Cover Image

PENERAPAN MODEL PREDICTION GUIDE BERBANTUAN MEDIA KONKRIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

Revina Salny, Syahril Syahril, Fakhruddin Fakhruddin

Abstract


Kesulitan umum yang dihadapi adalah kurangnya antusias dan konsentrasi siswa yang menghasilkan hasil kognitif di bawah standar karena siswa hanya menghafal materi tanpa memahami esensinya. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada kelas yang menerapkan model prediction guide berbantuan media konkrit dan kelas dengan pembelajaran konvensional pada materi usaha dan energi kelas X di SMAN 12 Pekanbaru. Kegiatan penelitian dilaksanakan dari bulan Februari-April 2023, menggunakan jenis penelitian quasi eksperiment. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X IPA yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 216 siswa. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol ditentukan dengan cara simple random sampling yaitu dipilih secara acak melalui undian. Instrumen penelitian terdiri dari silabus, RPP, LKPD, dan instrumen pengumpulan data diperoleh dari hasil posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial, analisis inferensial diperoleh dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data menyebutkan penerapan model prediction guide berbantuan media konkrit pada materi usaha dan energi dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMAN 12 Pekanbaru. Penelitian ini dapat melatih siswa untuk meningkatkan hasil belajar kognitif fisika siswa yang mendorong siswa untuk aktif, mandiri belajar, dan dapat memecahkan masalah sehingga dapat meningkatkan hasil belajar kognitif.

Keywords


Penerapan, Prediction guide, Konkrit, Hasil Belajar Kognitif

Full Text:

PDF

References


Ady, W. N., & Warliani, R. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMA terhadap Mata Pelajaran Fisika pada Materi Gerak Lurus Beraturan. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 2(1), 104–108. https://doi.org/10.52434/jpif.v2i1.1599

Aldin, M. (2022). Pengembangan Modul Berbantuan Media Poster Berbasis Mind Mapping pada Materi Usaha dan Energi di SMA/MA. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Azizah, B. M. N., Rokhmat, J., Sutrio, & Susilawati. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Kausalitik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1219–1228. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.707

Bella Harum Ashari, B. M. W. dan S. F. P. (2017). Analisis Deskriptif dan Tabulasi Silang pada Konsumen Online Shop di Instagram (Studi Kasus 6 Universitas di Kota Surabaya). Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), 17–21. https://media.neliti.com/media/publications/134699-ID-analisis-deskriptif-dan-tabulasi-silang.pdf

Berlian, R. (2022). Optimalisasi Hasil Belajar PKN Dengan Metode Pembelajaran Prediction Guide Di Kelas IX-1 Di Smp Negeri 1 Padangsidimpuan. Jurnal Education and Development, 10(2), 455–459. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3771%0Ahttps://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/3771/2436

Ekasafitri, M., Sb, N. S., & Purwati, P. D. (2024). Augmented Reality Flipbook as a Guide to Determining the Main Idea of Paragraphs in Indonesian Language Learning. 8(2), 218–228.

Eliyantika, Witono, A. H., & Jiwandono, I. S. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Guru Kelas IV SDN Kemiri Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1315–1326. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.749

Espanola, R. ., & Ouano, J. . (2024). Malaysian Journal of Learning. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 21(1), 217–247.

Fitri, L., Mahzum, E., & Hamid, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Dalam Evaluasi Pembelajaran Fisika Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(2), 111. https://doi.org/10.24114/jpf.v11i2.38115

Hidayat, R. K., Sahidu, H., & Gunada, I. W. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegritas dengan Karakter untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 285–291. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.462

Jaimah. (2022). Peranan Pendidikan Global dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(1), 1–8.

Khusaeri, A., Herman, & Supardin Gading, A. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Fisika Materi Fluida Dinamis Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Global Journal Pendidikan IPA, 1(1), 31–37. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/jpi/article/view/18

Kusdiastuti, M., Harjono, A., Sahidu, H., & Gunawan. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(3), 116–122. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i3.298

Mahzani, & Nurma. (2023). Pembelajaran Berbasis Pratikum untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Siswa pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Kelas VIII MTsN Kuta Baro Aceh Besar. Jurnal Pembelajaran Dan Sains, 2(1), 14–33.

