PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS VIDEO POWTOON PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI SMA KELAS XI

Authors

  • Mira Amelia Program Studi Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Medan
  • Budiman Nasution Program Studi Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.60914

Keywords:

Bahan Ajar Interaktif, Powtoon

Abstract

Pemanfaatan media pembelajaran merupakan bagian penting dari perencanaan pembelajaran di kelas. Media pembelajaran yang mengikuti perkembangan teknologi diharapkan dapat mengatasi kebosanan siswa dalam proses pembelajaran, khususnya dalam mata pelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, respon siswa terkait kepraktisan, serta keefektifan bahan ajar berbasis video Powtoon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah R&D (Research and Development) Borg and Gall Validasi oleh ahli media mendapat nilai 82%, dimana dikategorikan sebagai sangat layak, sementara validitas oleh ahli materi mencapai 97%, yang mengindikasikan kategori sangat layak. Hasil dari penilaian guru tentang bahan ajar berbasis Powtoon sebesar 81% termasuk kriteria praktis. Hasil respon siswa dari uji coba lingkup kecil terkait bahan ajar 82% dalam kriteria sangat praktis, uji coba skala besar mendapatkan nilai sebesar 81%, dan hasil uji coba lapangan menunjukkan nilai sebesar 81%, dengan kriteria praktis. Hasil dari tingkat keefektivitasan diukur dari skor pre-test sebelum menggunakan bahan ajar berbasis video Powtoon dan post-test sesudah menggunakannya. Hasil yang diperoleh hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan bahan ajar berbasis Powtoon.

References

Akmalia, R., Fajriana, F., Rohantizani, R., Nufus, H., & Wulandari, W. (2021). Development of powtoon animation learning media in improving understanding of mathematical concept. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(2), 105-116.

Anggraeni, M. D., Mucharromah, R., Taqiyya, B. Z., Fadilah, R. E., Mahardika, I. K., & Yusmar, F. (2023). Perkembangan teknologi dan komunikasi dalam pendidikan. FKIP e-PROCEEDING, 1-5.

Anjarsari, E., A, H., Irvan, M., & A, S. (2017). Spatial Intelligence on Solving Three Dimensional Geometry Object Through Project Based Learning. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention.

Burbules, N. C., Fan, G., & Repp, P. (2020). Five trends of education and technology in a sustainable future. Geography and sustainability, 1(2), 93-97.

C. T. Wardoyo. (2015). "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Di SMK Negeri 1 Purworejo,".

Sunardi, D., Sahputra, E., & Hidayah, A. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi guru SMA MUHAMMADIYAH 4 KOTA BENGKULU. JPMTT (Jurnal pengabdian masyarakat teknologi terbarukan), 1(1), 29-34.

Gatot. (2008). Pengembangan Bahan Ajar. Malang : Elang Mas.

Haisy, M. C., Astra, I. M., & Handoko, E. (2015). Pengembangan alat peraga resonansi dan efek doppler berbasis soundcard pc/laptop untuk meningkatkan motivasi belajar fisika siswa sma. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 4, pp. SNF2015-II).

Junita, W., & Adela, D. (2022). Peran Kompetensi Pedagogik dalam Mengelola Kelas terhadap Kondusifitas Belajar Siswa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 3040-3051.

Qurrotaini, L., Sari, T. W., Sundi, V. H., & Nurmalia, L. (2020, December). Efektivitas penggunaan media video berbasis powtoon dalam pembelajaran daring. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 2020).

Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan: Pemberdayaan guru, tenaga kependidikan, dan masyarakat dalam manajemen sekolah. In The Concept Meaning.

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran guru dalam mewujudkan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158-7163.

Sholikhati, N. I., & Astuti, N. (2023). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dengan Media Powtoon. ENGAGEMENT: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 78-84.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zyuro, H. S. D. N., & Komalasari, D. (2020). Analisis masalah kompetensi pedagogik guru PAUD tersertifikasi di Kecamatan Lamongan. PAUD Teratai, 9(1), 1-7.

Downloads

Published

2025-04-20

How to Cite

Amelia, M., & Nasution, B. (2025). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS VIDEO POWTOON PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI SMA KELAS XI. Jurnal Pendidikan Fisika, 13(2), 162–168. https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.60914

Issue

Section

Jurnal Pendidikan Fisika Volume 13//No.2//Desember 2024