PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH

Authors

  • Ade line Universitas Cendrawasih
  • Siti Hajar Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Cenderawasih
  • Muhammad Akbar Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Cenderawasih
  • Paulus Gatot Dwi L Sugijo Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Cenderawasih
  • Rispah Purba Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.62538

Abstract

Keterampilan proses sains (KPS) dan sikap ilmiah berperan penting ada penguasaan sains karena siswa akan lebih mendalami konsep materi menggunakan benda-benda langsung dan mengerjakan kegiatan secara langsung. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan ingin mengetahui bagaimana hubungan KPS dan sikap ilmiah serta peningkatannya menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian digunakan kuasi eksperimen dengan melaksanakan penelitian secara kuantitatif dengan menganalisis KPS dan sika ilmiah. Instrument penelitian menggunakan tes KPS dan sikap ilmiah. Penelitian dilaksanakan di sekolah Mts Muhammadiah Jayapura. Populasi penelitian seluruh kelas VIII. Dengan teknik cluster random sampling diperoleh sampel sejumlah 26. Pembelajaran menggunakan inkuiri terbimbing terbukti dapat meningkatkan KPS dan sikap ilmiah serta memiliki hubungan yang signifikan antara keduanya. Hasil analisis peningkatan KPS dan sikap ilmiah menunjukkan berada pada kategori sedang dengan katalain mengalami peningkatan. Penelitian ini sangat bermanfaat baik bagi pendidik maupun calon peneliti selanjutnya untuk mendapatkan hasil belajar serta menumbuhkan suasana belajar yang kondusif.

Downloads

Published

2025-04-20

How to Cite

line, A., Hajar, S., Akbar, M., Sugijo, P. G. D. L., & Purba, R. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH . Jurnal Pendidikan Fisika, 13(2), 184–189. https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.62538

Issue

Section

Jurnal Pendidikan Fisika Volume 13//No.2//Desember 2024