PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF POWTOON DISERTAI LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Alfrida, M. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Pada Peserta Didik Kelas VIII B SMP Negeri 1 Rantepao. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan …, 5(2), 98–107. http://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/49
Andriyani, J. T. (2020). Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Menulis Dalam Pembelajaran Teks Cerita Sejarah. Jurnal Education and Deploment Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(4), 243–249.
Ariyanto, R., Kantun, S., & Sukidin, S. (2018). Penggunaan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelaku-Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 122. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7622
Arnold, R. B. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Pelayanan Penjualan di SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga ( JPTN ), 06(1), 145–150. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/25565/23439
Arumningtyas, D. P., Ekonomi, F., Surabaya, U. N., Studi, P., Tata, P., Ekonomi, F., Surabaya, U. N., Pembelajaran, M., Powtoon, A., & Produk, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Aplikasi Powtoon. Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 08(01), 667–673.
Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 27–35.
Fauziyah. Dwi Risalatul, Kuswanti. Nur, A. N. (2019). Jurnal Pembelajaran Sains. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(2009), 27–34.
Fayanto, S., Herawati, R., & Sulisworo, D. (2019). The Development of Learning Videos on PowToon-based Work and Energy Topics to Support Flipped Classroom Learning. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 9(4), 51–58. https://doi.org/10.9790/1959-0904015158
Garsinia, D., Kusumawati, R., & Wahyuni, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Software Powtoon Pada Materi SPLDV. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 3(2), 44. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v3n2.p44-51
Haidaria, A., Mahardika, I. K., & Harijanto, A. (2017). Physics Research Aided Worksheet Based RGV To SMA With Setting Guided Discovery Learning. Pancaran Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.25037/pancaran.v6i2.28
Khanafiyah, S. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Dengan Bantuan Question Card Untuk Mengembangkan Aktivitas Belajar Siswa Smp Kelas Viii. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(2), 7–14.
Marginingsih, R. (2017). Penilaian Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Analisa Rasio Keuangan Pada Perusahaan Telekomunikasi Di Indonesia. Cakrawala - Jurnal Humaniora, 17(1), 21. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/1840/1426
Mertasari, P. S., & Ganing, N. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Ekosistem Muatan Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, x No.x, 288–298.
Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Suryatama, R. Y., & Ibrahim. (2020). Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-an Dalam Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Permatasari, R. D., & Rosdiana, L. (2018). Keefektifan Media KIT Hidrostatis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tekanan Zat Cair. Pendidikan Sains, 6(02), 366–370.
Rahmah, S., Yuliati, L., & Irawan, E. B. (2018). Penguasaan Konsep Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. 3(1), 35–40.
Ridlo, Z. R., Sutarto, Mahardika, I. K., Indrawati, Terra, I. W. A., & Wardani, E. (2020). Student profile multiple representations skills under the implementation of OBSIM (observation and simulation) model of teaching in improving creative thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1563(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1563/1/012027
Romadhoni, I., Mahardika, I., & Harijanto, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Disertai Media Cd Interaktif Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika Sma Di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 5(4), 116889. https://core.ac.uk/download/pdf/297192094.pdf
Sekaran, Holliday, C. O. J., Schmidheiny, S., Watts, P., Schmidheiny, S., Watts, P., Montgomery, H., Pmi, University of Pretoria, Gentry, R. R., Lester, S. E., Kappel, C. V., White, C., Bell, T. W., Stevens, J., Gaines, S. D., Zavadskas, E. K., Cavallaro, F., Podvezko, V., … Branch, B. (2018). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Pakistan Research Journal of Management Sciences, 7(5), 1–2. http://content.ebscohost.com/ContentServer.asp?EbscoContent=dGJyMNLe80Sep7Q4y9f3OLCmr1Gep7JSsKy4Sa6WxWXS&ContentCustomer=dGJyMPGptk%2B3rLJNuePfgeyx43zx1%2B6B&T=P&P=AN&S=R&D=buh&K=134748798%0Ahttp://amg.um.dk/~/media/amg/Documents/Policies and Strategies/S
Setiyowati, P., & Panggayuh, V. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan video scribe sparkol terhadap hasil belajar smk perwari tulungagung kelas X tahun ajaran 2017/2018. Joeict (Jurnal of Education and Information Communication Technology), 3(1), 12–21. https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/joeict/article/view/694
Suhendra, I. dkk. (2016). Pengaruh Penggunaan Media audiovisual Powtoon Terhadap Motivasi dan hasil Belajar Siswa Materi Unsur Senyawa campuran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(3), 3.
Syafitri, R. A., & Tressyalina. (2020). The Importance of the Student Worksheets of Electronic (E-LKPD) Contextual Teaching and Learning (CTL) in Learning to Write Description Text during Pandemic COVID-19. 485(Iclle), 284–287. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201109.048
Trina, Z., Kamaruddin, T., & Rahmani, D. (2017). Penerapan Media Animasi Audio Visual Menggunakan Software Powtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS SMP Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, 2(2), 156–169.
Tur Rosidah, C., Sulistyawati, I., Achmad Fanani, A., & Pramulia, P. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Pembelajaran Tematik Berbasis Tik: Ppm Bagi Guru Sd Hang Tuah X Sedati. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 660–666. https://doi.org/10.31949/jb.v2i3.1319
Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=3Bz-DwAAQBAJ
Wulandari, F. E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(2), 247–254. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.257
Yanuariska, T., Zulkarnain, Z., & Haryono, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dilengkapi LKPD terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi Tria. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Yasa, L., Education, P., & Program, S. (2021). Development of Powtoon Based Learning Videos With Flipped Classroom Approach on Temperature and. 8, 1–11.
Yusuf, A. M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=RnA-DwAAQBAJ
DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v11i1.34607
Article Metrics
Abstract view : 1204 timesPDF - 1137 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Chantika Nur Laili, I Ketut Mahardika, Zainur Rasyid Ridlo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.