PENINGKATAN KEMAMPUAN MULTI-REPRESENTASI DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENGGUNAKAN E-LEARNING
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainswort, Shaaron. (2022). The Function of Multipl Representaions. Computer and Education. 131(152). online. http:// www.phychology.nottinghan.ac.uk/staff/sea /function.pdf.
Andriani, Y., Taufik, T., & Sudirman, S. (2018). Pengembangan Modul Mata Kuliah Listrik Magnet Berbasis Multirepresentasi Pada Materi Magnetostatik Di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya. Sriwijaya University.
Andromeda, B., Djudin, T., & Haratua, T. M. S. (2017). Analisis Kemampuan Multirepresentasi Siswa Pada Konsep-Konsep Gaya Di Kelas X Sma Negeri 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(10), 1–16. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/21539/17434
Fatmaryanti, S. D., & Sarwanto, S. (2015). Profil Kemampuan Representasi Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 1(1).
Fitriani, Cantika, L., & Lolita, N. (2021). Analisis Pemahaman Siswa Terhadap Materi Fisika SMA Besaran, Satuan, dan Pengukuran di MAN 2 Kota Jambi. Cermin : Jurnal Penelitian, 5, 81–88
Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1)
Irwandani, I. (2014). Multi Representasi sebagai Alternatif Pembelajaran dalam Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 3(1), 39–48.
Jalaluddin, M. I., Djudin, T., & Mahmuda, D. (2019). Analisis Kesalahan Multirepresentasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kinematika Gerak Lurus di SMK 1 Sintang. 1–8.
Kunni Mushlihah, Yetri Yetri & Yuberti Yuberti. (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multi Representasi Bermuatan Sains Keislaman dengan Output Instagram pada Materi Hukum Newton. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. 01 (3) 207-215 https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3595.
Mahardika, I. K., Rofiqoh, A., & Supeno, S. (2021). Model inkuiri untuk meningatkan kemampuan representasi verbal dan matematis pada pembelajaran fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika,1(2), 165–171.
Murtono, M. (2018). The Multyrepresentation Test as Assessment Authentic For Learning Prospective Teacher Physics.Integrated Lab Journal,4(2), 189-198.
Ningrum, D., Mahardika, I., & Gani, A. (2015). Pengaruh Model Quantum Teaching dengan Metode Praktikum Terhadap Kemampuan Multirepresentasi Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X Di Sma Plus Darul Hikmah. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 4(2), 116–120.
Rahmawati, N. (2017). Pembelajaran Strategi SAPS Berbasis Multirepresentasi untuk Meremediasi Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Hukum Newton
Rauf, A.(2017). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe NumberedHeads Together (NHT) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPABiologi Kelas VII SMP Negeri 1 Watampone. Jurnal Nalar Pendidikan.Vol 5 no 1. ISSN: 2339-0749. https://doi.org/10.26858/jnp.v5i1.3281
Rofiqoh, F., Mahardika,I K., Yushardi. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Disertai Media Monopoli Games Terintegrasi Pendekatan Problem Solving Pada Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol.4 No.3, Desember 2015, hal 198 –203.
Sari, N. P. I. K., Arnyana, I. B. P., & Mardana, I. B. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD Berbantuan Mind Map terhadap Hasil Belajar IPA Dan Self Efficacy Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 229–236. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15607.
Sirait, J., Hamdani, & Mursyid, S. (2018). Students ’ understanding of forces : Force diagrams on horizontal and inclined plane. Journal of Physics, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/997/1/012030
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2019). metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.)). Alfabeta.
Suhandi. A dan Wibowo F.C. (2022). Pendekatan Multirepresentasi Dalam Pembelajaran Usaha-Energi Dan Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, tahun 8(1).http://journal.unnes.ac.id/artikel_nju/J PFI/1998
Susanti, F., Ayub, S., Taufik, M. (2016). Perbedaan Hasil BelajarFisika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Kartu Soaldengan Model Pembelajaran Direct Instruction Di SMAN 7 MataramTahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, Volume II No 4. 147-153. doi: 10.29303/jpft.v2i4.305
Tytler and Vaughan Prain, Constructing Representations to Learn in Science, ed. by Russell Tyter (Australia: Sense Publishers, 2013. https://doi.org/10.1007/978-94-6209203-7
DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v11i2.38820
Article Metrics
Abstract view : 262 timesPDF - 230 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ade line
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.