Cover Image

PENERAPAN KIT LISTRIK KONTEKSTUAL BERBASIS ENERGI TERBARUKAN PADA MATERI LISTRIK DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS IX SMP

Fakhruddin Z, Rahmi Delviandri, Syahril Syahril

Abstract


Instruksi yang membosankan dapat mengikis pengetahuan dasar siswa, oleh karena itu para pendidik harus bebas berkreasi dengan menggunakan alat peraga yang menarik seperti KIT kontekstual berbasis energi terbarukan. Penelitian ini mencoba untuk membandingkan hasil belajar keterampilan proses sains antara siswa pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 23 Pekanbaru selama bulan Oktober hingga November 2023. Populasi penelitian terdiri dari 284 siswa dari 8 kelas di kelas IX. Dengan menggunakan uji homogenitas dan normalitas dari ulangan harian materi sebelumnya, diperoleh kelas yang homogen. Selanjutnya, dengan menggunakan prosedur pengambilan kelas eksperimen, kelas kontrol, sampel dipilih acak. Penelitian ini memanfaatkan jenis eksperimen kuasi hanya menggunakan Model Posttest dari desain kelompok kontrol. Baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol diberikan posttest kemampuan proses sains, yang merupakan instrumen penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi RPP, LKPD, silabus, dan instrumen pengumpulan data. Dengan menggunakan SPSS 26, uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis digunakan untuk analisis data. Hasilnya menunjukkan bahwa kedua kelas homogen dan berdistribusi normal, dan uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan proses sains kelas eksperimen dan kelas kontrol di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Kelas eksperimen mengungguli kelas kontrol dalam keterampilan proses sains, sesuai dengan hasil analisis data.

Keywords


KIT Listrik Kontekstual Berbasis Energi Terbarukan, Keterampilan Proses Sains

Full Text:

PDF

References


Abdjul, T., & Uloli, R. (2020). Peningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Penggunaan Kit Ipa Pada Pembelajaran Fisika. Jambura Physics Journal, 1(2), 65–77. https://doi.org/10.34312/jpj.v1i2.5382

Ayu, S., Pinatih, C., Kt, D. B., & Semara, N. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. 5(1), 115–121.

Basri, D. A., Amin, B. D., & Yani, A. (2019). IMPLEMENTASI SIMULASI PhET ( PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY ) DAN KIT IPA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 6 PINRANG. 2014, 31–42.

Dewi, V. P., Doyan, A., & Soeprianto, H. (2017). Pengaruh Model Penemuan Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v3i1.102

Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. 6(6), 9508–9516.

Fajri, N., & Mirsal, M. (2021). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1. https://doi.org/10.31958/atjpi.v2i1.3289

Faradina, F. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Motivasi Belajar Fisika dan Keterampilan Proses Sauns Peserta Didik SMA Negeri 3.

H. Nurul, H. Ahmad, S. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Dengan Pendekatan Saintifik Dan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/10.29303/jppipa.v3i2.95

Harlen. (2010). Assessment in Education : Principles , Policy & Practice Purposes and Procedures for Assessing Science Process Skills. Asessment in Education, December 2014, 37–41. https://doi.org/10.1080/09695949993044

Hasyim, F. (2018). Mengukur Kemampuan Berpikir Analitis Dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Fisika Stkip Al Hikmah Surabaya Measuring Pre-Service Physics Teachers’ Analytical Thinking Ability and Science Process Skills of Stkip Al Hikmah Surabaya. Jurnal Pendidikan Ipa Veteran, 2(1), 80–89.

