PENGEMBANGAN MODUL AJAR KINEMATIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL LAMAHOLOT

Authors

  • Maria Ursula Jawa Mukin Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Katolik Widya Mandira
  • Alfons Bunga Naen Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Katolik Widya Mandira
  • Egidius Dewa Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Katolik Widya Mandira

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.64840

Abstract

Modul ajar kinematika berbasis kearifan lokal Lamaholot ini merupakan upaya untuk mengintegrasikan pengetahuan ilmiah dengan nilai-nilai budaya. Dengan mengacu pada prinsip-prinsip pembelajaran aktif dan kontekstual, modul ini menyajikan konsep-konsep kinematika melalui contoh-contoh nyata dari aktivitas sehari-hari masyarakat Lamaholot seperti tarian sole oha dan permainan kebetok. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kelayakan modul ajar kinematika berbasis kearifan lokal lamaholot, (2) Untuk lihat peningkatan pemahaman konsep peserta didik dalam menerapkan modul ajar kinematika berbasis kearifan lokal lamaholot, (3) Untuk melihat respon peserta didik terhadap penerapan modul ajar kinematika berbasis kearifan lokal lamaholot. Model ADDIE menjadi landasan bagi pengembangan ini, memastikan setiap langkah dari analisis hingga evaluasi dilakukan secara sistematis dan terukur. Alat yang digunakan untuk mngumpulkan data meliputi lember validasi dari alhi mater, soal tes untuk mengkur pemahaman konsep, serta angket untuk mengetahui respon peserta didik. Analisis data dilakukan dengan mengunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil validasi modul ajar oleh dua validator ahli memperoleh rata-rata presentase keseluruhan komponen sebesar 85,302% yang masuk pada kategori sangat layak digunakan. Nilai N-Gain dari hasil tes pemahaman konsep mencapai 78,83%, yang tergolong dalam kategori efektif, sementara data respon peserta didik menunjukan rata-rata sebesar 75,89% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulka bahwa Modul Ajar Kinematika Berbasis Kearifan Lokal Lamaholot yang dikembangkan sangat praktis dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Downloads

Published

2025-04-21

How to Cite

Mukin, M. U. J. ., Naen, A. B., & Egidius Dewa. (2025). PENGEMBANGAN MODUL AJAR KINEMATIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL LAMAHOLOT. Jurnal Pendidikan Fisika, 13(2), 201–206. https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.64840

Issue

Section

Jurnal Pendidikan Fisika Volume 13//No.2//Desember 2024