Cover Image

PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES LITERASI DAN NUMERASI DALAM KONTEKS SOSIAL DAN BUDAYA PADA MATERI MEKANIKA DI SMA/MA

Aditya Putra Sanjaya, Derlina Derlina, Ridwan Abdullah Sani

Abstract


Literasi dan numerasi termasuk kemampuan esensial dan mendasar dengan berfokus pada kemampuan berpikir logis-sistematis, bernalar dan kemampuan untuk melakukan pengolahan data dengan cermat dan tepat. Faktanya kemampuan siswa belum digali dan dikembangkan secara maksimal pada diri siswa, maka tujuan penelitian ini untuk mengembangkan instrumen tes literasi dan numerasi dalam konteks sosial dan budaya pada materi mekanika yang memenuhi kualitas kelayakan tes yang baik meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan respon siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D menggunakan model pengembangan 4D yang mencakup tahap pendefinisian, perancaangan, pengembangan dan penyebaran. Subjek penelitian yaitu siswa Fase F kelas XI-1, XI-2 dan XI-3  terdiri dari 90 orang. Berdasarkan uji kelompok besar diperoleh sebanyak 30 butir soal tergolong dalam kategori valid dan layak. Reliabilitas tes berada pada kategori tinggi dengan nilai yang menunjukkan rentang yang memadai. Tingkat kesukaran soal berada pada kategori sedang, sementara daya pembeda soal termasuk dalam kategori cukup. Respon peserta didik terhadap tes menunjukkan hasil yang positif. Penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen tes yang dikembangkan layak dan efektif untuk mengukur kemampuan literasi dan numerasi siswa pada materi mekanika


Keywords


Instrumen Tes, Literasi dan Numerasi, Sosial dan Budaya, Mekanika

Full Text:

PDF

References


Andrade, C. (2020). Sample Size and its Importance in Research. Indian Journal of Psychological Medicine, 42(1), 102–103.

Antoni, A. M., Hidayat, F., & Khatimah, H. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing pada Mata Pelajaran Fisika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 11. https://doi.org/10.24114/jpf.v12i1.29361

Ayani, N. I., Sundari, P. D., & Hidayati, H. (2023). Desain E-Modul Fisika Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) Berbantuan Computer-Assisted Feedback pada Materi Dinamika Partikel. Jurnal Pendidikan Fisika, 12(1), 59. https://doi.org/10.24114/jpf.v12i1.46342

Cahyanovianty, A. D. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1439–1448. https://doi.org/10.24114/jpf.v12i1.50214

Derlina, Aisyah, Bukit, N., Sahyar, & Hassan, A. (2020). Blended Learning in English and English-Medium Physics Classes Using Augmented Reality, Edmodo, and Tinkercad Media. TESOL International Journal, 15(3), 112–134. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ1329502

Derlina, & Sitepu, J. E. (2018). Efek Model Problem-Based Learning terhadap Peningkatan Literasi Sains Siswa pada Materi Pokok Momentum, Impuls, dan Tumbukan di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam T.A. 2017/2018. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 6(3), 25. https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i3.11117

Dewi, R. A. T. F., Sariyasa, S., & Putrayasa, I. D. (2020). Pengembangan instrumen kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar pada pembelajaran matematika siswa kelas V SD. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 79–92.

Hidayat, S. R., Setyadin, A. H., Hermawan, H., Kaniawati, I., Suhendi, E., Siahaan, P., & Samsudin, A. (2017). Pengembangan instrumen tes keterampilan pemecahan masalah pada materi getaran, gelombang, dan bunyi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 157–166. https://doi.org/10.21009/1.03206

Hikmawati, F. (2022). Metodologi penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Kemendikbud. (2020). AKM dan implikasinya pada pembelajaran. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran. Retrieved from https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm/file_akm2.pdf

Kemendikbudristek. (2021). Pengembangan instrumen penilaian berbasis literasi numerasi. Jakarta: Direktorat Sekolah Menengah Atas. Retrieved from http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25169

Kurniasi, R. E., Hevitria, H., Fauziani, M., & Safitri, I. (2023). Pengembangan soal literasi numerasi konteks budaya Bangka bagi siswa SD. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 8(2), 21–29.

Kurniawati, L., & Sugiharto, S. (2022). Gerakan literasi dan kearifan lokal (Gelas Rifal) untuk menyiapkan generasi emas Indonesia tahun 2045. Proceeding International Conference on Educational Leadership and Management, 2. https://myjms.mohe.gov.my/index.php/icelam/article/view/17222

Mardliya, S., Abdurachman, F., & Hartono, H. (2017, October). Pengembangan instrumen penilaian keterampilan proses sains dasar mata pelajaran kimia pada kompetensi dasar. Seminar Nasional Pendidikan IPA, 1(1), 327–337.