Hernawati, D., Amin, M., Irawati, M. H., Indriwati, S. E., & Omar, N. (2018). The effectiveness of scientific approach using encyclopedia as learning materials in improving students’ science process skills in science. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(3), 266–272. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i3.14459

Inayah, A. D., Ristanto, R. H., Sigit, D. V., & Miarsyah, M. (2020). Analysis of science process skills in senior high school students. Universal Journal of Educational Research, 8(4 A), 15–22. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081803

Indihartati, S. (2022). Efektivitas Media Laboratorium Virtual Pada Pembelajaran Fisika Di Era Pandemi Covid-19 Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(1), 80–87. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v2i1.129

Maharani, R. J. P., Taufik, M., Ayub, S., & Rokhmat, J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Bantuan Media Tiga Dimensi Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 113. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.326

Maulina, R. N., & Kustijono, R. (2017). Efektifitas pembelajaran fisika berbantuan media virtual PhET disamping pelaksanaan lab riil untuk melatihkan keterampilan proses sains. Seminarnasionalfisika(Snf)2017, November, 65–69.

Mitri. (2006). Dasar-dasar Pendidikan Mipa. Cendekia Insani.

Nisaa, A., Mu, A., & Sara, K. (2022). The Effectiveness of Using Virtual Laboratories Based on Integrated Science Process Skills Zoom Meeting to Increase Understanding of Students Physics Concepts During the Covid-19 Pandemic. 8(5), 2235–2240. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i5.2073

Nurhayati, Qondias, D. (2023). EFEKTIVITAS VIDEO ANIMASI SETTING INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. 9(2), 547–558.

Prasetiyo, H. B. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sdn 1 Gondosuli. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 1(2). https://doi.org/10.29100/eduproxima.v1i2.1109

Ramadhani., Akmam., D. (2019). ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA BUKU TEKS PELAJARAN FISIKA SMA KELAS XI SEMESTER 1 Putri Rasti Ramadhani 1) Akmam 2) Desnita 2) Yenni Darvina 2) 1). Physics Education, 12(4), 649–656.

Restiana, S., Agustina, R., Rahman, J., Ananda, R., & Witarsa, R. (2022). Standar Proses Pendidikan Nasional: Implementasi dan Analisis terhadap Komponen Guru Matematika di SD Muhammadiyah 027 Batubelah. Masaliq, 2(4), 489–504. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i4.444

Said, R. (2004). Penggunaan KIT IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Pesawat Sederhana di Kelas V SDN Potil Pololoba Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Kepulauan. 1, 1–14.

Sakdiah, H., Ginting, F. W., Rejeki, N. S., & Miranda, A. (2022). Pembelajaran STEAM Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau dari Sikap Ilmiah Mahasiswa pada Mata Kuliah Kajian Fisika Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(5), 2531–2536. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i5.2313

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Alfabeta.

Suhartini, S. (2021). Upaya Meningkatkan Belajar IPA Tentang Gaya Magnet Melalui Penerapan Kegiatan Praktik KIT-IPA Pada Siswa Kelas V SDN Sumberbendo 02 Tahun Pelajaran 2019/2020. Educatif Journal of Education Research, 3(1), 122–130. https://doi.org/10.36654/educatif.v3i1.64

Sutisna, E., Novita, L., & Iskandar, M. I. (2020). Jurnal Ilmiah Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 04(01), 01–06.

Wahono, S. J., & Sukir, S. (2020). Pengembangan Trainer Kit Instalasi Penerangan Listrik Dengan Pelengkap Sensor Di Smk Negeri 1 Sedayu. Jurnal Edukasi Elektro, 4(2), 158–164. https://doi.org/10.21831/jee.v4i2.35829

Wibowo, A. T., & Marzuqi, A. (2022). PENGEMBANGAN KIT OPTIK SEBAGAI MEDIA PRAKTIKUM CAHAYA DAN OPTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN. 6(1), 26–36.

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614

Zulirfan, Z., Yennita, Y., Rahmad, M., & Purnama, A. (2021). Desain dan Konstruksi Prototype KIT Proyek STEM Sebagai Media Pembelajaran IPA SMP Secara Daring pada Topik Aplikasi Listrik Dinamis. 4(1), 40–49.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.54734

Article Metrics

Abstract view : 42 times
PDF - 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Rahmi Delviandri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
slot gacor slot