ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATA KULIAH FISIKA MODERN

Aprilita Ekasari, Algiranto Algiranto, Helga C. Antonia Silubun

Abstract


Latar belakang dari penelitian, ditemukanya banyak jawaban dari mahasiswa yang memiliki kesalahan, yang akhirnya dijadikan petunjuk untuk mengetahui seberapa jauh penguasaan materi mahasiswa. Materi dualisme gelombang partikel digunakan dalam penelitian ini dikarenakan memiliki sifat-sifat yang harus dipahami mahasiswa, sehingga kesalahan-kesalahan mahasiswa dengan mudah ditemukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana mahasiswa menggunakan Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk memecahkan masalah pada matakuliah fisika modern. Sepuluh mahasiswa semester 5 berpartisipasi dalam penelitian yang bersifat deskriptif. Instrumen pengambilan data terdiri dari tes yang berupa 10 soal uraian dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Berdasarkan temuan penelitian, mahasiswa melakukan kesalahan menyelesaikan permasalahan pada  materi fisika modern dengan permasalahan tipe Higher Order Thingking Skills (HOTS). Kesalahan dalam membaca, transformasi, keterampilan proses, dan menulis jawaban akhir pada analisis aspek yang termasuk dalam kesalahan konseptual dan kesalahan teknik. Selain itu mengenai aspek evaluasi yaitu kemampuan mengolah kesalahan dan menyusun tanggapan akhir. Pada aspek mencipta, khususnya kesalahan dalam pemahaman dan penulisan jawaban akhir. Penelitian ini dapat digunakan untuk acuan pembelajaran berikutnya, dengan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai sehingga dapat meminimalisir kesahanan pada jawaban mahasiswa.

Keywords


Kesalahan siswa, Masalah tipe HOTS, Fisika modern

Full Text:

PDF

References


Afandi, Sajidan, Akhyar, M., & Suryani, N. (2019). Development frameworks of the Indonesian partnership 21 st -century skills standards for prospective science teachers: A Delphi study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 89–100. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.11647

Afifah, N. (2017). Problematika pendidikan di Indonesia (Telaah dari aspek pembelajaran). Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 41–74. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/148

Cot, J., Nie, T., Batu, M., & Utara, A. (2021). Analysis of Problem-Solving Skill of Student. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 60–66.

Daniel, S. J. (2020). Education and the COVID-19 pandemic. Prospects, 49(1–2), 91–96. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09464-3

Diana, R., & Sofi Makiyah, Y. (2021). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Materi Interferensi Celah Ganda. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 48–54. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf48

Dwi Susandi, A., Sa’Dijah, C., Rahman As’Ari, A., & Susiswo. (2019). Students’ critical ability of mathematics based on cognitive styles. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012018

Ekasari, A., Diantoro, M., & . P. (2023). The Ability of Problem-based Learning (PBL) to Improve Problem-solving Skills on Heat Topic Among High School Students. KnE Social Sciences, 202, 293–299. https://doi.org/10.18502/kss.v8i10.13454

Ekasari, A., Diantoro, M., & Parno. (2018). Peningkatan kemampuan Pemecahan masalah siswa SMAN 1 Gondang pada materi kalor dengan Pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 588–597.

Fitria, T. N. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbahasa Inggris Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. MATHEdunesa, 2(1), 1–8.

Hull, M. M., Kuo, E., Gupta, A., & Elby, A. (2013). Problem-solving rubrics revisited: Attending to the blending of informal conceptual and formal mathematical reasoning. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.9.010105

Ilmiyah, L., Purnama, S., & Mayangsari, S. N. (2018). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 105–115. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a9.2018

Ince, E. (2018). An Overview of Problem Solving Studies in Physics Education. Journal of Education and Learning, 7(4), 191. https://doi.org/10.5539/jel.v7n4p191

Jesi Pebralia. (2020). Prinsip Ketidakpastian Heisenberg Dalam Tinjauan Kemajuan Pengukuran Kuantum Di Abad 21. Journal Online of Physics, 5(2), 43–47. https://doi.org/10.22437/jop.v5i2.9049

Li, S., Pöysä-Tarhonen, J., & Häkkinen, P. (2023). Students’ collaboration dispositions across diverse skills of collaborative problem solving in a computer-based assessment environment. Computers in Human Behavior Reports, 11(November 2022). https://doi.org/10.1016/j.chbr.2023.100312

Magfirah, M., Maidiyah, E., & Suryawati, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9707

Martin, T. I. H. (2020). Pengembangan Instrumen Soal HOTS (High Order Thinking Skill) Pada Mata Kuliah Fisika Dasar 1. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 18–21. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika

Molnár, G., & Greiff, S. (2023). Understanding transitions in complex problem-solving: Why we succeed and where we fail. Thinking Skills and Creativity, 50(September). https://doi.org/10.1016/j.tsc.2023.101408

Panggabean, D. D., Rajagukguk, M. H., Febriani, & Goni, P. K. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HIGH ORDER THINKING SKILLS SISWA SMP APPLICATION OF THE GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL TO IMPROVE HIGH ORDER THINKING SKILLS OF SENIOR Deo Demonta Panggabean *, 1 Mangasi Holong Rajagukguk. 11, 33–39.

Prakitipong, N., & Nakamura, S. (2006). Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Journal of International Cooperation in Education, 9(1), 111–122.

Rasagama, I.G et al., 2020. (2020). Profil HOTS Mahasiswa DIII Teknik Kimia Politeknik Negeri Bandung Karena Model Pembelajaran Fisika DIBeK&P2D. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 6(3), 1–8.

Riantoni, C., Yuliati, L., & Mufti, N. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Listrik Dinamis pada Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan PhET pada Mahasiswa S1 Pendidikan Fisika. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 4(1), 40. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v4i1.6468

Rosengrant, D., Van Heuvelen, A., & Etkina, E. (2009). Do students use and understand free-body diagrams? Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.5.010108

Setiawati, S., Herman, T., & Jupri, A. (2017). Investigating middle school students’ difficulties in mathematical literacy problems level 1 and 2. Journal of Physics: Conference Series, 909(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/909/1/012063

Sujarwanto, E., & Susanti, E. (2022). BAGAIMANA SIKAP DAN PENDEKATAN TRANSITIONAL NOVICE TERHADAP PENYELESAIAN MASALAH FISIKA ? HOW IS TRANSITIONAL NOVICE ’ S ATTITUDE AND APPROACH TO PHYSICS PROBLEM SOLVING ? Jawa Barat , Indonesia * email : yanti.sofi@unsil.ac.id. 11, 40–47.

Tortorella, G. L., Powell, D., Liu, L., Filho, M. G., Antony, J., Hines, P., & Nascimento, D. L. de M. (2023). How has social media been affecting problem-solving in organizations undergoing Lean Production implementation? A multi-case study. Journal of Industrial Information Integration, 35(August), 100515. https://doi.org/10.1016/j.jii.2023.100515

Ulfa, D., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Menggunakan Tahapan Kesalahan Kastolan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 542–550. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.507

Walsh, L. N., Howard, R. G., & Bowe, B. (2007). Phenomenographic study of students’ problem solving approaches in physics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 3(2), 1–12. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.3.020108

Wijaya, A. A., & Masriyah. (2013). Analsis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Sistem Linear Dua Variabel. MATHEdunesa, 2(1), 1–7.

Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Profil Kemampuan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Di Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Papua. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 42. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.63

Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2019). HOTS profile of physics education students in STEM-based classes using PhET media. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032021




DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v12i2.51594

Article Metrics

Abstract view : 79 times
PDF - 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Aprilita Ekasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.