Peningkatan Hasil Belajar Gerak Dasar, Pembelajaran Bermain Kata Sandi Siswa SD Negeri 47 Kota Jambi

H. Sukendro

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran gerak dasar menggunakan permainan kata sandi pada siswa kelas III SD Negeri 164/III Perikan Tengah Kecamatan Gunung Raya Tahun Ajaran 2016/2017. Metode dalam penelitian ini adalah PTK dengan teknik tes dan pengukuran menggunakan tes gerak dasar. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes melempar sasaran, lompat jauh tanpa awalan, lari zig-zag, kesetimbangan statis, tes, lentuk togok. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t diperoleh nilai t-hitung = 11,77: Nilai ini dibandingkan dengan nilai t-tabel (dk=n-1=23; =0,05) diperoleh 1,68. Sehingga diperoleh t-hitung > t-tabel, dengan demikian hipotesis yang menyatakan: Pembelajaran bermain kata sandi terdapatpeningkatkan terhadap hasil belajar gerak dasar pada siswa kelas III SD Negeri 164/III Perikan Tengah Kecamatan Gunung Raya Tahun Ajaran 2016/2017 dapat diterima kebenarannya. Berdasarkan data nilai rata-rata pre-test dan pos-test diperoleh hasil bahwa kemampuan gerak dasar setelah proses pembelajaran bermain kata sandi lebih baik dari pada data pre-test di kelas III SD Negeri 164/III Perikan Tengah Kecamatan Gunung Raya Tahun Ajaran 2016/2017.


Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian Edisi Revisi V. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Aminarni, dkk, 2007. Penjas Orkes Untuk SD Kelas III. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Daryanto, 1997. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Rosda Karya.

Kirkendall, 1987. Measurement and Evaluation For Physical Educators (Second Edision). USA: Human Kinetics Publishers, Ine Champaign, Ilinois.

Kiram, 1992. Belajar Gerak. Jakarta: Dekdikbud (Proyek Peningkatan Tenaga Pendidikan).

Matakupan, 1993. Pengaruh Bermain. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Muhajir, 2002. Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek SD. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Purwadarminta, 1997. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Balai Pustaka.

Riduwan, 2004. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sukintaka, 1992. Teori Bermain Untuk D-2 PGSD Penjaskes. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti, Proyek Pembinaan Tenaga Pendidik Tenaga Guru.

Sudarno, 1992. Pendidikan kesegaran Jasmani. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Sudjana, 1998. Metoda Statistika. Bandung: Penerbit Tarsito.

_______,1992. Metoda Statistika. Bandung: Penerbit Tarsito.

Sutarman, 1975. Pengertian Kesegaran Jasmani dan Tes Kardiorespirasi, Concepts of Scineces. Ed.Sic. Swanpo dan Marry W. Sic. Jakarta: KONI.




DOI: https://doi.org/10.24114/pjkr.v2i1.7838

Article Metrics

Abstract view : 358 times
PDF - 308 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 H. Sukendro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Physical Education, Health and Recreation

Program Studi PJKR - Universitas Negeri Medan
Website : http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpehr
Email : pjkr@unimed.ac.id

Journal Physical Education, Health and Recreation is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License