PENGARUH INTEGRASI VIRTUAL LABORATORIUM FISIKA BERBASIS SIMULASI PHET DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA RANAH KOGNITIF C3 DAN C5

Niniek Asih Pratiwi, Raghel Yunginger, Ritin Uloli, Asri Arbie, Dewi Diana Paramata, Citron Payu

Abstract


Pembelajaran daring yang dilakukan pada saat pandemi mengharuskan guru untuk menggunakan media pembelajaran agar dapat menunjang pembelajaran di sekolah maupun di kelas. Berdasarkan observasi yang dilakukan dalam pembelajaran yang dilakukan berbantuan Google meet  di SMA Negeri 1 Kabila memiliki kendala kurangnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan dalam menunjang materi yang diajarkan khusunya dalam materi fisika yang semestinya menggunakan laboratorium untuk siswa bisa memahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh integrasi virtual laboratorium fisika berbasis simulasi PhET dengan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif C3 dan C5. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan populasi seluruh kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kabila berjumlah 6 kelas. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan non-probability sampling  yaitu tidak  menggunakan keseluruhan populasi untuk menjadi sampel, jadi sampel pada penelitian ini sebanyak 23 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrument tes dalam bentuk soal uraian atau essay. Soal essay yang diberikan melalui pretest dan posttest yang berjumlah 10 nomor yang telah dinyatakan valid oleh validator. Setelah data penelitian diperoleh menggunakan data pretest dan posttest, uji t-test, n-gain normalisasi membuktikan bahwa kemampuan peserta didik mampu menerapkan simulasi PhET dalam pembelajaran fisika serta mampu memanfaatkan simulasi PhET dengan model discovery learning ini sebagai pengetahuan baru dalam pembelajaran fisika.

Keywords


PhET simulation, Discovery learning, Learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Ariyati, E. 2012. “Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa.” Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA 1 (2). https://doi.org/10.26418/jpmipa.vli2.194.

Astra, I. M. H, dan Nugraha, A. 2015. “Development of an Android Application in the from of a Simulation Lab as Learning Media for Senior High School Students.” Eurasia Journal of Mathematics, Sciences, and Technology Education 11 (5).

Farid, Dkk. 2018. “Pengaruh Media Simulasi PHET Menggunakan Model Discovery Learnig Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik.” Jurnal Nalar Pendidikan 6 (2).

Hake, Richard. R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. https://www.physicsindiana.edu/sdi/analyz%09ing-change-gain-.pdf.

Krisdiana, A., & Supardi, Z. A. I. 2015. “Penerapan Pembelajaran Guided Discovery Pada Materi Fluida Dinamik Dengan Media PhET Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Saoko.” Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika 4 (2): 133–40.

Kumalasari, D., Sudarti., dan Lesmono, A., D. 2015. “Dampak Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Ipa- Fisika Siswa Di Mts Negeri Jember.” Jurnal Pendidikan Fisika 4 (2): 81–85.

Lubis, F.M., N. Bukit & M.B. Harahap. 2015. “Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Menggunakan Media Simulasi PhET Dan Aktivitas Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Tabularasa PPS UNIMED 12 (1).

Motjaba Najafipour. 2013. “The Study of the Effectiveness of Using the Researcher- Made Multimedia Software an Anality of Learning Pysics.” Elsevier Ltd. WCETR.

Muzakki, Muhammad Abid & Madlazim. 2013. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Menggunakan Simulasi PhET Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP/MTS Pada Materi Usaha Dan Energi.” Artikel Jurnal Pendidikan 01 (01).

Purnomo, Y.H., Mujasam, dan Yusuf, I. 2016. “Penerapan Model Guided Discovery Learning Pada Materi Kalor Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VII SMPN 13 PRAFI Manokwari Papua Barat.” Jurnal Pancaran 5 (3): 11–16.

Ramadhan , achmad. Hasyim, Faiz & Hari, A.C. W. 2019. “Efektivitas Pembelajaran Fisika Bab Gaya Menggunakan Media Simulasi PhET Dan Alat Peraga Sederhana Pada Siswa SMP Kelas 8 Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi.” Seminar Nasional Pendidikan Fisika 4 (1): ISSN:2527-5917.

Raul, H.A., dan Holzer, M. 2007. “Experimental Learning in Mechanics With Multimedia.” International Journal England Education 16 (5).

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Suparno, Dkk. 2009. Manajemen Dan Kepemimpinan Transformasi Kekepala Sekolahan. Jakarta: Rineka Cipta.

The PhET team. 2015. “PhET (Interactive Simulation).” In . http://www.phet.colorado.edu./in/. .




DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v11i1.31675

Article Metrics

Abstract view : 408 times
PDF - 613 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Niniek Asih Pratiwi, Raghel Yunginger, Ritin Uloli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.