Marpaung, R., & Derlina. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa dengan menerapkan model pembelajaran inquiry training dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 37. https://doi.org/10.24114/jpf.v12i1.9559

Monica, S. S., Pamugkas, A. S., & Jaenudin, J. (2022). Instrumen literasi matematika model PISA dengan konteks budaya Baduy pada tingkat SMP. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1459–1470. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3839

Muttaqin, M. Z., & Kusaeri, K. (2017). Pengembangan instrumen penilaian tes tertulis bentuk uraian untuk pembelajaran PAI berbasis masalah materi fiqh. Jurnal Tatsqif (Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan), 15(1), 1–23.

Nasution, D., Harahap, P. S., & Harahap, M. (2018). Development instrument’s learning of physics through scientific inquiry model based Batak culture to improve science process skill and student’s curiosity. Journal of Physics: Conference Series, 970(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/970/1/012009

OECD. (2019). PISA 2018: Result combined executive summaries. PISA-OECD Publishing. Retrieved from www.oecd.org/about/publishing/corrigenda.htm

Pakpahan, S. H., Sani, R. A., & Derlina. (2023). Development of a science e-book oriented by minimum competency assessment (AKM) to improve junior high school students’ literacy. Jurnal Pendidikan Fisika, 12(1), 158. https://doi.org/10.24114/jpf.v12i1.43340

Panggabean, D. D., Rajagukguk, M. H., Goni, F. P. K., Sitinjak, M. C. A., Simanihuruk, R. T., & Rangkuti, Y. L. (2022). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan high order thinking skills siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(1), 33. https://doi.org/10.24114/jpf.v11i1.30200

Pavitola, L., Latsone, L., & Usca, S. (2023). The transformation of educational values via cultural offerings in the context of teacher education. Social Sciences, 13(4), 1–11.

Piper, B., Zuilkowski, S., Dubeck, M., Jepkemei, E., & King, S. (2018). Identifying the essential ingredients to literacy and numeracy improvement: Coaching, teacher professional development, improved books, and teachers’ guides. World Development, 106, 324–336. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2018.01.018

Putri, N. A., Z., F., & Fauza, N. (2023). Validitas dan reliabilitas butir soal berbasis kemampuan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan Fisika, 12(1), 28. https://doi.org/10.24114/jpf.v12i1.42833

Sani, R. A. (2021). Pembelajaran berorientasi AKM: Asesmen Kompetensi Minimum. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Simanjuntak, M. P., Simatupang, H., Hardinata, A., Manurung, G. A., & Octavia, S. C. (2023). Literasi sains dengan pembelajaran IPA berbasis proyek terintegrasi STEM. Jurnal Pendidikan Fisika, 12(1), 35. https://doi.org/10.24114/jpf.v12i1.45733

Siregar, P. (2022). Pelaksanaan pembelajaran literasi numerasi pada siswa kelas 5B SD Negeri 101880 Aek Godang Padang Lawas Utara. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 366. https://doi.org/10.35931/am.v6i2.944

Srijayanti, P., & Derlina. (2020). Ethnophysical integration in cooperative learning based on Javanese culture to improve generic science skills and student self-efficacy. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 30–34. https://doi.org/10.24114/jpf.v12i1.14058

Sudijono, A. (2008). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Susanti, N. A., Sarwi, & Aji, M. P. (2023). Development of literacy numeracy assessment instrument of electromagnetic induction. Physics Communication Journal, 7(2), 43–53.

Sutria, Y., Sirait, S. A., & Utami, A. K. (2023). Meta analisis efektivitas model PJBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif pada pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 12(1), 52. https://doi.org/10.24114/jpf.v12i1.45636

Tanjung, Y. I., & Bakar, A. (2019). Development of physical test instruments based on the conceptual knowledge dimension of the revision Bloom taxonomy. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 141–148.

Tanjung, Y. I., Wulandari, T., Festiyed, F., Yerimadesi, Y., & Ahda, Y. (2023). Development analysis of creative thinking test instruments on natural science materials. Jurnal Pendidikan Fisika, 12(1), 22. https://doi.org/10.24114/jpf.v12i1.43340

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Indiana Univ., Bloomington: Center for Innovation in Teaching the Handicapped.

Windisch, H. (2015). Adults with low literacy and numeracy skills: A literature review on policy intervention. OECD Education Working Papers (No. 123), OECD Publishing.

Wulandari, D., Roza, D., Rangkuti, M. A., Tanjung, Y. I., & Ramadhani, I. (2023). The level understanding of thermodynamic concept for physics and chemistry undergraduate students. Jurnal Pendidikan Fisika, 12(1), 1. https://doi.org/10.24114/jpf.v12i1.42330

Zumbo, B. D., & Chan, E. K. H. (2014). Validity and validation in social, behavioral, and health sciences. Springer.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.56296

Article Metrics

Abstract view : 10 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Aditya Putra Sanjaya, Derlina Derlina Derlina, Ridwan Abdullah Sani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
slot gacor slot