Project-Based Learning Module on Global Warming to Enhance Students' Conceptual Understanding and Learning Motivation
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpf.v14i1.66688Abstract
Kurangnya pemahaman konsep siswa mengenai pemanasan global dan rendahnya motivasi belajar menjadi masalah yang signifikan dalam pendidikan saat ini. Isu pemanasan global yang krusial seringkali dianggap sulit dan kurang menarik bagi siswa, sehingga diperlukan pendekatan inovatif untuk mengatasi tantangan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran tentang pemanasan global berbasis Project-Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa. Modul PjBL diharapkan dapat menjembatani kesenjangan ini dengan menyajikan materi secara kontekstual dan relevan melalui proyek-proyek kolaboratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis kebutuhan siswa, validasi ahli, dan uji coba terbatas. Jenis data yang dikumpulkan mencakup data kuantitatif berupa nilai pemahaman konsep siswa dan data kualitatif dari umpan balik siswa mengenai motivasi belajar. Analisis data dilakukan dengan membandingkan nilai rata-rata siswa sebelum dan setelah menggunakan modul PjBL, yang menunjukkan peningkatan signifikan dari 51 menjadi 85, serta peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 5%. Temuan ini mengindikasikan bahwa modul PjBL efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa terkait isu pemanasan global. Modul ini dapat menjadi alternatif sumber belajar yang inovatif dan relevan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.Downloads
Published
2025-06-29
How to Cite
Fahri asidiq, P., Ainayah, N., & Wiyatmo, Y. (2025). Project-Based Learning Module on Global Warming to Enhance Students’ Conceptual Understanding and Learning Motivation. Jurnal Pendidikan Fisika, 14(1), 123–131. https://doi.org/10.24114/jpf.v14i1.66688
Issue
Section
Jurnal Pendidikan Fisika Volume 14//No.1//Juni 2025
License
Copyright (c) 2025 Pratama Fahri asidiq, Nur Ainayah; Yusman Wiyatmo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.