meninjau Kurikulum Prototipe Melalui Pendekatan Integrasi-Interkoneksi Prof M Amin Abdullah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 266–280. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3560

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13

Sufanti, M. (2010). Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. In Surakarta: yuma pustaka. Surakarta: Yuma Pustaka.

Ulfa, M., Yudha, C. B., Dewi, R., Apriani, S., & Nurhaliza, S. (2024). Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. BERBAKTI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 246–253. https://doi.org/10.30822/berbakti.v1i3.2857

Vreuls, J., Koeslag‐Kreunen, M., van der Klink, M., Nieuwenhuis, L., & Boshuizen, H. (2022). Responsive Curriculum Development for Professional Education: Different Teams, Different Tales. The Curriculum Journal, 33(4), 636–659. https://doi.org/10.1002/curj.155

Wardani, N. W., Kusumaningsih, W., & Kusniati, S. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 134–140. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.389

Yusandika, A. D., Istihana, I., & Susilawati, E. (2018). Pengembangan Media Poster sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika Materi Tata Surya. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 187–196. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3593

Zakso, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 13(2), 916–922. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.65142




DOI: https://doi.org/10.24114/jk.v21i2.58373

Article Metrics

Abstract view : 88 times
DOWNLOAD FULL ARTICLE (PDF) - 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Luftia Firdausia, Sutrisna Wibawa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.