PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK ETNOSAINS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.Pribadi, B. (2017). Media & Teknologi dalam pembelajaran. kencana prenada media group.
Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual Dan Pemahaman Konsep Peserta didik. Al-Muta’Aliyah Stai Darul Kamal Nw Kembang Kerang, 1(3), 80–88.
Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model
Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Peserta didik. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 67–75. https://doi.org/10.21009/pip.321.8
Erik Santoso. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(16–29).
Ida Nurhamida, Septiana Dwi Utami, dan S. R. A. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA LKS TERHADAP PEMAHAMAN Program Studi Pendidikan Biologi , FSTT , Universitas Pendidikan Mandalika , Indonesia Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan , FIKKM , Universitas Pendidikan Mandali. 2(2), 71–81.
Khasinah, S. (2021). DISCOVERY LEARNING : DEFINISI , SINTAKSIS , KEUNGGULAN PENDAHULUAN Discovery learning adalah satu di antara beberapa model pembelajaran yang direkomendasikan dalam Kurikulum yang merujuk pada Permendikbud No . 103 Tahun 2014 . Rekomendasi ini diberikan te. 11, 402–413.
Kompri. (2017). Belajar faktor-faktor yang mempengaruhinya. Media Akademi.
Pertiwi, U. D., & Rusyda Firdausi, U. Y. (2019). Upaya Meningkatkan Literasi Sains Melalui Pembelajaran Berbasis Etnosains. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 2(1), 120–124. https://doi.org/10.31002/nse.v2i1.476
Pratama, N. S., & Istiyono, E. (2015). The Study on the Implementation of Higher Order Thinking (Hots)-Based Physics Learning in Class X at Yogyakarta City Public High School. PROSIDING : Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (SNFPF), 6(2), 104–112.
Prasetyawan Enggar. (2018). Keefektifan pendekatan CTL dan discovery learning ditinjau dari prestasi, kemampuan berpikir kritis dan kecemasan matematika. http://journal.uny.ac.id/index.php/phytagoras
Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.951
Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 59. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62
Rijal, A., & Yurmianti. (2021). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 79–90.
Rustam, Makkatenni, A. (2022). Identifikasi Jenis Media Pembelajaran IPA dan Efektifitas Penggunaanya di SDN 228 Lagaroang Pendahuluan. 5, 48–56.
Sa’ud. (2014). Inovasi Pendidikan. Alfabeta.
Salma. (2021). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR. 5(1), 6.
Setiawan, P., & Sudana, I. D. N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(2), 72–75. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1449
Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Sugiyanto, A. B. W. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Biologi Peserta didik Smp. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 356. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.82-90
Wati, S. (2020). Peran Guru Kelas Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta didik Pada Pembelajaran IPA Melalui Pembelajaran Berbasis Etnosains. Integrated Science Education Journal, 1(2), 46–50. https://doi.org/10.37251/isej.v1i2.78
Witanta, V. A., Baiduri, B., & Inganah, S. (2019). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematikapada Materi Perbandingan Kelas Vii Smp. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.36706/jls.v1i1.9565
DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v12i2.36339
Article Metrics
Abstract view : 496 timesPDF - 379 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Septina Rosa Lina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.