ANALISIS ASPEK KOGNITIF DAN NON-KOGNITIF MELALUI IMPLEMENTASI ASESMEN DIAGNOSTIK PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS VIII SMP NEGERI 25 PEKANBARU

Authors

  • Amrina Yusra Yusra Universitas Riau
  • Zulhelmi Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Riau
  • Mitri Irianti Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Riau
  • Dina Syaflita Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.55237

Keywords:

Diagnostic Assessment, Cognitive Aspects, Non-Cognitive Aspects, Merdeka Curriculum

Abstract

Pembaharuan kurikulum menjadi tantangan baru di ranah pendidikan untuk mampu menciptakan karakteristik siswa berdasarkan proses evaluasi belajar mengajar di kelas. Dampak pembaharuan dapat dilihat berdasarkan ada tidaknya kegiatan stimulus sebelum memasuki pembelajaran. Kurikulum merdeka memungkinkan guru untuk berfokus pada kemampuan dan karakteristik siswa saat menerapkan kurikulum yang disesuaikan dengan bakat dan minat siswa. Penelitian dilakukan dari November hingga Desember 2023 di SMP Negeri 25 Pekanbaru, yang melibatkan 193 siswa di kelas VIII, yang melakukan asesmen diagnostik pada materi pesawat sederhana untuk mengetahui kemampuan kognitif dan sikap belajar siswa. Metode sampel proporsional random digunakan untuk pengambilan sampel. Berdasarkan hasil perhitungan sampel menggunakan rumus Slovin dengan kepercayaan 90% dan taraf kesalahan 10%, sampel sebanyak 66 siswa diambil. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei. Instrumen penelitian terdiri dari tes kognitif dengan model soal pilihan ganda sebanyak 15 butir soal pada materi pesawat sederhana dan tes non-kognitif dengan model angket sikap belajar sebanyak 25 butir pernyataan yang diberikan kepada siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penelitian bermanfaat sebagai pedoman dalam penerapan asesmen diagnostik serta dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan non-kognitif siswa pada materi pesawat sederhana di kelas VIII.

Author Biography

Amrina Yusra Yusra, Universitas Riau

Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

References

Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Ermiyanto, E., B.S, I. A., & Ilyas, A. (2023). Asesmen Diagnostik Gaya Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 4 Padang Panjang. Manazhim, 5(1), 166“177. https://doi.org/10.36088/manazhim.v5i1.2845

Farina, D. (2019). Efektivitas Model Learning Cycle 7E dalam Pembelajaran Fisika Untuk Mengurangi Kesalahan Konsep Fisika Siswa Kelas X Pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi. Universitas Lampung Negeri Raden Intan. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/7564/1/Skripsi Full.pdf

Hasanuddin, M. I. (2020). Pengetahuan Awal (Prior Knowledge) : Konsep Dan Implikasi Dalam Pembelajaran. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(2), 217“232. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Huda, T. A. (2021). Kemampuan Awal Peserta Didik Dalam Menentukan Minat dan Bakat. Elsevier.

Kadir, F., Permana, I., & Qalby, N. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika Sma Pgri Maros. Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA, 3(1), 91“95. https://doi.org/10.46918/karst.v3i1.538

Lingga, A. M., Kantun, S., & Kartini, T. (2018). Penerapan Model Learning Cycle 7e Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Jember Kompetensi Dasar Jurnal Khusus Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018). Jurnal Edukasi, 5(1), 35“39.

Listanti, F., & Imami, A. I. (2023). Analisis Self-Concept Matematis Siswa SMP Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika Analysis of the Mathematical Self-Concept of Junior High School Students on Mathematics Learning Outcomes. Matematis Siswa SMP Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika (2022), 399.

Martanti, N., Malika, E. R., & Setyaningsih, A. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimen Virtual Menggunakan PhET Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 5(1), 83“92.

Mayasari, H., & Br. Ginting, A. A. (2023). Analisis Sikap Belajar Siswa Terhadap Pelajaran Fisika di SMA. Schrödinger: Journal of Physics Education, 3(4), 82“85. https://doi.org/10.37251/sjpe.v3i4.513

Muawannah. (2020). Tipe Hasil Belajar. Repository.Iainkudus.Ac.Id, 1(69), 5“24. Retrieved from http://repository.iainkudus.ac.id/3814/5/5. BAB II.pdf

Rahayu, R. (2022). Implementasi Teori Pembelajaran Konstruktivistik Di Sekolah Dasar. Pendidikan Nilai Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah, II(3), 1“8. Retrieved from http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7061

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif R&D (Cetakan Ke-29). Bandung: Alfabeta.

Suseno, I. (2019). Analisis Sikap Belajar Siswa terhadap Hasil Tes Matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 0812(80), 539“546.

Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan (Cet. 1). Jakarta: Bumi Aksara. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Downloads

Published

2025-04-20

How to Cite

Yusra, A. Y., Zulhelmi, Irianti, M., & Syaflita, D. (2025). ANALISIS ASPEK KOGNITIF DAN NON-KOGNITIF MELALUI IMPLEMENTASI ASESMEN DIAGNOSTIK PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS VIII SMP NEGERI 25 PEKANBARU. Jurnal Pendidikan Fisika, 13(2), 148–154. https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.55237

Issue

Section

Jurnal Pendidikan Fisika Volume 13//No.2//Desember 2024