Cover Image

ANALISIS ASPEK KOGNITIF DAN NON-KOGNITIF MELALUI IMPLEMENTASI ASESMEN DIAGNOSTIK PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS VIII SMP NEGERI 25 PEKANBARU

Amrina Yusra Yusra, Zulhelmi Zulhelmi, Mitri Irianti, Dina Syaflita

Abstract


Pembaharuan kurikulum menjadi tantangan baru di ranah pendidikan untuk mampu menciptakan karakteristik siswa berdasarkan proses evaluasi belajar mengajar di kelas. Dampak pembaharuan dapat dilihat berdasarkan ada tidaknya kegiatan stimulus sebelum memasuki pembelajaran. Kurikulum merdeka memungkinkan guru untuk berfokus pada kemampuan dan karakteristik siswa saat menerapkan kurikulum yang disesuaikan dengan bakat dan minat siswa. Penelitian dilakukan dari November hingga Desember 2023 di SMP Negeri 25 Pekanbaru, yang melibatkan 193 siswa di kelas VIII, yang melakukan asesmen diagnostik pada materi pesawat sederhana untuk mengetahui kemampuan kognitif dan sikap belajar siswa. Metode sampel proporsional random digunakan untuk pengambilan sampel. Berdasarkan hasil perhitungan sampel menggunakan rumus Slovin dengan kepercayaan 90% dan taraf kesalahan 10%, sampel sebanyak 66 siswa diambil. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei. Instrumen penelitian terdiri dari tes kognitif dengan model soal pilihan ganda sebanyak 15 butir soal pada materi pesawat sederhana dan tes non-kognitif dengan model angket sikap belajar sebanyak 25 butir pernyataan yang diberikan kepada siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penelitian bermanfaat sebagai pedoman dalam penerapan asesmen diagnostik serta dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan non-kognitif siswa pada materi pesawat sederhana di kelas VIII.

Keywords


Asesmen Diagnostik, Aspek Kognitif, Aspek Non-Kognitif, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Barcelona, A. B. (2020). An analytic hierarchy process for quality action researches in education. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(3), 517–523. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i3.20626

Ermiyanto, E., B.S, I. A., & Ilyas, A. (2023). Asesmen Diagnostik Gaya Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 4 Padang Panjang. Manazhim, 5(1), 166–177. https://doi.org/10.36088/manazhim.v5i1.2845

Farina, D. (2019). Efektivitas Model Learning Cycle 7E dalam Pembelajaran Fisika Untuk Mengurangi Kesalahan Konsep Fisika Siswa Kelas X Pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi. Universitas Lampung Negeri Raden Intan. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/7564/1/Skripsi Full.pdf

Fakhriyah, F., & Masfuah, S. (2021). The Development of a Four Tier-Based Diagnostic Test Diagnostic Assessment on Science Concept Course. Journal of Physics: Conference Series, 1842(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1842/1/012069

Hasanuddin, M. I. (2020). Pengetahuan Awal (Prior Knowledge) : Konsep Dan Implikasi Dalam Pembelajaran. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(2), 217–232. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Haug, B. S., & Mork, S. M. (2021). Taking 21st century skills from vision to classroom: What teachers highlight as supportive professional development in the light of new demands from educational reforms. Teaching and Teacher Education, 100, 103286. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103286

Huda, T. A. (2021). Kemampuan Awal Peserta Didik Dalam Menentukan Minat dan Bakat. Elsevier.

Istiyono, E. (2022). Diagnostic Tests as an Important Pillar in Today’s Physics Learning: Four-tier Diagnostic Test a Comprehensive Diagnostic Test Solution. Journal of Physics: Conference Series, 2392(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2392/1/012001

Kadir, F., Permana, I., & Qalby, N. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika Sma Pgri Maros. Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA, 3(1), 91–95. https://doi.org/10.46918/karst.v3i1.538

Lendeon, G. R., & Poluakan, C. (2022). SCIENING: Science Learning Journal. Science Learning Journal, 3(1), 14–21.

