PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN KARTU KUOTA INTERNET IM3 DAN SMARTFREN YANG OPTIMAL MENGGUNAKAN TEORI PERMAINAN
Abstract
Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin berkembang, semakin bertambah pula kompetisi di antara perusahaan-perusahaan. Perusahaan berusaha untuk terus meningkatkan kemampuannya untuk dapat bertahan didalam persaingan yang semakin kompetitif. Perusahaan yang mampu bertahan dalam persaingan adalah perusahaan yang dapat menyesuaikan diri pada perubahan-perubahan yang terjadi dalam dunia bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh kartu kuota internet IM3 dan Smartfren dan mendapatkan strategi pemasaran atribut yang optimal. Setelah melakukan pengumpulan dan pengolahan data maka diperoleh atribut-atribut yang diperlukan oleh konsumen yaitu harga/tarif, jaringan/sinyal dan promosi/layanan yang tersedia. Hasil pengolahan data menggunakan teori permainan dari kartu kuota internet IM3 dengan Smartfren ini di menangkan oleh kartu kuota internet Smartfren dimana nilai maksimum sebesar -20 dengan atribut harga. Sedangkan kartu IM3 untuk memperkecil kekalahannya menggunakan atribut harga. Strategi pemasaran yang optimal di menangkan oleh atribut harga/tarif.
Abstract
Along with the development of information technology that is growing, the competition between companies is also increasing. The company strives to continuously improve its ability to survive in an increasingly competitive competition. Companies that are able to survive in competition are companies that can adapt to changes that occur in the business world. This study aims to determine the marketing strategy applied by the IM3 and Smartfren internet quota cards and to obtain the optimal attribute marketing strategy. After collecting and processing data, the attributes needed by consumers are obtained, namely prices/tariffs, networks/signals and available promotions/services. The results of data processing using game theory from the IM3 internet quota card with Smartfren are won by the Smartfren internet quota card where the maximum value is -20 with the price attribute. While the IM3 card to minimize its defeat uses the price attribute. The optimal marketing strategy is won by the price/tariff attribute.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Pitoy, Claudia Vanesha., T. A. d. T. M., (2016): Analisis Strategi Bersaing Dalam Persaingan Usaha Bisnis Document Solution (Studi Kasus Pada Pt. Astragraphia, Tbk Manado), Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(03), 302–312.
Ratna, T., (2016): Pengaruh Citra Merek. Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Seluler, Ilmu dan riset manajemen, 5(7), 1–15. Saifuddin, Ahmad., T. N. K. T. T. d. S. K., (2018): Penerapan Konsep Teori Permainan (Game Theory) Dalam Pemilihan Strategi Kampanye Politik, Journal Matematika, 7(2), 173–179.
Ramadhani, Satria., d. P. B. I., (2015): Menentukan Strategi Permasaran Pada Produk Briket Dengan Metode Game Theory Untuk Meningkatkan Penjualan Di Ukm Kaisar Briket, Spektrum Industri, 13(2), 115–228.
Marifah, D., (2018): Implementasi Game Theory Dalam Penentuan Strategi Bersaing Pada Produk Smartphone, Jurnal Fokus Bisnis, 17(2), 57.
Siagian, P., (1986): Penelitian Oprasional Teori Dan Praktek, Universitas Indonesia, Jakarta.
Ghozali, I., (2005): Aplikasi Analisis Multivariate Dengan SPSS, Universitas Diponegoro, Semarang. Hasyim, M., (2014): Penerapan Aplikasi IBM SPSS Untuk Analisis Data Bagi Pengajar Pondok Hidayatul Mubtadi’in Ngunut Tulungagung Demi Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Dan Kreativitas Karya Ilmiah Guru, Journal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1)
DOI: https://doi.org/10.24114/jmk.v8i2.34201
Article Metrics
Abstract view : 402 timesPDF - 507 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 KARISMATIKA: Kumpulan Artikel Ilmiah, Informatika, Statistik, Matematika dan Aplikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
KARISMATIKA :
Kumpulan Artikel Ilmiah Informatika, Statistik, Matematika dan Aplikasi