PENGEMBANGAN KIT FISIKA BERBASIS ETNOFISIKA MENGGUNAKAN ALAT TRADISIONAL MELAYU RIAU

Authors

  • Fakhruddin Z Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Muhammad Nasir Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Dios Sarkity Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Naila Fauza Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Parlan Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Siti Luthfiyah Mawaddah Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Adinda Quratul Aini Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.64852

Abstract

Penelitian pengembangan Kotak Instrumen Terpadu (KIT) berbasis Etnofisika dengan alat tradisional Riau untuk mengintegrasikan fisika dan kearifan budaya Melayu. Fokusnya adalah meningkatkan pendidikan fisika yang kontekstual dan bermakna. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman mereka terhadap fisika serta warisan budaya melalui pendekatan kontekstual dan praktis. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation, (ADDIE), yang berfokus pada pengembangan KIT pembelajaran berbasis etnofisika untuk pelajaran IPA SMP pada materi Usaha, Energi, dan Pesawat Sederhana. Penelitian akan dilakukan di Laboratorium Pendidikan Fisika FKIP Universitas Riau dan SMPN 23 Pekanbaru selama tahun ajaran 2024/2025. KIT akan melalui proses validasi oleh validator ahli serta uji kepraktisan bersama tiga guru IPA dan 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik KIT IPA berbasis Etnofisika maupun LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) dinyatakan dengan teknik pengumpulan data validitas menggunakan dua alat, yaitu LKPD dan alat penilaian lainnya, sementara praktikalitas diukur dengan LKPD dan alat evaluasi praktikalitas.dengan skor di atas 3 untuk semua kriteria, dalam rentang 2,88 ≤ skor ≤ 4,00. Namun, disarankan untuk meningkatkan pemahaman konsep dasar saat menggunakan KIT guna lebih mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini bermanfaat meningkatkan pemahaman fisika secara kontekstual dan melestarikan budaya Melayu Riau. KIT etnofisika valid dan praktis, mendukung pembelajaran bermakna bagi siswa.

Downloads

Published

2025-04-21

How to Cite

Fakhruddin Z, Muhammad Nasir, Dios Sarkity, Naila Fauza, Parlan, Siti Luthfiyah Mawaddah, & Adinda Quratul Aini. (2025). PENGEMBANGAN KIT FISIKA BERBASIS ETNOFISIKA MENGGUNAKAN ALAT TRADISIONAL MELAYU RIAU. Jurnal Pendidikan Fisika, 13(2), 207–215. https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.64852

Issue

Section

Jurnal Pendidikan Fisika Volume 13//No.2//Desember 2024