Li, L., Huang, F., Chen, S., Pan, L., Zeng, W., & Wu, X. (2020). Exploring the curriculum development in content and language integrated learning: A systematic review. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(4), 1102–1113 .https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20705

Lingga, A. M., Kantun, S., & Kartini, T. (2018). Penerapan Model Learning Cycle 7e Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Jember Kompetensi Dasar Jurnal Khusus Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018). Jurnal Edukasi, 5(1), 35–39.

Listanti, F., & Imami, A. I. (2023). Analisis Self-Concept Matematis Siswa SMP Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika Analysis of the Mathematical Self-Concept of Junior High School Students on Mathematics Learning Outcomes. Matematis Siswa SMP Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika (2022), 399.

Martanti, N., Malika, E. R., & Setyaningsih, A. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimen Virtual Menggunakan PhET Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 5(1), 83–92.

Masfuah, S., & Fakhriyah, F. (2021). Profile of student misconceptions: Limited scale trial of diagnostic assessment development based on science literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1918(5). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/5/052080

Mayasari, H., & Br. Ginting, A. A. (2023). Analisis Sikap Belajar Siswa Terhadap Pelajaran Fisika di SMA. Schrödinger: Journal of Physics Education, 3(4), 82–85. https://doi.org/10.37251/sjpe.v3i4.513

Muawannah. (2020). Tipe Hasil Belajar. Repository.Iainkudus.Ac.Id, 1(69), 5–24. Retrieved from http://repository.iainkudus.ac.id/3814/5/5. BAB II.pdf

Nabilah, M., Sitompul, S. S., & Hamdani, H. (2020). Analisis Kemampuan Kognitif Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Momentum Dan Impuls. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 1. https://doi.org/10.26418/jippf.v1i1.41876

Rahayu, R. (2022). Implementasi Teori Pembelajaran Konstruktivistik Di Sekolah Dasar. Pendidikan Nilai Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah, II(3), 1–8. Retrieved from http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7061

Rahman, K., & Ririen, D. (2023). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Implementasi Asesmen Diagnostik Non Kognitif dalam Kebijakan Sekolah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5), 1815–1823.

Sari, I. K. W., & Wulandari, R. (2020). Analisis kemampuan kognitif dalam pembelajan IPA SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 145–152.

Silseth, K., & Erstad, O. (2022). Exploring opportunities, complexities, and tensions when invoking students’ everyday experiences as resources in educational activities. Teaching and Teacher Education, 112, 103633. https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.103633

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif R&D (Cetakan Ke-29). Bandung: Alfabeta.

Supriyadi, S., Lia, R. M., Rusilowati, A., Isnaeni, W., Susilaningsih, E., & Suraji, S. (2022). Penyusunan Instrumen Asesmen Diagnostik untuk Persiapan Kurikulum Merdeka. Journal of Community Empowerment, 2(2), 67–73. https://doi.org/10.15294/jce.v2i2.61886

Suryanti, T. (2018). Pengembangan tes diagnostik kognitif mata pelajaran IPA di sekolah menengah pertama. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(2), 165. https://doi.org/10.30738/wd.v6i2.3396

Suseno, I. (2019). Analisis Sikap Belajar Siswa terhadap Hasil Tes Matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 0812(80), 539–546.

Syam Fuadil, M. (2023). Pelaksanaan Asesment Diagnostik Non-Kognitif: Gaya Belajar di SMPN 1 Batusangkar. Pedagogik Jurnal Pendidikan, 18, 1–7.

Tasya, N., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomedika, 660–662.

Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan (Cet. 1). Jakarta: Bumi Aksara. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Wahyuni, H. S. (2023). Efektivitas Pemberian Asesmen Diagnostik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Ekologi pada Siswa Kelas 7C SMPN 1 Jabung Semester 2 Tahun. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan, 3(56), 265–272.

Zulkarnain, I. (2019). Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 11(2), 88–94. https://doi.org/10.37640/jip.v11i2.94




DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.55237

Article Metrics

Abstract view : 40 times
PDF - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Amrina Yusra Yusra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
slot gacor slot