PENINGKATAN HASIL BELAJAR GULING BELAKANG SENAM LANTAI MELALUI GAYA MENGAJAR LATIHAN PADA PELAJAR SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan informasi seberapa besar peningkatan hasil belajar senam lantai guling ke belakang yang didapat siswa kelas XI MAN 2 Model Medan Tahun Ajaran 2017 melalui penerapan gaya mengajar Latihan. Subjek Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Model Medan Tahun Ajaran 2017, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IA 1 yang
berjumlah 31 orang. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kuantitatif. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang berbentuk portofolio,
dan dilanjutkan dengan pembelajaran melalui penerapan gaya mengajar latihan. Setelah menerapkan gaya mengajar di pembelajaran maka diadakan tes hasil belajar pada siklus I dan siklus II yang berbentuk melakukan gerakan senam lantai guling ke belakang. Berdasarkan hasil dari tes awal yang dilakukan pada siswa kelas kelas XI IA 1 MAN 2 Model Medan Tahun Ajaran 2017. Dari 31 siswa terdapat 11 siswa(35,48) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar. Hasil dari siklus I terdapat 18 siswa (58,07%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 77,69. Di siklus II terdapat 28 siswa (90,3%) dari 31 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 90,9 dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dari tes awal sampai dilakukanya siklus I dan siklus II terjadi peningkatan, dapat dikatakan melalui penerapan gaya latihan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Full Text:
PDF DownloadReferences
Agus Mukholid, 2007. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: PT. Ghalia Indo Printing.
Arikunto, 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Irawan S, Sabaruddin Yunis B, 2017. “Peningkatan Hasil Belajar Tolak Peluru Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Resiprokal”. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume: 13, Edisi: 2: -
Mosston, Muska, 2000. Teaching Physical Education. Surakarta: Program
Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.
Sabaruddin Yunis Bangun, 2016. “Pengembangan Pengetahuan Anak Difabel Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga dan Outbound”. Journal Physical Eduation, Health and Recreation, Volume: 1, Edisi: 1: 70-77.
Sabaruddin Yunis Bangun, Brian, 2017. “Peningkatan Hasil Belajar Lay Up
Shoot Melalui Penerapan Variasi Pembelajaran Siswa SMA Darul Ilmi
Murni Medan”. Journal Physical Eduation, Health and Recreation,
Volume: 1, Edisi: 1: 66-76.
Sudjana, Nana, 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
DOI: https://doi.org/10.24114/pjkr.v3i1.11510
Article Metrics
Abstract view : 927 timesPDF Download - 552 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Sabaruddin Yunis Bangun, Santi Fitriyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal Physical Education, Health and Recreation
Program Studi PJKR - Universitas Negeri Medan
Website : http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpehr
Email : pjkr@unimed.ac.id
Journal Physical Education, Health and Recreation is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License