PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS GUIDED INQUIRY DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian dalam Kajian Problematika Pembelajarn Bahasa Indonesia. Jurnal Skala. 2 (1).
Amtiningsih, S., Dwiastutu, S. & Sari, D.P. (2016), Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreaktif Melalui Penerapan Guided Inquiry Dipandu Branstorming pada Materi Pencemaran Air. Proceding Biology Education Conference. 13 (1).
Ficione, P. (2015). Critical Thingking: What It Is and Why It Counts. California: Mearured Reason and The California Aademic Press.
Fitriani, S. (2017). The Effect og Guided Inquiry Learning Using PhET Media on Students’ Problem Solving Skill and Critical Thinking. Journal of Education and Practice. 21 (8).
Khamidah, N., Winarto, Mustikasari, V.R. (2019). Discovery Learning : Penerapan Dalam Pembelajaran IPA Berbantuan Bahan Ajar Digital Interaktif Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran. 3(1):87-99.
Kristina. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tigapanah. Tesis Pacasarjana UNIMED. Tidak Dipublikasikan.
Nisa, E., Jatmiko, B & Koestiari, T. (2018). Development of Guided Inquiry-Based Physics Teaching Materials to Increase Critical Thinking Skills of High School Students. Journal of Physics. 4(1).
Nurvitalia, Duwi, dkk. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Fisika pada Materi Listrik Searah Berbasis Keterampilan Berpikir Kreaktif Siswa. Searang: UNNES.
Rahmawati, F., Soegimin., dan S.Kardi. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Videoscibe pada Materi Kalor untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa SMAN 1 Kedungwar. Jurnal Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.5 (2) 1039-1047.
Rianti, N.A., Mustika Wati, Suyidno, & Fauzia, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar dengan Model Inkuiri Terbimbing untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. 5 (2), 94-106.
Rianti, Norisa Afrida, dkk. 2021. Pengembangan Bahan Ajar dengan Model Inquiri Terbimbing untuk Melatoh Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. 5 (2), 94-106.
Sari, Thesa Irene. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Dengan Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Tesis Pacasarjana UNIMED. Tidak Dipublikasikan.
Simanungkalit, B. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Mint Map Terhadap Kemampuan Pemahaman konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pollung. Medan: UNIMED.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v13i1.50728
Article Metrics
Abstract view : 65 timesPDF - 58 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Indah Mawati Giawa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.