Pengembangan Video Pembelajaran Pada Materi Usaha dan Energi Kelas X Di SMK
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpf.v14i1.60712Keywords:
Development, Videos Learning, Work and EnergyAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan video pembelajaran berbasis aplikasi Canva pada materi usaha dan energi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa di SMK Negeri 2 Palembang. Metode penelitian menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan pendekatan Research and Development (R&D). Hasil validasi oleh ahli materi, media, dan desain menunjukkan tingkat kevalidan sangat tinggi, dengan rata-rata 94,2% (materi), 93,7% (media), dan 94,2% (desain). Uji coba produk melibatkan siswa dalam dua tahap: one-to-one (3 siswa) dengan hasil 86% (sangat praktis) dan small group (10 siswa) dengan hasil 82,6% (praktis). Video ini dinilai efektif dalam mempermudah pemahaman konsep abstrak fisika, meningkatkan motivasi belajar, dan dapat diakses secara fleksibel melalui platform digital. Penelitian ini menyimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis Canva layak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif untuk materi usaha dan energi.References
Ahmad Fadillah, & Bilda, W. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177“182. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1369
Amaliyah, R., & Hakim, L. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Di SMA. 6(1), 65“74. https://doi.org/10.33369/jkf.6.1.65-74
Anggraeni, I., Faizah, & Septian, D. (2019). Pengembangan modul fisika berbasis inkuiri terbimbing materi fluida dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 2(September 2019), 86“96. http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs
Anjarwati, N., & Lubis, P. H. M. (2021). Pengembangan Lkpd Berbasis Discovery Learning Berbantuan Software Tracker Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X Materi Gerak Pendahuluan Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di tengah era revolusi industri menjadi tantangan dike. 9(2), 226“238.
Arlen, S. R., Astuti, I. A. D., Fatahillah, F., & Purwanti, P. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Aplikasi Appypie Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di SMK. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(1), 44“49. https://doi.org/10.30998/sch.v1i1.3073
Asnawati, Y., & Sutiah, S. (2023). Pengembangan Media Vidio Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Islamic Education, 9(1), 64“72. https://doi.org/10.18860/jie.v9i1.22809
Calesta, W., Lubis, P. H. M., & Sugiarti, S. (2021). Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Siswa kelas X SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 51“60. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.51-60
Cholilah, M., Gratia, A., Tatuwo, P., Rosdiana, S. P., Noor, A., Pgri, U., Buana, A., Pgri, U., Buana, A., Pgri, U., Buana, A., Pgri, U., & Buana, A. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. 01(02), 57“66. https://doi.org/10.58812/spp.v1.i02
Dewi, F. Y., Sugiarti, S., & Lefudin, L. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Sparkol Videoscribe untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa di SMA. Justek : Jurnal Sains dan Teknologi, 6(1), 69. https://doi.org/10.31764/justek.v6i1.13076
Hafizah, S. (2020). Penggunaan Dan Pengembangan Video Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 225. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2656
Hera Putri Riski, H.Riyanti, H. M. L. (2023). Pengembangan Media Interaktif Ipa Materi Gaya Magnet Dan Gaya Gravitasi Berbasis Adobe Flash Kelas Iv Sd 1hera. Pengembangan Media Interaktif Ipa Materi Gaya Magnet Dan Gaya Gravitasi Berbasis Adobe Flash Kelas IV SD, 4(1), 88“100.
Irwan, A. A., Lubis, P. H. M., & Lefudin, L. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Software Tracker Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 27. https://doi.org/10.31851/luminous.v3i1.7079
Mangelep, N. O. (2018). Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 431“440. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.331
Megalina, Y., Siegar, Y. A. M., Amelia, R., & Setia F. Sinaga. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Fisika Berbasis Saintifik Pada Materi Pokok Gelombang Mekanik Kelas XI Semester II. Jurnal Ikatan Alumni Fisika, 7(1), 1. https://doi.org/10.24114/jiaf.v7i1.18251
Novriani, S., Hakim, L., & Lefudin, L. (2021). Pengembangan E-LKPD Materi Momentum dan Impuls Berbasis Android untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 11(1), 29“44. https://doi.org/10.21580/phen.2021.11.1.7136
Nurulhidayah, M. R., Lubis, P. H. M., & Ali, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Simulasi Phet Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 95. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i1.2461
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317“327.
Ricky Yoshua, Okyranida, I. Y., & Dandan Luhur Saraswati. (2022). Schrodinger. 3(1), 72“79.
Santi, L., Lubis, P. H. M., & Kesumawati, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Siklus Air Berbasis Flipbook Digital Pada Kelas V Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6463“6476. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/9261
Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2), 78“93. https://doi.org/10.24114/kjb.v9i2.18379
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bela Lefudin Patricia H.M lubis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.