Cover Image

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Nazwa Nazila, Iyon Suyana, Heni Rusnayati

Abstract


Pada abad ke-21 peserta didik diharuskan menguasai empat kompetensi dan salah satunya merupakan keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis perlu dilatihkan dalam berbagai bidang pelajaran, salah satunya sains. Akan tetapi, pada tahun 2022 hasil tes Programme for International Student Assessment (PISA) yang diikuti 81 negara menunjukkan bahwa nilai sains peserta didik Indonesia masih berada di bawah nilai rata-rata sains secara keseluruhan. Oleh karena itu, perlu adanya usaha dalam peningkatan keterampilan berpikir kritis menggunakan model pembelajaran yang tepat. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif dengan metode pre-eksperimental one group pretest-postest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling yang berjumlah 34 peserta didik kelas XI SMA dengan instrumen yang digunakan yaitu tes berjumlah 10 butir soal uraian. Teknik analisis yang digunakan adalah uji Wilcoxon dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh berupa peningkatan keterampilan berpikir kritis setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning sebesar 0,64 masuk kategori sedang. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan praktisi dan akademisi tentang model pembelajaran discovery learning dan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Keywords


Pengaruh, Discovery Learning, Keterampilan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Afiesta, A. A., Syam, M., & Qadar, R. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Negeri 9 Samarinda Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(2), 82–94. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.623

Anggriani, B. L. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning melalui Eksperimen terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMAN 4 Mataram pada Materi Gelombang Mekanik Tahun Pelajaran 2018/2019.

Anjani, D., & Roni Hamdani, A. (2018). Penggunaan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 243–278. https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.74

Astuti, T. I., Idrus, I., & Yennita. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Biologi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 5–9. https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i3.2041

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugrahaeni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 69–77.

Collins, R. (2014). Skills for the 21st Century: Teaching Higher-Order Thinking. Http://Www. Curriculum. Edu. Au/Leader/Teaching_Higher_Order_Thinking, 374(14), 31.

Ennis, R. (1991). Critical Thinking: A Streamlined Conception. Teaching Philosophy, 14(1), 5–24.

Ennis, R. H. (1985). A Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skills. Educational Leadership, 45–48.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Unpublished.[online] URL: http://www. physics. indiana. edu/~ sdi/AnalyzingChange-Gain. pdf, 16(7), 1073–1080. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22025883%5Cnhttp://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:ANALYZING+CHANGE/GAIN+SCORES#0%5Cnhttp://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:Analyzing+change/gain+scores#0

Harahap, E. J., Fadieny, N., & Safriana, S. (2023). Analisis Penerapan Model Discovery pada Materi Fisika dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tahun 2020-2022. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 3(2), 239. https://doi.org/10.52434/jpif.v3i2.2810

Hidayat, T., Mawardi, & Astuti, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV melalui Model Pembelaran Discovery Learning pada Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku. Jurnal Pendidikan unsika, 7(1), 1–9. http://journal.unsika.ac.id/index.php/judika

Laeni, S., Zulkarnaen, Z., & Efwinda, S. (2022). Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 13 Samarinda Materi Impuls dan Momentum. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(2), 105–115. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.935

Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis & PBL (Problem Based Learning) (N. Azizah (ed.)). Surabaya: Penerbit Media Sahabat Cendekia. https://books.google.co.id/books?id=bvqtDwAAQBAJ&lpg=PP1&pg=PR2#v=onepage&q&f=false

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura:Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.

Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusa, 4(3), 2191.

Maubana, W. M., & Sakbana, R. S. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning dan PjBL terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Diffraction, 2(2), 80–85. https://doi.org/10.37058/diffraction.v2i2.2432

Nurmalasari, M. (2018). Modul Statistik Inferensial. Universitas Esa Unggul, 2(Mik 411), 1–16. https://lms-paralel.esaunggul.ac.id/pluginfile.php?file=/44909/mod_resource/content/2/Modul2+MIK411+Uji+T-Dependen.pdf

OECD. (2023). Equity in education in PISA 2022. In PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in education (Vol. 1). https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-results-volume-i_03c74bdd-en

Pertiwi, I. S., Marpaung, R. R. T., & Yolida, B. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 3(8), 98–106.

Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645

Putranto, J. A. A., Marpaung, R. R. T., & Yolida, B. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 3(10), 1–9. https://doi.org/10.2307/3615019

Putri, R. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa berbantuan LKS secara Online pada Materi Kalor dan perpindahannya. Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya.

Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan hasil Belajar IPA Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 371–380.

Ruhana, B. A., Meiliyadi, L. A. D., & Zaini, M. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 6(1), 1. https://doi.org/10.29103/relativitas.v6i1.10375

Sari, P. P., Syarifah, S., Oktiansyah, R., Habisukan, U. H., & Asnilawati, A. (2020). Pengembangan Booklet sebagai Media Ajar pada Materi Sistem Ekskresi di Kelas XI MA / SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2020, 105–109.

Sestiya, S., Habisukan, U. H., Aini, K., Tastin, T., & Hapida, Y. (2020). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2020 Pengembangan Modul sebagai Media Pembelajaran Biologi pada Materi Eubacteria Di Sma/Ma. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2020, 83–89. http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/semnaspbio

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya (6 ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking.

Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uci A.Nababan, L., Azhari Zulmi, M., Jesica Sihombing, M., & Putrini R Harahap, S. (2023). Meta Analisis Pengaruh Model Discovery Learning pada Mata Pelajaran Fisika terhadap Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan (INTERN ), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.58466/intern.v2i1.1157

Wechsler, S. M., Saiz, C., Rivas, S. F., Vendramini, C. M. M., Almeida, L. S., Mundim, M. C., & Franco, A. (2018). Creative and critical thinking: Independent or overlapping components? Thinking Skills and Creativity, 27(January 2017), 114–122. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.12.003




DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.60572

Article Metrics

Abstract view : 25 times
PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Nazwa Nazila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
slot gacor slot