PEMBUATAN E-MODUL FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI USAHA DAN ENERGI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif Dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.
Faradilla, D., Nurulwati., Wahyuni,A. (2021). Kendalakendala dalam Pembelajaran Fisika secara Daring pada SMA Negeri di Kabupaten Pidie. Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 9(7):1164-1171
Jayadi, A., Putri, D. H., & Johan, H. (2020). Identifikasi Pembekalan Keterampilan Abad 21 Pada Aspek Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Sma Kota Bengkulu Dalam Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1):25–32.
Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Novita, N. Bukit, & M. Sirait. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Menggunakan Mind Map Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1): 57-67.
Nurliawaty, L., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2017). Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Problem Solving Polya. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1):72-81
Panggabean, D., & Irfandi. (2016). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Mata Kuliah Fisika Umum 1. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 2(1): 44-49
Polya,G.(1947)."How To Solve 1,2nd Ed". New Jersey:Pricenton University Press.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Ramadhanti, R., Mastuang, M., & Mahardika, A. I. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Topik Elastistas Menggunakan Model Pengajaran Langsung untuk Melatihkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2): 65.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1):2239-2253
Santosa, A. B. (2020). Potret Pendidikan di Tahun Pandemi : Dampak COVID-19 Terhadap Disparitas Pendidikan di Indonesia. CSIS Commentaries, 1–5.
Saragih, E. M., & Ansi, R. Y. (2020). Efektivitas Penggunaan Whatsapp Group Selama Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku Pendidik. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan. Kisaran: Universitas Asahan.
Sari, D. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Sma N 5 Medan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Shobrina, N. Q., Sakti, I., & Purwanto, A. (2020). Pengembangan Desain Bahan Ajar Fisika Bebasis E-modul Pada Materi Momentum.Jurnal Kumparan Fisika.3(1):33-40.
Simarmata, Y.P., & Sirait, M. (2019). The effects of problem based learning model on problem solving skills in the subject matter of momentum and impulses. Journal of Physics: Conf. Series 1317 (2019) 012171
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Alfabeta.
Sudijono, A. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sujana, H. A., & Sopandi, P. . W. (2020). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Rajawali Press.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v11i2.38467
Article Metrics
Abstract view : 543 timesPDF - 519 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Deo Demonta Panggabean, Stephanie Sisilia Sembiring
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.