PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alamsah, G., Sadiah, A., & Nurdianti, R. R. S. (2023). Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Word Wall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Application of the Teams Games Tournament (TGT) Cooperative Model Aided by Word Wall Media in Improving Learning Outcomes. Global Education Journal, 1(3), 219–229.
Ardana, H. P. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Mtsn 1 Pekanbaru Kelas Vii Pada Materi Perubahan Iklim. In Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (Vol. 4, Issue 1).
Arimbawa, I. G. P. A. (2021). Penerapan Wordwall Game Quis berpadukan Classroom untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 324–332. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244716
Astuti, A., & Leonard. (2015). Peran Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Formatif, 2(2), 102–110.
Atika, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Science Technology Engineering And Mathematics (Stem) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas Vii Di Mts Muhammadiyah Penyasawan Pada Materi Pemanasan Global.
Bachriani, E. N., Sukoriyanto, S., & Muksar, M. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Siswa dalam Mengerjakan Soal Cerita Statistika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 9(2), 85. https://doi.org/10.25273/jipm.v9i2.8324
Bandaso, H., Sinring, A., & Ero, P. E. L. (2023). Pengaruh pembelajaran team games tournament terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Journal Tunas Bangsa, 10(2), 105–121. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa
Dewi, V. R., Syamsuri, S., & Khaerunnisa, E. (2019). Karakteristik Motivasi Ekstrinsik Dan Intrinsik Siswa Smp Dalam Belajar Matematika. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 1(2), 116. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v1i2.7145
Fadiana, M. (2016). Perbedaan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita antara Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 1(1), 79–89. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v1i1.1775
Fajriyanti, A. N. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Tgt Berbantuan Game Edukasi Wordwall Pada Materi Pemanasan Global Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Smp.
Fanny. (2020). evektivitas pengunaan aplikasi wordwall dalam pembelajran daring {online} matetmatika pada materi bilangan cacah kelas 1 di MIN 2 Kota tanggerang selatan. In Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.
Güvendir, M. A. (2016). Students’ Extrinsic and Intrinsic Motivation Level and Its Relationship with Their Mathematics Achievement Meltem ACAR GÜVENDİR 1. International Journal for Mathematics Teaching and Learning, 17(1), 1–21.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://pubs.aip.org/aapt/ajp/article-abstract/66/1/64/1055076/Interactive-engagement-versus-traditional-methods
Hardy Wijaya. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt ( Teams Games Tournament ) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Sistem Gerak Pada Manusia.
Haryati. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran Matematika (Vol. 1).
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Istiqomah, I. I. S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Mim 10 Karang Anyar.
Krisdiana, A., Puspita, R., & Dwikoranto. (2023). Penerapan Pembelajaran Inovatif (PjBL & PBL) pada Materi Pemanasan Global terhadap Literasi Sains Peserta Didik Kelas X di SMA Negeri 1 Sooko Mojokerto. PENDIPA Journal of Science Education, 7(2), 137–142. https://doi.org/10.33369/pendipa.7.2.137-142
Kristy, D. Z. (2019). Manajemen Waktu, Dukungan Sosial, dan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMA. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 8(1), 49–54. https://doi.org/10.15294/ijgc.v8i1.27736
Mariya, L. (2016). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) Learning Cycle 7-E Materi Pemanasan Global Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24139%0Ahttp://digilib.unila.ac.id/24139/10/TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf
Nabilah, M., Sitompul, S. S., & Hamdani, H. (2020). Analisis Kemampuan Kognitif Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Momentum Dan Impuls. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 1. https://doi.org/10.26418/jippf.v1i1.41876
Nikmatin Mabsutsah, & Yushardi, Y. (2022). Analisis Kebutuhan Guru terhadap E Module Berbasis STEAM dan Kurikulum Merdeka pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 205–213. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.588
Prasetya, I. W. S., & Agustika, G. N. S. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Wordwall: Solusi Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 4(3), 163–172.
Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2020). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 177–180.
Ramadhan, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipeteams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viipada Mata Pelajaran Ips Di Smp Argopuro 1tahun Ajaran 2022/2023. In UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember (Vol. 4, Issue 1).
Rasyid, H. (2015). Membangun Generasi Melalui Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 565–581. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12345
Ribie, S., Danawan, A., & Aviyanti, L. (2023). Makalah Pendamping ISSN : 2830-4535 Implementation of Teams Games Tournaments to Improve Higher Order Thinking Skills and Student Learning Motivation in Global Warming Materials. 1–7.
Sa’adah, S., Wulandari, A. Y. R., Fikriyah, A., & Muharrami, L. K. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Materi Pemanasan Global Dengan Sola Berbasis Pendekatan Socioscientific Issues (SSI). Natural Science Education Research, 4(3), 231–241. https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.8516
Siswanto, Asriyadin, Yusiran, & Subali, B. (2017). Inquiry By Design Argumentation Activity: Melatihkan Kemampuan Kognitif Pada Pembelajaran Fisika. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 51–65.
Slavin R E. (1996). RESEARCH FOR THE FUTURE Research on Cooperative Learning and Achievement : What We Know , What We Need to Know. Contemporary Educational Psychology, 21(1), 43–69.
Suswanto, B. (2016). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Prokrastinasi Pada Siswa-Siswi Kelas Xi Smk Negeri 50 Jakarta Timur. Skripsi.
Sya’bani, Y. A., Sukidin, & Tiara. (2024). Education Journal : Journal Education Research and Development Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal Education Research and Development, 63–74. https://doi.org/
Wahyudi, D., Kurnia Rahmawati, D., Mardiani Zain, I., & Jabir. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Times Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3541–3556.
Wilcoxon, F. (1945). Individual Comparisons by Ranking Methods. Biometrics Bulletin, 1(6), 80-83. DOI:10.2307/3001968
DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.60928
Article Metrics
Abstract view : 22 timesPDF - 23 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prila Mentari Sukmadewi, Duden Saepuzaman, Duden Saepuzaman, Lina Aviyanti, Lina Aviyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.