Maison, Lestari, N., & Widaningtyas, A. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 32–39. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.314

Malik, A. S., Latifah, E. D., Koswara, N., & Fatkhullah, F. K. (2022). Perspektif Visi Pendidikan dari Sudut Pandang Agama, Filsafat, Psikologi dan Sosiologi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2523–2537. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2194

Martaida, T., Bukit, N., & Ginting, E. M. (2018). Efek Model Pembelajaran Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 118–123. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf

Ningsih, S. N. T., & Hanum, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Prediction Guide Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMPN 4 Medan. Basastra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(2), 139–149.

Nurfajriyah, A. (2022). Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Memahami Konsep Fisika Ditinjau Berdasarkan Tahap Penyelesaian Soal. Bandar Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Qonitattsani, Z. F. (2024). Web-based Educational Game Application to Improve the Ability to Identifying the Main Idea in Indonesian Language Learning. 8(2), 207–217.

Rahmadayanti, D., Zaini, M., & Kaspul. (2022). Keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif: Pembelajaran sistem peredaran darah menggunakan LKPD-Elektronik. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 1(2), 65–77. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v1i2.20

Rahmadhani. (2022). Analisis Level Soal Dan Level Kognitif Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Fisika di SMAS Babul Maghfirah.

Rahmawati, R., Yusuf, W. A., Khaeruddin, K., Studi, P., Fisika, P., Makassar, U. M., Fisika, J., & Makassar, U. N. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Brainstorming untuk Membenahi Pemahaman Konsep Siswa SMA pada Topik Gelombang Mekanik. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 8(1), 27–36.

Ramadhani, I., & Sirait, M. (2015). Efek Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Strategi Think Talk Write Dan Kreativitas Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Kognitif Tingkat Tinggi Siswa Sma Pada Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 17. https://doi.org/10.22611/jpf.v4i1.2564

Ramadhanti, A., Kholilah, K., Fitriani, R., Rini, E. F. S., & Pratiwi, M. R. (2022). Hubungan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X MIPA di SMAN 1 Kota Jambi. Journal Evaluation in Education (JEE), 3(2), 60–65. https://doi.org/10.37251/jee.v3i2.246

Romadhon, K., Malahati, F., Irfan, Iskandar, R., & Ramadhan, W. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Awal terhadap Prestasi Belajar Matematika di Sekolah Dasar. JPPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 139–150.

Saif, K., & Umairi, A. (2024). Mediating effect of mathematics cognitive domain in the relationship between mathematics self-efficacy and mathematics achievement. 20(9).

Sari, F. Y., Supriadi, N., & Putra, R. W. Y. (2022). Model Pembelajaran CUPs Berbantuan Media Handout: Dampak terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 95–106. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1128

Sasmita, M. A., & Purnamasari, N. L. (2018). Perbandingan Metode Pembelajaran Edutainment dan Metode Pembelajaran Konvensional Terhadap Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMA Negeri 1 Kalidawir. 2(1), 27–34.

Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana

Shoimah, R. N. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Konkrit Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Dan Pemahaman Konsep Pecahan Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III MI Ma’arif Nu Sukodadi-Lamongan. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 1–18.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia

Suharti, T., Riyana, C., Nurlatifah, Sturmius, Lering, T., Reni, F., Kriszal, A., Purmirantnani, M. D., Dewi, S., Rosmiati, Gusfawati, Kurniawan, M., & Rullail, F. (2022). Isu-Isu Manajemen Pendidikan Jilid 1. In Insan Cendekia Mandiri (Vol. 5, Issue 3). Insan Cendekia Mandiri.

Wijayanto, P. W., Suarni, E., Judijanto, L., Zalika, P., Kesuma, L. M., & Huda, N. (2024). Positive Factors of Student Learning Orientation in Improving Student Understanding and Learning Outcomes. 8(2), 198–206.

Zandrato, A. H. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA Terpadu Melalui Strategi Pembelajaran Prediction Guide. Jurnal Global Edukasi, 5(5), 277–282. http://ojs.unm.ac.id/nalar/article/view/1973




DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.45456

Article Metrics

Abstract view : 11 times
PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 revina salny, Syahril Syahril, Fakhruddin Fakhruddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
slot gacor slot