E-project Worksheet Untuk Proyek Mahasiswa Menggunakan Wizer.Me Berbasis Google Site dalam Blended Project Based Learning dan Case Method

Authors

  • Yanti Sofi Makiyah Siliwangi University https://orcid.org/0000-0003-0957-9365
  • Sandi Septiana PT. Gagak Panglawung Limbangan, Kab.Garut, Jawa Barat
  • Nana Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Siliwangi
  • Herni Yuniarti Suhendi Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpf.v14i1.63207

Keywords:

e-worksheet, project, case method, Wizer.me, Google Site, mechanics.

Abstract

Pemberian tugas proyek mekanika belum difasilitasi akses yang mudah dalam pengerjaan, pemantauan, pemberian feedback karena sebelumnya mahasiswa mengerjakan dan melaporkan proyek lembar kerja untuk proyek (e-project worksheet) dalam bentuk file yang dikumpulkan dalam Google Drive. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, tingkat validitas, dan kepraktisan dari e-project worksheet. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa pendidikan fisika tahun akademik 2024/2025 dengan jumlah 483 mahasiswa. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas, masing-masing kelas berjumlah 96 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengolahan hasil validasi adalah indeks Aiken's V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks Aiken untuk aspek bahasa, tampilan dan isi berdasarkan penilaian dari tiga validator masing-masing sebesar 1, 0,97, dan 0,98 dengan kategori sangat baik. Persentase kepraktisan rata-rata sebesar 100% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa e-project worksheet untuk tugas proyek mahasiswa yang dikembangkan dalam B-PjBL dan CM menggunakan Wizer.me berbasis Google Site pada mata kuliah mekanika memenuhi kriteria valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran. Manfaat penelitian yaitu memberikan kemudahan dalam pelaksanaan tugas proyek dengan menggunakan e-project worksheet dengan menggunakan Wizer.me berbasis Google Site pada mata kuliah mekanika.

Author Biography

Yanti Sofi Makiyah, Siliwangi University

Physics Education

References

Adri, M., Sri Wahyuni, T., Zakir, S., & Jama, J. (2020). Using ADDIE Instructional Model to Design Blended Project-Based Learning based on Production Approach Blende Project-Based Learning Based on Production Approach on Software Engineering Course View project Micro-Learning Project on Entrepreneurship. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(06), 1899“1909. https://www.researchgate.net/publication/341178504

Aisah, S., & Pahlevi, T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokola di SMK Negeri Mojoagung. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 194“204. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p194-204

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Brevik, L. M., & Rindal, U. (2020). Language Use in the Classroom: Balancing Target Language Exposure With the Need for Other Languages. TESOL Quarterly, 54(4), 925“953. https://doi.org/10.1002/tesq.564

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35“42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Fauzi, A., Ermiana, I., Nur Kholifatur Rosyidah, A., & Sobri, M. (2023). The Effectiveness of Case Method Learning in View of Students™ Critical Thinking Ability. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 12(1), 15“33. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v11i1.1544

Hafizhah, D., Istyadji, M., Sauqina, & Fahmi. (2022). Validity and Practicalily of Prezi Learning Media on the Role of Soil and Soil Organisms for Life Sustainability for Junior High School Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(2), 481“488. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i2.1158

Hujjatusnaini, N., Corebima, A. D., Prawiro, S. R., & Gofur, A. (2022). the Effect of Blended Project-Based Learning Integrated With 21St-Century Skills on Pre-Service Biology Teachers™ Higher-Order Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(1), 104“118. https://doi.org/10.15294/jpii.v11i1.27148

Kopniak, N. B. (2018). the Use of Interactive Multimedia Worksheets At Higher Education Institutions. Information Technologies and Learning Tools, 63(1), 116. https://doi.org/10.33407/itlt.v63i1.1887

Mahdi, O. R., Nassar, I. A., & Almuslamani, H. A. I. (2020). The role of using case studies method in improving students™ critical thinking skills in higher education. International Journal of Higher Education, 9(2), 297“308. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n2p297

Mayasari, Hamidah, A., & Subagyo, A. (2023). Development of Electronic Student Worksheets ( E-LKPD ) Assisted by Wizer . Me on Gastropods Sub Material. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 9(4), 1578“1584. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.3453

Muchlis, E. E., Priatna, N., & Dahlan, J. A. (2021). Development of a web-based worksheet with a project-based learning model assisted by GeoGebra. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 46“60. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i1.40985

