PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afiesta, A. A., Syam, M., & Qadar, R. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Negeri 9 Samarinda Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(2), 82–94. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.623
Anggriani, B. L. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning melalui Eksperimen terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMAN 4 Mataram pada Materi Gelombang Mekanik Tahun Pelajaran 2018/2019.
Anjani, D., & Roni Hamdani, A. (2018). Penggunaan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 243–278. https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.74
Astuti, T. I., Idrus, I., & Yennita. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Biologi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 5–9. https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i3.2041
Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugrahaeni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 69–77.
Collins, R. (2014). Skills for the 21st Century: Teaching Higher-Order Thinking. Http://Www. Curriculum. Edu. Au/Leader/Teaching_Higher_Order_Thinking, 374(14), 31.
Ennis, R. (1991). Critical Thinking: A Streamlined Conception. Teaching Philosophy, 14(1), 5–24.
Ennis, R. H. (1985). A Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skills. Educational Leadership, 45–48.
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Unpublished.[online] URL: http://www. physics. indiana. edu/~ sdi/AnalyzingChange-Gain. pdf, 16(7), 1073–1080. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22025883%5Cnhttp://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:ANALYZING+CHANGE/GAIN+SCORES#0%5Cnhttp://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:Analyzing+change/gain+scores#0
Harahap, E. J., Fadieny, N., & Safriana, S. (2023). Analisis Penerapan Model Discovery pada Materi Fisika dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tahun 2020-2022. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 3(2), 239. https://doi.org/10.52434/jpif.v3i2.2810
Hidayat, T., Mawardi, & Astuti, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV melalui Model Pembelaran Discovery Learning pada Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku. Jurnal Pendidikan unsika, 7(1), 1–9. http://journal.unsika.ac.id/index.php/judika
Laeni, S., Zulkarnaen, Z., & Efwinda, S. (2022). Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 13 Samarinda Materi Impuls dan Momentum. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(2), 105–115. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.935
Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis & PBL (Problem Based Learning) (N. Azizah (ed.)). Surabaya: Penerbit Media Sahabat Cendekia. https://books.google.co.id/books?id=bvqtDwAAQBAJ&lpg=PP1&pg=PR2#v=onepage&q&f=false
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura:Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.
Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusa, 4(3), 2191.
Maubana, W. M., & Sakbana, R. S. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning dan PjBL terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Diffraction, 2(2), 80–85. https://doi.org/10.37058/diffraction.v2i2.2432
Nurmalasari, M. (2018). Modul Statistik Inferensial. Universitas Esa Unggul, 2(Mik 411), 1–16. https://lms-paralel.esaunggul.ac.id/pluginfile.php?file=/44909/mod_resource/content/2/Modul2+MIK411+Uji+T-Dependen.pdf
OECD. (2023). Equity in education in PISA 2022. In PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in education (Vol. 1). https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-results-volume-i_03c74bdd-en
Pertiwi, I. S., Marpaung, R. R. T., & Yolida, B. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 3(8), 98–106.
Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645
Putranto, J. A. A., Marpaung, R. R. T., & Yolida, B. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 3(10), 1–9. https://doi.org/10.2307/3615019
Putri, R. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa berbantuan LKS secara Online pada Materi Kalor dan perpindahannya. Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya.
Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan hasil Belajar IPA Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 371–380.
Ruhana, B. A., Meiliyadi, L. A. D., & Zaini, M. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 6(1), 1. https://doi.org/10.29103/relativitas.v6i1.10375
Sari, P. P., Syarifah, S., Oktiansyah, R., Habisukan, U. H., & Asnilawati, A. (2020). Pengembangan Booklet sebagai Media Ajar pada Materi Sistem Ekskresi di Kelas XI MA / SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2020, 105–109.
Sestiya, S., Habisukan, U. H., Aini, K., Tastin, T., & Hapida, Y. (2020). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2020 Pengembangan Modul sebagai Media Pembelajaran Biologi pada Materi Eubacteria Di Sma/Ma. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2020, 83–89. http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/semnaspbio
Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya (6 ed.). Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking.
Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Uci A.Nababan, L., Azhari Zulmi, M., Jesica Sihombing, M., & Putrini R Harahap, S. (2023). Meta Analisis Pengaruh Model Discovery Learning pada Mata Pelajaran Fisika terhadap Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan (INTERN ), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.58466/intern.v2i1.1157
Wechsler, S. M., Saiz, C., Rivas, S. F., Vendramini, C. M. M., Almeida, L. S., Mundim, M. C., & Franco, A. (2018). Creative and critical thinking: Independent or overlapping components? Thinking Skills and Creativity, 27(January 2017), 114–122. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.12.003
DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.60572
Article Metrics
Abstract view : 25 timesPDF - 8 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nazwa Nazila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.