Desain Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Fisika

Authors

  • Amelia Sitompul SMP Negeri 2 Bilah Barat
  • Karya Sinulingga Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Medan
  • Wawan Bunawan Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpf.v14i1.64731

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kota Pinang pada materi Fluida Statis. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan berada dalam kategori sangat layak dengan persentase 93% dari ahli materi dan media. Uji kepraktisan menunjukkan respons sangat positif dari siswa dan guru dengan persentase 84%. Uji efektivitas menggunakan N-gain menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah dalam kategori sedang hingga tinggi. Indikator berpikir kritis seperti focus, reason, inference, dan overview serta indikator pemecahan masalah seperti memahami, menginterpretasikan, merencanakan, dan mengevaluasi solusi mengalami peningkatan signifikan. Hasil ini menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis PBL layak, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fisika. Namun, pengembangan masih terbatas pada satu topik sehingga diperlukan pengembangan lebih lanjut pada materi lain.

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Sitompul, A., Sinulingga, K., & Bunawan, W. (2025). Desain Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 14(1), 13–26. https://doi.org/10.24114/jpf.v14i1.64731

Issue

Section

Jurnal Pendidikan Fisika Volume 14//No.1//Juni 2025