Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Pancasila Menggunakan Quizizz Paper Mode

Feri Kurniawan, Umi Chotimah, Nyimas Nuria Hasnah Anggraini

Abstract


Abstract

Teacher utilization and innovation in the use of learning media is an important factor in increasing students' interest in learning. Research aimed at increasing students' interest in Pancasila Education through using Quizizz Paper Mode at SMPN 33 Palembang. The method used was classroom action research consisting of three cycles. The subjects of this study involved all students of class VII.1 at SMPN 33 Palembang, totaling 31 students. The data collection technique in this research was observation carried out by three observers who then analyzed the data obtained using descriptive percentage data analysis techniques. The research results showed an increase in students' interest in learning after applying Quizizz Paper Mode in Pancasila Education. This is evidenced by the measurement of students' interest in learning at the pre-cycle stage, which was only 45%, then increased to 63% in cycle 1, then further increased to 79% in cycle 2, and finally reached 87% in cycle 3 (outstanding interest category).

------------------------

Abstrak

Pemanfaatan dan inovasi guru dalam penggunaan media pembelajaran merupakan faktor penting untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui penggunaan media Quizizz Paper Mode di SMPN 33 Palembang. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VII.1 SMPN 33 Palembang yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh tiga observer yang kemudian di analisis data hasil yang diperoleh menggunakan teknik analisis data deskriptif persentase. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan adanya peningkatan minat belajar peserta didik setelah menerapkan media Quizizz Paper Mode dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. Hal ini terlihat dari hasil pengukuran minat belajar peserta didik pada tahap pra-siklus yang hanya 45%, kemudian meningkat menjadi 63% pada siklus 1, lalu meningkat lagi menjadi 79% pada siklus 2, dan akhirnya mencapai 87% pada siklus 3 (kategori minat sangat baik).  



Keywords


Interest in Learning; Students; Learning Media; Minat Belajar; Peserta Didik; Media Pembelajaran.

References


Angelina, T., Herliana, Y., Widodo, S. T., & Arum, U. K. (2023). Efektivitas Media Paper Mode dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3731–3742. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6382

Azizah, B. Y., Hermawan, I., & Farida, N. A. (2023). Penggunaan Aplikasi Quizizz Paper Mode dalam Peningkatan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP Islam Tarbiyyatul Falah Karawang. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 6(2), 281–300. https://doi.org/10.54396/saliha.v6i2.782

Bila, N. S., Wahyuni, F. D., & Nurgiansah, T. H. (2023). Peran Penting Civics: Pendidikan Ilmu Kewarganegaraan di Era Masyarakat Digital. Jurnal Kewarganegaraan, 20(1), 1–12. https://doi.org/10.24114/jk.v20i1.39530

Chotimah, U., Kurnisar, Sulkipani, Fatihah, H., & Mariyani. (2022). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis TIK bagi Guru Dalam MGMP PPKN SMP. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 72–80.

Darmadi, H. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. In Yogyakarta: Deepublish (Vol. 175). Yogyakarta: Deepublish.

Firdaus, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2), 93–99. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i2.942

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. KoPeN: Konferensi pendidikan nasional, 2(1), 93–97. Diambil dari https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084

Hanum, F. F. (2020). Konseptual Pemanfaatan Model Media Web Moodle Dalam Pembelajaran PPKN Di Sekolah Menegah Atas. Jurnal Kewarganegaraan, 17(1), 1–10. https://doi.org/10.24114/jk.v17i1.18700

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal edukasi, 7(2), 5–11. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599.

Khairunnisa, A., & Apoko, T. W. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 20(2), 191–203. https://doi.org/10.24114/jk.v20i2.48898

Khasanah, I., Anggraeni, N. N. H., & Chotimah, U. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII. 2 dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui Penggunaan Media Quizizz Paper Mode di-SMPN 33 Palembang. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 765–770. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.349

Nasir, M. A. (2022). Teori Konstruktivisme Piaget: Implementasi dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis. JSG: Jurnal Sang Guru, 1(3), 215–223. Diambil dari https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/jsg/article/viewFile/5337/3036

Ndraha, H., & Harefa, A. R. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara. Journal on Education, 6(1), 5328–5339. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3714

Nisa, A. F. (2023). Paper Mode Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 112–123.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. Pensa, 3(2), 243–255. Diambil dari https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/ view/1338

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 33–41. https://doi.org/10.23887/jpku.v9i1.31424

Nurgiansah, T. H., Hendri, & Khoerudin, C. M. (2021). Role Playing dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 18(1), 56–64. https://doi.org/10.24114/jk.v18i1.22597

Nurhusni, F. A., Tarsono, T., & Nugraha, M. S. (2024). Penggunaan Aplikasi Quizizz Paper Mode sebagai Media Alternatif Evaluasi Pembelajaran Al-Qur’an dan Hadis di Madrasah Tsanawiyah. ISLAMIKA, 6(1), 191–203. https://doi.org/10.36088/islamika.v6i1.4218

Palayukan, H., Rahmi, S., Murniasih, T. R., & Panglipur, I. (2023). Peningkatan Hasil Belajar dengan Quizizz Paper Mode dalam Pembelajaran Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 9(2), 204–215. https://doi.org/10.55210/attalim.v9i2.1241

Palyanti, M. (2023). Media Pembelajaran Asik dan Menyenangkan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Attractive : Innovative Education Journal, 5(2), 1014–1026. https://doi.org/10.51278/aj.v5i2.859

Ridani, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Quizizz Paper Mode Pada Mata Pelajaran Fikih di Kelas IV MIN 1 Pulang Pisau. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 3(2), 1875–1882. Diambil dari https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PPGAI/article/view/4304/1661

Rini, & Zuhdi, U. (2023). Pengaruh Media Quizizz Paper Mode Terhadap Hasil Belajar Materi Penerapan Sikap Pancasila Kelas IV UPT SD Negeri 220 Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 65–74. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/52525

Riyadi, T., & Wibawa, S. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Quizizz pada pembelajaran PPKn di SD Jelas 5. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 2791–2805. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.11962

Septiani, I., Lesmono, A. D., & Harimukti, A. (2020). Analisis minat belajar siswa menggunakan model problem based learning dengan pendekatan STEM pada materi vektor di kelas X MIPA 3 SMAN 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 64–70. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17969

Simatupang, H. K. A., Daulay, M. A. J., Simarmata, R., & Situmorang, S. Y. (2024). Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(4), 9–18. Diambil dari https://ojs.co.id/1/index.php/jip/article/view/971

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2 ed.). Bandung: Alfabeta.

Taqwa, M., Razak, F., & Mahmud, A. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Teknologi OJS Dan Software R. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.24114/jk.v21i2.59110

Article Metrics

Abstract view : 115 times
DOWNLOAD FULL ARTICLE (PDF) - 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Feri Kurniawan, Umi Chotimah, Nyimas Nuria Hasnah Anggraini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.