Integrasi STEM Pada Bahan Ajar Fisika: Dampaknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Kreatifitas Siswa SMA

Authors

  • Teti Dian Sari SMA Negeri 18 Medan
  • Nurdin Siregar Program Studi Magister Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Medan
  • Rahmatsyah Program Studi Magister Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpf.v14i1.65772

Abstract

Kondisi yang ada pada sekolah saat ini ternyata masih sangat minim bahan ajar yang bisa meningkatkan pemahaman konsep dan sekaligus meningkatkan kreatifitas siswa, maka dari itu telah dilakukan penelitian pengembangan bahan ajar dengan menggunakan pendekatan STEM. Tujuan dari penelitian ini yaitu membuat bahan ajar yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dan meningkatkan kreatifitas siswa melalui pendekatan STEM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D) mengacu pada langkah-langkah Dick and Carey proses. Instrumen penelitian meliputi lembar wawancara, angket, lembar observasi, tes, dan lembar uji validasi. Uji coba terbatas menggunakan lembar observasi dan tes dan validasi prototipe bahan ajar menggunakan lembar uji validasi, dan ujicoba pemakaian menggunakan angket tanggapan dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 18 Medan Kelas XI. Setelah penelitian dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut: Bahan ajar dengan pendekatan STEM pada materi optik dapat meningkatkan pemahaman konsep. Bahan ajar dengan pendekatan STEM pada materi optik dapat meningkatkan kreatifitas siswa mulai dari aspek kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), dan keaslian (originality).

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Teti Dian Sari, Siregar, N., & Rahmatsyah. (2025). Integrasi STEM Pada Bahan Ajar Fisika: Dampaknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Kreatifitas Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 14(1), 45–56. https://doi.org/10.24114/jpf.v14i1.65772

Issue

Section

Jurnal Pendidikan Fisika Volume 14//No.1//Juni 2025