PENERAPAN KIT LISTRIK KONTEKSTUAL BERBASIS ENERGI TERBARUKAN PADA MATERI LISTRIK DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS IX SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdjul, T., & Uloli, R. (2020). Peningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Penggunaan Kit Ipa Pada Pembelajaran Fisika. Jambura Physics Journal, 1(2), 65–77. https://doi.org/10.34312/jpj.v1i2.5382
Ayu, S., Pinatih, C., Kt, D. B., & Semara, N. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. 5(1), 115–121.
Basri, D. A., Amin, B. D., & Yani, A. (2019). IMPLEMENTASI SIMULASI PhET ( PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY ) DAN KIT IPA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 6 PINRANG. 2014, 31–42.
Dewi, V. P., Doyan, A., & Soeprianto, H. (2017). Pengaruh Model Penemuan Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v3i1.102
Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. 6(6), 9508–9516.
Fajri, N., & Mirsal, M. (2021). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1. https://doi.org/10.31958/atjpi.v2i1.3289
Faradina, F. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Motivasi Belajar Fisika dan Keterampilan Proses Sauns Peserta Didik SMA Negeri 3.
H. Nurul, H. Ahmad, S. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Dengan Pendekatan Saintifik Dan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/10.29303/jppipa.v3i2.95
Harlen. (2010). Assessment in Education : Principles , Policy & Practice Purposes and Procedures for Assessing Science Process Skills. Asessment in Education, December 2014, 37–41. https://doi.org/10.1080/09695949993044
Hasyim, F. (2018). Mengukur Kemampuan Berpikir Analitis Dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Fisika Stkip Al Hikmah Surabaya Measuring Pre-Service Physics Teachers’ Analytical Thinking Ability and Science Process Skills of Stkip Al Hikmah Surabaya. Jurnal Pendidikan Ipa Veteran, 2(1), 80–89.
Hernawati, D., Amin, M., Irawati, M. H., Indriwati, S. E., & Omar, N. (2018). The effectiveness of scientific approach using encyclopedia as learning materials in improving students’ science process skills in science. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(3), 266–272. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i3.14459
Inayah, A. D., Ristanto, R. H., Sigit, D. V., & Miarsyah, M. (2020). Analysis of science process skills in senior high school students. Universal Journal of Educational Research, 8(4 A), 15–22. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081803
Indihartati, S. (2022). Efektivitas Media Laboratorium Virtual Pada Pembelajaran Fisika Di Era Pandemi Covid-19 Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(1), 80–87. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v2i1.129
Maharani, R. J. P., Taufik, M., Ayub, S., & Rokhmat, J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Bantuan Media Tiga Dimensi Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 113. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.326
Maulina, R. N., & Kustijono, R. (2017). Efektifitas pembelajaran fisika berbantuan media virtual PhET disamping pelaksanaan lab riil untuk melatihkan keterampilan proses sains. Seminarnasionalfisika(Snf)2017, November, 65–69.
Mitri. (2006). Dasar-dasar Pendidikan Mipa. Cendekia Insani.
Nisaa, A., Mu, A., & Sara, K. (2022). The Effectiveness of Using Virtual Laboratories Based on Integrated Science Process Skills Zoom Meeting to Increase Understanding of Students Physics Concepts During the Covid-19 Pandemic. 8(5), 2235–2240. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i5.2073
Nurhayati, Qondias, D. (2023). EFEKTIVITAS VIDEO ANIMASI SETTING INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. 9(2), 547–558.
Prasetiyo, H. B. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sdn 1 Gondosuli. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 1(2). https://doi.org/10.29100/eduproxima.v1i2.1109
Ramadhani., Akmam., D. (2019). ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA BUKU TEKS PELAJARAN FISIKA SMA KELAS XI SEMESTER 1 Putri Rasti Ramadhani 1) Akmam 2) Desnita 2) Yenni Darvina 2) 1). Physics Education, 12(4), 649–656.
Restiana, S., Agustina, R., Rahman, J., Ananda, R., & Witarsa, R. (2022). Standar Proses Pendidikan Nasional: Implementasi dan Analisis terhadap Komponen Guru Matematika di SD Muhammadiyah 027 Batubelah. Masaliq, 2(4), 489–504. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i4.444
Said, R. (2004). Penggunaan KIT IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Pesawat Sederhana di Kelas V SDN Potil Pololoba Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Kepulauan. 1, 1–14.
Sakdiah, H., Ginting, F. W., Rejeki, N. S., & Miranda, A. (2022). Pembelajaran STEAM Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau dari Sikap Ilmiah Mahasiswa pada Mata Kuliah Kajian Fisika Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(5), 2531–2536. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i5.2313
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Alfabeta.
Suhartini, S. (2021). Upaya Meningkatkan Belajar IPA Tentang Gaya Magnet Melalui Penerapan Kegiatan Praktik KIT-IPA Pada Siswa Kelas V SDN Sumberbendo 02 Tahun Pelajaran 2019/2020. Educatif Journal of Education Research, 3(1), 122–130. https://doi.org/10.36654/educatif.v3i1.64
Sutisna, E., Novita, L., & Iskandar, M. I. (2020). Jurnal Ilmiah Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 04(01), 01–06.
Wahono, S. J., & Sukir, S. (2020). Pengembangan Trainer Kit Instalasi Penerangan Listrik Dengan Pelengkap Sensor Di Smk Negeri 1 Sedayu. Jurnal Edukasi Elektro, 4(2), 158–164. https://doi.org/10.21831/jee.v4i2.35829
Wibowo, A. T., & Marzuqi, A. (2022). PENGEMBANGAN KIT OPTIK SEBAGAI MEDIA PRAKTIKUM CAHAYA DAN OPTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN. 6(1), 26–36.
Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614
Zulirfan, Z., Yennita, Y., Rahmad, M., & Purnama, A. (2021). Desain dan Konstruksi Prototype KIT Proyek STEM Sebagai Media Pembelajaran IPA SMP Secara Daring pada Topik Aplikasi Listrik Dinamis. 4(1), 40–49.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.54734
Article Metrics
Abstract view : 42 timesPDF - 26 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Rahmi Delviandri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.