Mukti, F., Connie, C., & Medriati, R. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Sint Carolus Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 57“63. https://doi.org/10.33369/jkf.1.3.57-63

Mursid, R., Saragih, A. H., & Hartono, R. (2022). The Effect of the Blended Project-based Learning Model and Creative Thinking Ability on Engineering Students™ Learning Outcomes. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(1), 218“235. https://doi.org/10.46328/ijemst.2244

Pabri, M., Medriati, R., & Risdianto, E. (2022). Uji Kelayakan E-LKPD Berbasis Kontekstual Berbantuan Liveworksheet untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis di SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 637. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i3.6812

Peng, X., Xu, Q., Chen, Y., Zhou, C., Ge, Y., & Li, N. (2021). An eye tracking study: positive emotional interface design facilitates learning outcomes in multimedia learning? International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(1). https://doi.org/10.1186/s41239-021-00274-x

Putra, A. K., Sumarmi, Deffinika, I., & Islam, M. N. (2021). The effect of blended project-based learning with stem approach to spatial thinking ability and geographic skill. International Journal of Instruction, 14(3), 685“704. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14340a

Rahman, N., Nizaar, M., & Sabaryati, J. (2023). Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa dan Upaya Peningkatannya melalui Model Project Based Learning. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(2), 162“166. https://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar/article/view/16865%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar/article/download/16865/pdf

Retnawati. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Riak, S., & Hananto, H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi, Kemampuan Regulasi Diri, Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Biologi Topik Pembelahan Sel Pada Siswa Sma Kelas Xii Ipa. Academy of Education Journal, 14(2), 890“905. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1942

Riduwan, & Akdon. (2015). Rumus dan data dalam aplikasi statistika. Bandung: Alfabeta.

Rizal, R., Rusdiana, D., Setiawan, W., & Siahaan, P. (2022). Learning Management System Supported Smartphone (Lms3): Online Learning Application in Physics for School Course To Enhance Digital Literacy of Pre-Service Physics Teachers. Journal of Technology and Science Education, 12(1), 191“203. https://doi.org/10.3926/JOTSE.1049

Septiana, S., Rizal, R., & Makiyah, Y. S. (2023). Development of Electronic Student Worksheet Using Problem-Based Learning Model with the Wizer.me Platform on Momentum and Impulse Materials. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(2), 202“214. https://doi.org/10.26618/jpf.v11i2.10909

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Bandung: Alfabeta.

Suhaini, M., Ahmad, A., & Bohari, N. M. (2021). Assessments on Vocational Knowledge and Skills: A Content Validity Analysis. European Journal of Educational Research, 10(3), 1199“1213. https://www.researchgate.net/profile/Ebru-Eren/publication/348382981_Education_Policies_in_the_Context_of_Political_Communication_in_Turkey/links/5ffc2aeba6fdccdcb846cc03/Education-Policies-in-the-Context-of-Political-Communication-in-Turkey.pdf

Suwarno, S., Wahidin, & Nur, S. H. (2020). Project-based learning model assisted by worksheet : It ™ s effect on students ™ creativity and learning outcomes. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(1), 113“122.

Umam, H. I., & Jiddiyyah, S. H. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Ilmiah Sebagai Salah Satu Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(1), 350“356. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.645

Widiastuti, F., Amin, S., & Hasbullah, H. (2022). Efektivitas Metode Pembelajaran Case Method dalam Upaya Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Manajemen Perubahan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 728“731. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3034

Xie, F., & Derakhshan, A. (2021). A Conceptual Review of Positive Teacher Interpersonal Communication Behaviors in the Instructional Context. Frontiers in Psychology, 12(July), 1“10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.708490

Yustina, Syafii, W., & Vebrianto, R. (2020). The effects of blended learning and project-based learning on pre-service biology teachers™ creative thinking skills through online learning in the COVID-19 pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 408“420. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.24706

Downloads

Published

2025-06-26

How to Cite

Makiyah, Y. S., Sandi Septiana, Nana, & Herni Yuniarti Suhendi. (2025). E-project Worksheet Untuk Proyek Mahasiswa Menggunakan Wizer.Me Berbasis Google Site dalam Blended Project Based Learning dan Case Method. Jurnal Pendidikan Fisika, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.24114/jpf.v14i1.63207

Issue

Section

Jurnal Pendidikan Fisika Volume 14//No.1//Juni 2025