PENERAPAN MODEL PREDICTION GUIDE BERBANTUAN MEDIA KONKRIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

Authors

  • Revina Salny Prodi Pendidikan Fisika, Universitas Riau
  • Syahril Syahril Prodi Pendidikan Fisika, Universitas Riau
  • Fakhruddin Fakhruddin Prodi Pendidikan Fisika, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.45456

Keywords:

Applicability, Prediction Guide, Concreate, Cognitive learning outcomes

Abstract

Kesulitan umum yang dihadapi adalah kurangnya antusias dan konsentrasi siswa yang menghasilkan hasil kognitif di bawah standar karena siswa hanya menghafal materi tanpa memahami esensinya. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada kelas yang menerapkan model prediction guide berbantuan media konkrit dan kelas dengan pembelajaran konvensional pada materi usaha dan energi kelas X di SMAN 12 Pekanbaru. Kegiatan penelitian dilaksanakan dari bulan Februari-April 2023, menggunakan jenis penelitian quasi eksperiment. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X IPA yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 216 siswa. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol ditentukan dengan cara simple random sampling yaitu dipilih secara acak melalui undian. Instrumen penelitian terdiri dari silabus, RPP, LKPD, dan instrumen pengumpulan data diperoleh dari hasil posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial, analisis inferensial diperoleh dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data menyebutkan penerapan model prediction guide berbantuan media konkrit pada materi usaha dan energi dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMAN 12 Pekanbaru. Penelitian ini dapat melatih siswa untuk meningkatkan hasil belajar kognitif fisika siswa yang mendorong siswa untuk aktif, mandiri belajar, dan dapat memecahkan masalah sehingga dapat meningkatkan hasil belajar kognitif.

References

Ady, W. N., & Warliani, R. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMA terhadap Mata Pelajaran Fisika pada Materi Gerak Lurus Beraturan. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 2(1), 104“108. https://doi.org/10.52434/jpif.v2i1.1599

Berlian, R. (2022). Optimalisasi Hasil Belajar PKN Dengan Metode Pembelajaran Prediction Guide Di Kelas IX-1 Di Smp Negeri 1 Padangsidimpuan. Jurnal Education and Development, 10(2), 455“459. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3771%0Ahttps://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/3771/2436

Jaimah. (2022). Peranan Pendidikan Global dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(1), 1“8.

Mahzani, & Nurma. (2023). Pembelajaran Berbasis Pratikum untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Siswa pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Kelas VIII MTsN Kuta Baro Aceh Besar. Jurnal Pembelajaran Dan Sains, 2(1), 14“33.

Maison, Lestari, N., & Widaningtyas, A. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 32“39. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.314

Malik, A. S., Latifah, E. D., Koswara, N., & Fatkhullah, F. K. (2022). Perspektif Visi Pendidikan dari Sudut Pandang Agama, Filsafat, Psikologi dan Sosiologi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2523“2537. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2194

Ningsih, S. N. T., & Hanum, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Prediction Guide Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMPN 4 Medan. Basastra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(2), 139“149.

Nurfajriyah, A. (2022). Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Memahami Konsep Fisika Ditinjau Berdasarkan Tahap Penyelesaian Soal. Bandar Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Rahmadayanti, D., Zaini, M., & Kaspul. (2022). Keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif: Pembelajaran sistem peredaran darah menggunakan LKPD-Elektronik. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 1(2), 65“77. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v1i2.20

Rahmawati, R., Yusuf, W. A., Khaeruddin, K., Studi, P., Fisika, P., Makassar, U. M., Fisika, J., & Makassar, U. N. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Brainstorming untuk Membenahi Pemahaman Konsep Siswa SMA pada Topik Gelombang Mekanik. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 8(1), 27“36.

Ramadhanti, A., Kholilah, K., Fitriani, R., Rini, E. F. S., & Pratiwi, M. R. (2022). Hubungan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X MIPA di SMAN 1 Kota Jambi. Journal Evaluation in Education (JEE), 3(2), 60“65. https://doi.org/10.37251/jee.v3i2.246

Sari, F. Y., Supriadi, N., & Putra, R. W. Y. (2022). Model Pembelajaran CUPs Berbantuan Media Handout: Dampak terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 95“106. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1128

Shoimah, R. N. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Konkrit Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Dan Pemahaman Konsep Pecahan Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III MI Ma™arif Nu Sukodadi-Lamongan. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 1“18.

Suharti, T., Riyana, C., Nurlatifah, Sturmius, Lering, T., Reni, F., Kriszal, A., Purmirantnani, M. D., Dewi, S., Rosmiati, Gusfawati, Kurniawan, M., & Rullail, F. (2022). Isu-Isu Manajemen Pendidikan Jilid 1. In Insan Cendekia Mandiri (Vol. 5, Issue 3). Insan Cendekia Mandiri.

Zandrato, A. H. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA Terpadu Melalui Strategi Pembelajaran Prediction Guide. Jurnal Global Edukasi, 5(5), 277“282. http://ojs.unm.ac.id/nalar/article/view/1973

Downloads

Published

2025-04-20

How to Cite

Salny, R., Syahril, S., & Fakhruddin, F. (2025). PENERAPAN MODEL PREDICTION GUIDE BERBANTUAN MEDIA KONKRIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Jurnal Pendidikan Fisika, 13(2), 169–175. https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.45456

Issue

Section

Jurnal Pendidikan Fisika Volume 13//No.2//Desember 2024