PHYSICS LEARNING STRATEGIES ON THE TOPIC OF ARCHIMEDES PRINCIPLE IN PUBLIC HIGH SCHOOL 11 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menentukan strategi dalam pembelajaran fisika pada topik prinsip Archimedes yang telah dilaksanakan guru di SMA Negeri 11 Medan. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 2 guru yang telah melarang topik prinsip Archimedes. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 1 (satu) guru sebagai informan utama. Pengambilan sampel berdasarkan kriteria-kriteria tertentu dari anggota populasi. Kriterianya adalah guru yang sudah lama dalam melarang topik prinsip Archimedes dan memiliki sertifikasi guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu observasi, wawancara, sudut dan wawancara mendalam. Analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT dengan pendekatan matriks SWOT, IFE, EFE, dan IE. Berdasarkan hasil analisis strategi SWOT yang teridentifikasi dalam pembelajaran topik kepala sekolah Archimedes di SMA Negeri 11 Medan adalah 1) Strategi SO, yaitu guru menggunakan demonstrasi pembelajaran untuk menjadi pembuat konten. 2) Strategi WO, yaitu meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan software dan meningkatkan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran untuk menjadi konten kreator. 3) Strategi ST yaitu guru melibatkan siswa dalam memanfaatkan sumber belajar di internet; guru menyiapkan handout untuk memudahkan dalam pembelajaran; guru menyiapkan powerpoint sebagai media pembelajaran. 4) Strategi WT, yaitu meningkatkan kreativitas guru dalam mendesain pembelajaran untuk menggunakan waktu pembelajaran secara efektif dan efisien; meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan perangkat lunak guna mendukung pembelajaran; meningkatkan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis strategi IFE dan EFE yang ditentukan adalah “strategi diversifikasi”. Strategi ini memanfaatkan kekuatan yang dimiliki dalam menghadapi tantangan yang ada yaitu pada strategi ST.
Keywords
Strategi pembelajaran, pembelajaran fisika, analisis SWOT
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jltp.v4i2.49907
Article Metrics
Abstract view : 87 timesPDF - 60 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Journal of Learning and Technology in Physics
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.