PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA

Henok Siagian, Irwan Susanto

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Fisika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran Genius Learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancur Batu, di mana dari kelas X-A sebagai kelas eksperimen (strategi pembelajaran Genius Learning) dan kelas X-B sebagai kela kontrol (pembelajaran konvensional) dengan masing-masing kelas berjumlah 40 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan menggunakan metode groups pretest-posttest desaign dalam pengambilan data penelitian. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian menunjukkan, bahwa rata-rata hasil belajar fisika siswa dengan strategi pembelajaran Genius Learning mengalami peningkatan. Data penelitian berupa hasil belajar kognitif diperoleh dari test hasil belajar yang diperoleh untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan stategi pembelajaran Genius Learning dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa.

Keywords


genius Learning, cognitive ability, hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22611/jpf.v1i2.3183

Article Metrics

Abstract view : 116 times
PDF - 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2012 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXED BY:

Hasil gambar untuk DOAJHasil gambar untuk crossrefHasil gambar untuk google scholarHasil gambar untuk SINTA ristekdiktiHasil gambar untuk EBSCOhttp://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/public/site/images/sitinurhidayah/Hasil gambar untuk ISJDGambar terkaitHasil gambar untuk MIARGambar terkaitHasil gambar untuk mendeleyhttp://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/public/site/images/sitinurhidayah/Image result for eurasian scientific journalhttp://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/public/site/images/sitinurhidayah/http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/public/site/images/sitinurhidayah/http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/public/site/images/sitinurhidayah/GARUDABASEhttp://ejournal.staindirundeng.ac.id/public/site/images/fisa/ionesearch1.pngAWT IMAGE

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.