PENERAPAN KIT LISTRIK KONTEKSTUAL BERBASIS ENERGI TERBARUKAN PADA MATERI LISTRIK DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS IX SMP

Authors

  • Fakhruddin Z Universitas Riau
  • Rahmi Delviandri Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Riau
  • Syahril Syahril

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.54734

Keywords:

KIT Listrik Kontekstual Berbasis Energi Terbarukan, Keterampilan Proses Sains

Abstract

Pembelajaran yang monoton dapat menurunkan keterampilan dasar siswa, sehingga guru harus bisa berkreasi menggunakan media pembelajaran yang menyenangkan seperti penggunaan KIT listrik kontekstual berbasis energi terbarukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, perbedaan hasil belajar keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen dan kontrol dengan KIT Listrik kontekstual berbasis energi terbarukan dan kelas konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 23 Pekanbaru bulan Oktober sampai dengan November 2023. Populasi penelitian berjumlah 284 siswa dari delapan ruang kelas yang seluruhnya duduk di bangku kelas IX. Sampel dievaluasi untuk pengulangan harian materi sebelumnya menggunakan uji homogenitas dan normalitas. Teknik simple random sampling digunakan untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah kelas homogen dibuat. Penelitian ini menggunakan model posttest-only control group design yaitu jenis desain quasi eksperimen. Silabus, RPP, LKPD, dan alat pengumpul data yang digunakan pada posttest keterampilan proses sains diberikan pada kelas eksperimen dan kontrol merupakan salah satu alat penelitian. Dengan menggunakan SPSS 26, proses analisis data meliputi pengujian homogenitas, normalitas, dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan sebaran kedua kelas tersebut homogen dan normal. Selanjutnya uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik keterampilan proses sains antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol SMP Negeri 23 Pekanbaru. Dengan membandingkan kelas eksperimen dengan kelas kontrol, hasil analisis data menunjukkan kelas eksperimen mempunyai keterampilan proses sains yang lebih baik.

References

Abdjul, T., & Uloli, R. (2020). Peningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Penggunaan Kit Ipa Pada Pembelajaran Fisika. Jambura Physics Journal, 1(2), 65“77. https://doi.org/10.34312/jpj.v1i2.5382

Fajri, N., & Mirsal, M. (2021). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. At-Tarbiyah Al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1. https://doi.org/10.31958/atjpi.v2i1.3289

Faradina, F. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Motivasi Belajar Fisika dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA Negeri 3 4(1), 1“16. http://eprints.unm.ac.id/4351/%0Ahttp://eprints.unm.ac.id/4351/1/tesis lengkap.pdf

Harlen, W. (1999). Purposes and prosedures for assessing science process skills. Assesment in Education: Policy and Practice 6, 129-144

H. Nurul, H. Ahmad, S. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Dengan Pendekatan Saintifik Dan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/10.29303/jppipa.v3i2.95

Inayah, A. D., Ristanto, R. H., Sigit, D. V., & Miarsyah, M. (2020). Analysis of science process skills in senior high school students. Universal Journal of Educational Research, 8(4 A), 15“22. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081803

Maharani, R. J. P., Taufik, M., Ayub, S., & Rokhmat, J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Bantuan Media Tiga Dimensi Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 113. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.326

Maulina, R. N., & Kustijono, R. (2017). Efektifitas pembelajaran fisika berbantuan media virtual PhET disamping pelaksanaan lab riil untuk melatihkan keterampilan proses sains. Seminarnasionalfisika(Snf)2017, November, 65“69. https://fisika.fmipa.unesa.ac.id/proceedings/index.php/snf/article/view/34/23

Mitri Irianti. 2006. Dasar-dasar Pendidikan Mipa. Cendekia Insani. Pekanbaru

Nurhayati, Qondias, D. (2023). EFEKTIVITAS VIDEO ANIMASI SETTING INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. 9(2), 547“558.

Ramadhani., Akmam., D. (2019). ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA BUKU TEKS PELAJARAN FISIKA SMA KELAS XI SEMESTER 1 Putri Rasti Ramadhani 1) Akmam 2) Desnita 2) Yenni Darvina 2) 1). Physics Education, 12(4), 649“656.

Restiana, S., Agustina, R., Rahman, J., Ananda, R., & Witarsa, R. (2022). Standar Proses Pendidikan Nasional: Implementasi dan Analisis terhadap Komponen Guru Matematika di SD Muhammadiyah 027 Batubelah. Masaliq, 2(4), 489“504. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i4.444

Said, R. (2004). Penggunaan KIT IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Pesawat Sederhana di Kelas V SDN Potil Pololoba Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Kepulauan. 1, 1“14.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung : Alfabeta

Suhartini, S. (2021). Upaya Meningkatkan Belajar IPA Tentang Gaya Magnet Melalui Penerapan Kegiatan Praktik KIT-IPA Pada Siswa Kelas V SDN Sumberbendo 02 Tahun Pelajaran 2019/2020. Educatif Journal of Education Research, 3(1), 122“130. https://doi.org/10.36654/educatif.v3i1.64

Wahono, S. J., & Sukir, S. (2020). Pengembangan Trainer Kit Instalasi Penerangan Listrik Dengan Pelengkap Sensor Di Smk Negeri 1 Sedayu. Jurnal Edukasi Elektro, 4(2), 158“164. https://doi.org/10.21831/jee.v4i2.35829

Downloads

Published

2025-03-24

How to Cite

Z, F., Delviandri, R., & Syahril, S. (2025). PENERAPAN KIT LISTRIK KONTEKSTUAL BERBASIS ENERGI TERBARUKAN PADA MATERI LISTRIK DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS IX SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 13(2), 115–121. https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.54734

Issue

Section

Jurnal Pendidikan Fisika Volume 13//No.2//Desember 2024