PROFIL PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, D. M., & Astuti, D. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem-based learning (PBL) pada topik sudut. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 190–200. https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.36444
Aini, Q., Albertus, D. L., & Wahyuni, S. (2018). Hasil Belajar, Minat Dan Kreativitas Siswa SMA Pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Memanfaatkan Bahan Bekas. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.19184/JPF.V7I1.7218
Aisyah, L., & Rohayati, S. (2018). PENGEMBANGAN Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Akuntansi Perusahaan Dagang Berbasis Problem Based Learning Pada Kelas Xi Akuntansi Di Smk Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(1). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/35/article/view/25265
Arif, D. S. F., Zaenuri, & Cahyono, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2018, 323–328.
Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Chemistry Education Review (CER), 0(0), 90–114. https://doi.org/10.26858/CER.V0I1.5614
Aulyana, F., Putra, A., & Yurnetti, Y. (2017). Pengaruh Penggunaan LKPD Berorientasi Kompleksitas Konten Dan Proses Kognitif Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pencapaian Kompetensi Fisika Peserta Didik Kelas X SMAN 7 Padang. Pillar of Physics Education, 9(1), 41–48. https://doi.org/10.24036/2514171074
Cesilia Elwi, L., Djamas, D., & Pengajar Jurusan Fisika, S. (2017). Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Multimedia Interaktif Menggunakan Course Lab Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA. Pillar Of Physics Education, 9(1), 97–104. https://doi.org/10.24036/2521171074
Eliati, T. A. (2020). Pengembangan LKPD berbasis Masalah (PBL) untuk meningkatkan self-efficacy peserta didik. Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME), 3(1), 19–31. https://doi.org/10.36269/hjrme.v3i1.148
Elizabeth, A., & Sigahitong, M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram. 6(2), 67–76. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.1044
Fahmidani, Y., Andayani, Y., Srikandijana, J., & Purwoko, A. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Lembar Kerja Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Chemistry Education Practice, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.29303/CEP.V2I1.1120
Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Asri Fardani, R., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., & Sukmana, D. J. (2020). Jenis Penelitian Deskriptif. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, March, 53–61. https://www.researchgate.net/publication/340021548_Buku_Metode_Penelitian_Kualitatif_Kuantitatif
Huda, A. I. N., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.973
Ikhsan, K. N., & Hadi, S. (2018). Implementasi dan Pengembangan Kurikulum 2013. In Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) (Vol. 6, Issue 1, p. 193). https://doi.org/10.25157/je.v6i1.1682
Nurhafifah, N., Hidayati, H., & Kamus, Z. (2018). Penggunaan LKPD Model Ideal Problem Solving Untuk Meningkatkan Kompetensi Fisika Peserta Didik. Pillar Of Physics Education, 11(1), 113–120. https://doi.org/10.24036/2708171074
Pamungkas, D., Mawardi, M., & Astuti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Dewi. Jurnal IIlmiah Sekolah Dasar, 3(1), 212–219. https://doi.org/10.26858/metrik.v19i1.27296
Purnama, A., Purnama, A., & Suparman, S. (2020). Studi Pendahuluan: E-LKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 131–140. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8169
Rahayuningsih, D. I., Mustaji, M., & Subroto, W. T. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 726–733. https://doi.org/10.26740/JRPD.V4N2.P726-733
Roziqi, M. (2022). Penerapan Bimbingan Kelompok Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. 6(1), 1–13. http://doi.org/d10.20961/jpk.v6i1.61852
Syifa, N. H., Wiyanto, W., & Astuti, B. (2021). Penggunaan LKPD Berbasis PBL dalam Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 10(3), 227–232. https://doi.org/10.15294/UPEJ.V10I3.55671
DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v12i1.38937
Article Metrics
Abstract view : 218 timesPDF - 312 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Andrea Gusvita, Andik Purwanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.