Desain Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Fisika
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpf.v14i1.64731Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kota Pinang pada materi Fluida Statis. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan berada dalam kategori sangat layak dengan persentase 93% dari ahli materi dan media. Uji kepraktisan menunjukkan respons sangat positif dari siswa dan guru dengan persentase 84%. Uji efektivitas menggunakan N-gain menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah dalam kategori sedang hingga tinggi. Indikator berpikir kritis seperti focus, reason, inference, dan overview serta indikator pemecahan masalah seperti memahami, menginterpretasikan, merencanakan, dan mengevaluasi solusi mengalami peningkatan signifikan. Hasil ini menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis PBL layak, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fisika. Namun, pengembangan masih terbatas pada satu topik sehingga diperlukan pengembangan lebih lanjut pada materi lain.Downloads
Published
2025-06-27
How to Cite
Sitompul, A., Sinulingga, K., & Bunawan, W. (2025). Desain Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 14(1), 13–26. https://doi.org/10.24114/jpf.v14i1.64731
Issue
Section
Jurnal Pendidikan Fisika Volume 14//No.1//Juni 2025
License
Copyright (c) 2025 Amelia Sitompul, Karya Sinulingga, Wawan Bunawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.