EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA PhET TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA KULIAH FISIKA TERAPAN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfrid Sentosa, & Norsandi, D. (2022). Model Pembelajaran Efektif di Era New Normal. Jurnal Pendidikan, 23(2). https://doi.org/10.52850/jpn.v23i2.7444
Almeda Ricky, Sahyar, & Motlan. (2017). Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan PhET dan Kemampuan Kerjasama Terhadap Pengetahuan Konseptual Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2).
Bistari, B. (2018). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 1(2). https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v1i2.25082
Darmayanti, N. W. S., Wati, Dsk. Pt. A. J., Sudirman, I. Nym., & Wijaya, I. K. W. B. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbantuan LKS (Lembar Kerja Siswa) Pada Materi Kalor Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SD Kelas V. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1). https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.2152
Dewa, E. (2020). Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Simulasi PhET Dalam Pembelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional
Rekarta 2020 “Menciptakan Inovasi Pendidikan Melalui Kompetensi Pendidik Menuju Kemandirian Bangsa Di Era 5.0.”
Hamalik. (2005). Keterampilan Dasar Mengajar. Fakultas Tarbiyah.
Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1).
Lubis, R. H. (2017). The Effect of Cooperative Learning Model Group Investigation Against Student Learning Outcomes Physics Viewed from The Adversity Quotient. Jurnal Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.22611/jpf.v6i1.6344
Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Deepublish.
Nurhikmah, A., Madianti, H. P., Azzahra, P. A., & Marini, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Game Educandy Untuk Meningkatkan Karakter Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(3).
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1).
Ramadani, A. N., Kirana, K. C., Astuti, U., & Marini, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Dunia Pendidikan (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(6), 749–756.
Sutria, Y. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Visual Terhadap Pengetahuan Konseptual Tinggi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Elastisitas Di Man 3 Medan [Skripsi]. Universitas Negeri Medan.
Tarigan, T. B., & Irwan, M.Pd, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Pecahan Kelas VII. Jurnal Serunai Matematika, 12(2). https://doi.org/10.37755/jsm.v12i2.306
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara.
Ulia, N. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Datar dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Pendekatan Saintifik di SD. Jurnal Tunas Bangsa, 3(11).
Widiawati, S., Hikmawati, H., & Wahyudi, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1). https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.459
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2). https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Yuliani, E. N., Zulfah, Z., & Zulhendri, Z. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kuok. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.51
DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.62031
Article Metrics
Abstract view : 183 timesPDF - 132 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Yuna Sutria, Rofiqoh Hasan Harahap
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.