Cover Image

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS GUIDED INQUIRY DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Indah Mawati Giawa, Motlan Sirait, Togi Tampubolon

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan, kepraktisan, keefektifan dan pengaruh pengembangan bahan ajar fisika berbasis guided inquiry dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester 2 jurusan MIPA di SMA Swasta Dwitunggal Tanjung Morawa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D), yaitu metode penelitian yang menghasikan sebuah produk dalam bidang keahlian tertentu. Tahapan perancangan pembelajaran dengan menggunakan model Borg and Gall. Penelitian menggunakan pendekatan dengan analisis secara kualitatif dan kuantitatif. instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ada tiga yaitu angket yang digunakan untuk validasi bahan ajar oleh tim ahli materi dan desain, penilaian guru fiiska dan respon siswa terhadap bahan ajar berbasis guided inquiry. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa uji kelayakan bahan ajar oleh validator memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 91,07%, persentase uji kepraktisan bahan ajar oleh validator sebesar 90,75% dengan kategori sangat praktis, persentase uji keefektifan bahan ajar oleh guru dan siswa sebesar 88,75% dengan kategori sangat efektif dan pengembangan bahan ajar berbasis guided inquiry berpengaruh pada peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa.

Keywords


Pengembangan, Bahan Ajar, Guided Inquiry, Critical Thinking

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian dalam Kajian Problematika Pembelajarn Bahasa Indonesia. Jurnal Skala. 2 (1).

Amtiningsih, S., Dwiastutu, S. & Sari, D.P. (2016), Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreaktif Melalui Penerapan Guided Inquiry Dipandu Branstorming pada Materi Pencemaran Air. Proceding Biology Education Conference. 13 (1).

Ficione, P. (2015). Critical Thingking: What It Is and Why It Counts. California: Mearured Reason and The California Aademic Press.

Fitriani, S. (2017). The Effect og Guided Inquiry Learning Using PhET Media on Students’ Problem Solving Skill and Critical Thinking. Journal of Education and Practice. 21 (8).

Khamidah, N., Winarto, Mustikasari, V.R. (2019). Discovery Learning : Penerapan Dalam Pembelajaran IPA Berbantuan Bahan Ajar Digital Interaktif Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran. 3(1):87-99.

Kristina. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tigapanah. Tesis Pacasarjana UNIMED. Tidak Dipublikasikan.

Nisa, E., Jatmiko, B & Koestiari, T. (2018). Development of Guided Inquiry-Based Physics Teaching Materials to Increase Critical Thinking Skills of High School Students. Journal of Physics. 4(1).

Nurvitalia, Duwi, dkk. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Fisika pada Materi Listrik Searah Berbasis Keterampilan Berpikir Kreaktif Siswa. Searang: UNNES.

Rahmawati, F., Soegimin., dan S.Kardi. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Videoscibe pada Materi Kalor untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa SMAN 1 Kedungwar. Jurnal Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.5 (2) 1039-1047.

Rianti, N.A., Mustika Wati, Suyidno, & Fauzia, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar dengan Model Inkuiri Terbimbing untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. 5 (2), 94-106.

Rianti, Norisa Afrida, dkk. 2021. Pengembangan Bahan Ajar dengan Model Inquiri Terbimbing untuk Melatoh Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. 5 (2), 94-106.

Sari, Thesa Irene. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Dengan Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Tesis Pacasarjana UNIMED. Tidak Dipublikasikan.

Simanungkalit, B. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Mint Map Terhadap Kemampuan Pemahaman konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pollung. Medan: UNIMED.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v13i1.50728

Article Metrics

Abstract view : 65 times
PDF - 58 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Indah Mawati Giawa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.