MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK N 1 PAYAKUMBUH DALAM PEMBELAJARAN RENANG

Endi Ahmad

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif,  populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Payakumbuh yang berjumlah 824 orang. Teknik pengambilan sampel secara Purposive Sampling, didasarkan pada suatu pertimbangan oleh penulis, dimana pengambilan sampel di tetapkan sebanyak 10% dari 824 yang yaitu sebanyak 82 orang. Teknik pengambilan data dengan observasi dan menyebarkan angket kepada siswa dan siswi yang telah dipilih menjadi sampel. Teknik analisis data adalah dengan menggunakan statistik deskriptif dengan tabulasi frekuensi. Hasil penelitian: Pertama, indikator 1 (hasrat keinginan berhasil) dapat dikatakan baik, karena skor rata-rata tingkat capaiannya sebesar 85,37%. Kedua,indikator 2 (dorongan dan kebutuhan belajar) dalam pembelajaran renang dapat dikatakan cukup, tingkat capaiannya sebesar 76,49%. Ketiga, indikator 3 (harapan dan cita-cita) dalam pembelajaran renang dapat dikatakan baik, tingkat capaiannya sebesar 89,35%. Ke empat,indikator 4 (penghargaan dalam belajar) dikatakan baik, karena skor rata-rata tingkat capaiannya sebesar 83,78%. Kelima, indikator 5 (kegiatan yang menarik dalam belajar) dikatakan cukup, karena skor rata-rata tingkat capaiannya sebesar 76,29%. Keenam, indikator 6 (lingkungan belajar yang kondusif) dikatakan cukup, karena skor rata-rata tingkat capaian sebesar 77,49%. Jadi, kesimpulan motivasi belajar siswa SMK Negeri 1 Payakumbuh dalam pembelajaran renang dengan skor rata-rata di peroleh tingkat capaian sebesar 82,28%. Artinya, motivasi belajar yang dimiliki siswa dalam pembelajaran renang berada dalam kategori baik.

Full Text:

PDF

References


Andri Aritianto, 2015. Pengaruh Pengembangan Pembelajaran Renang Gaya Dada Terhadap Keterampilan Renang Gaya Dada. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 03 Nomor 02, 355 - 360

Arikunto & Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta

Christi Woolger and Thomas G. Power, 2011. Parenting and Children’s Intrinsic Motivation in Age Group Swimming. Journal of Applied Developmental Psychology, 596

Daniela, 2015. The playful behavior in swimming and its interferences in 1-3 years child’s development. Journal of Social and Behavioral Sciences, 1230-1231

Eka Nugraha, 2010. Aktivitas Pembelajaran Renang Bagi Siswa SD (Penelitian Tindakan Terhadap Siswi SDN Nagrog Cicalengka. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Volume 2 Nomor 1. 103-104

Hamalik, Oemar, 2012. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algasindo

Hamzah Uno, 2014. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara Cet. Ke 11

I W. Setaya.I W Santiasa, 2013. Penerapan Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Pemodelan Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Renang. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Teknologi Pembelajaran. Volume 3

Muhammad Ali, 2012. Pengembangan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada. Jurnal penelitian Universitas Jambi. Volume 14, Nomor 2, Hal. 57-68

Ridwan & Sunarto, 2012. Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta

Suryabrata & Sumai, 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.24114/pjkr.v2i2.9557

Article Metrics

Abstract view : 927 times
PDF - 430 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Endi Ahmad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Physical Education, Health and Recreation

Program Studi PJKR - Universitas Negeri Medan
Website : http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpehr
Email : pjkr@unimed.ac.id

Journal Physical Education, Health and Recreation is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

 

slot gacor slot