PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

Authors

  • Prila Mentari Sukmadewi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Duden Saepuzaman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Lina Aviyanti Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.60928

Keywords:

Teams Games Tournament, Wordwall, Kemampuan Kognitif

Abstract

Kemampuan kognitif berfokus pada kemampuan berpikir yang mencakup kemampuan intelektual. Hal menjadikan kemampuan kognitif sebagai aspek penting dalam pembelajaran, terutama dalam pembelajaran fisika pada materi pemanasan global. Namun, beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif peserta didik di Indonesia masih rendah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Wordwall dalam meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik. Subjek penelitian melibatkan 29 orang peserta didik kelas X salah satu SMA di Bandung. Kelas yang dijadikan sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes kemampuan kognitif dalam bentuk esai berjumlah 7 soal yang telah divalidasi oleh ahli secara empiris. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian meliputi perhitungan N-Gain dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji non parametrik pada tingkat kepercayaan 95% (a = 0,05) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan kemampuan kognitif yaitu dengan skor <0,001. Disamping itu, skor N-Gain kemampuan kognitif peserta didik diperoleh sebesar 0,43 (kategori sedang). Menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan kognitif peserta didik signifikan dan berada pada tingkat menengah. Model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan Wordwall dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran fisika dalam meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik.

References

Alamsah, G., Sadiah, A., & Nurdianti, R. R. S. (2023). Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Word Wall dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan, 1(3), 219-229.

Fajriyanti, A. N. (2022). Efektivitas model pembelajaran TGT berbantuan game edukasi Wordwall pada materi pemanasan global terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik SMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar.

Hake, R. R. (1999). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64-74.

Hasanah, Z. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1-13

Rasyid, H. (2015). Membangun Generasi Melalui Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1): 565-581.

Ribie, S., Danawan, A., & Aviyanti, L. (2023). Implementation of Teams Games Tournaments to improve higher-order thinking skills and student learning motivation in global warming materials. Proceedings of the Seminar Nasional Pendidikan Fisika IX 2023: Cybergogi dan Masa Depan Pendidikan Fisika di Indonesia, Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas PGRI Madiun, Madiun.

Saragih, Cristo Rivaldo (2023) Upaya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas ix dengan menerapkan model kooperatif tipe teams games tournament berbantuan wordwall. Bachelor thesis, Universitas Pelita Harapan.

Siswanto, dkk. (2017). Inquiry By Design Argumentation Activity: Melatih Kemampuan Kognitif Pada Pembelajaran Fisika. Jumlah Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 51-65.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative learning: Teori, riset, dan praktik. Nusa Media.

Sya™bani, Y. A. ., Sukidin, S., & Tiara, T. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 8(1), 63“74.

Downloads

Published

2025-04-20

How to Cite

Sukmadewi, P. M., Saepuzaman, D., & Aviyanti, L. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. Jurnal Pendidikan Fisika, 13(2), 176–183. https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.60928

Issue

Section

Jurnal Pendidikan Fisika Volume 13//No.2//Desember 2024