Pengembangan dan Kepraktisan Bahan Ajar Digital Berbasis Etnosains Papua Pada Materi Perpindahan Kalor

Authors

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpf.v14i1.66661

Abstract

Upaya mengakomodir penggunaan internet dan gadget namun dalam konteks budaya local dalam kesehariannya, maka guru fisika perlu mengembangkan bahan ajar digital yang memuat etnosains Papua di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis etnosains Papua pada materi perpindahan kalor dan melihat validasi dan kepraktisan dari E-LKPD yang dikembangkan. Pengembangan E-LKPD menggunakan model 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan validasi ahli dan praktisi, dilanjutkan dengan uji coba pada siswa kelas XI di SMA YPK Diaspora Kotaraja, Jayapura. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk E-LKPD berbasis etnosains Papua sangat layak, dengan rata-rata penilaian ahli sebesar 95.54%, dan praktisi sebesar 98,96%. Hasil uji kepraktisan produk yang diberikan kepada peserta didik menunjukkan hasil sebesar 86.79 % berkategori sangat menarik. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi ilmiah bahwa etnosains Papua dapat diakomodir dalam konsep pembelajaran modern dalam bentuk bahan ajar digital, manfaat lain dari penelitian ini adalah menanamkan nilai-nilai budaya dan rasa cinta dan bangga akan budaya bangsa.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Risamasu, P. V. M., & Pieter, J. (2025). Pengembangan dan Kepraktisan Bahan Ajar Digital Berbasis Etnosains Papua Pada Materi Perpindahan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika, 14(1), 152–162. https://doi.org/10.24114/jpf.v14i1.66661

Issue

Section

Jurnal Pendidikan Fisika Volume 14//No.1//Juni 2025