PENGARUH INTEGRASI VIRTUAL LABORATORIUM FISIKA BERBASIS SIMULASI PHET DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA RANAH KOGNITIF C3 DAN C5
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariyati, E. 2012. “Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa.” Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA 1 (2). https://doi.org/10.26418/jpmipa.vli2.194.
Astra, I. M. H, dan Nugraha, A. 2015. “Development of an Android Application in the from of a Simulation Lab as Learning Media for Senior High School Students.” Eurasia Journal of Mathematics, Sciences, and Technology Education 11 (5).
Farid, Dkk. 2018. “Pengaruh Media Simulasi PHET Menggunakan Model Discovery Learnig Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik.” Jurnal Nalar Pendidikan 6 (2).
Hake, Richard. R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. https://www.physicsindiana.edu/sdi/analyz%09ing-change-gain-.pdf.
Krisdiana, A., & Supardi, Z. A. I. 2015. “Penerapan Pembelajaran Guided Discovery Pada Materi Fluida Dinamik Dengan Media PhET Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Saoko.” Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika 4 (2): 133–40.
Kumalasari, D., Sudarti., dan Lesmono, A., D. 2015. “Dampak Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Ipa- Fisika Siswa Di Mts Negeri Jember.” Jurnal Pendidikan Fisika 4 (2): 81–85.
Lubis, F.M., N. Bukit & M.B. Harahap. 2015. “Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Menggunakan Media Simulasi PhET Dan Aktivitas Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Tabularasa PPS UNIMED 12 (1).
Motjaba Najafipour. 2013. “The Study of the Effectiveness of Using the Researcher- Made Multimedia Software an Anality of Learning Pysics.” Elsevier Ltd. WCETR.
Muzakki, Muhammad Abid & Madlazim. 2013. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Menggunakan Simulasi PhET Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP/MTS Pada Materi Usaha Dan Energi.” Artikel Jurnal Pendidikan 01 (01).
Purnomo, Y.H., Mujasam, dan Yusuf, I. 2016. “Penerapan Model Guided Discovery Learning Pada Materi Kalor Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VII SMPN 13 PRAFI Manokwari Papua Barat.” Jurnal Pancaran 5 (3): 11–16.
Ramadhan , achmad. Hasyim, Faiz & Hari, A.C. W. 2019. “Efektivitas Pembelajaran Fisika Bab Gaya Menggunakan Media Simulasi PhET Dan Alat Peraga Sederhana Pada Siswa SMP Kelas 8 Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi.” Seminar Nasional Pendidikan Fisika 4 (1): ISSN:2527-5917.
Raul, H.A., dan Holzer, M. 2007. “Experimental Learning in Mechanics With Multimedia.” International Journal England Education 16 (5).
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Suparno, Dkk. 2009. Manajemen Dan Kepemimpinan Transformasi Kekepala Sekolahan. Jakarta: Rineka Cipta.
The PhET team. 2015. “PhET (Interactive Simulation).” In . http://www.phet.colorado.edu./in/. .
DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v11i1.31675
Article Metrics
Abstract view : 469 timesPDF - 691 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Niniek Asih Pratiwi, Raghel Yunginger, Ritin Uloli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.