Project-Based Learning Module on Global Warming to Enhance Students' Conceptual Understanding and Learning Motivation

Authors

  • Pratama Fahri asidiq Universitas negeri Yogyakarta
  • Nur Ainayah Universitas negeri Yogyakarta
  • Yusman Wiyatmo Universitas negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpf.v14i1.66688

Abstract

Kurangnya pemahaman konsep siswa mengenai pemanasan global dan rendahnya motivasi belajar menjadi masalah yang signifikan dalam pendidikan saat ini. Isu pemanasan global yang krusial seringkali dianggap sulit dan kurang menarik bagi siswa, sehingga diperlukan pendekatan inovatif untuk mengatasi tantangan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran tentang pemanasan global berbasis Project-Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa. Modul PjBL diharapkan dapat menjembatani kesenjangan ini dengan menyajikan materi secara kontekstual dan relevan melalui proyek-proyek kolaboratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis kebutuhan siswa, validasi ahli, dan uji coba terbatas. Jenis data yang dikumpulkan mencakup data kuantitatif berupa nilai pemahaman konsep siswa dan data kualitatif dari umpan balik siswa mengenai motivasi belajar. Analisis data dilakukan dengan membandingkan nilai rata-rata siswa sebelum dan setelah menggunakan modul PjBL, yang menunjukkan peningkatan signifikan dari 51 menjadi 85, serta peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 5%. Temuan ini mengindikasikan bahwa modul PjBL efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa terkait isu pemanasan global. Modul ini dapat menjadi alternatif sumber belajar yang inovatif dan relevan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Author Biographies

Pratama Fahri asidiq, Universitas negeri Yogyakarta

Magister pendidikan fisika 

Yusman Wiyatmo, Universitas negeri Yogyakarta

Magister pendidikan fisika 

Downloads

Published

2025-06-29

How to Cite

Fahri asidiq, P., Ainayah, N., & Wiyatmo, Y. (2025). Project-Based Learning Module on Global Warming to Enhance Students’ Conceptual Understanding and Learning Motivation. Jurnal Pendidikan Fisika, 14(1), 123–131. https://doi.org/10.24114/jpf.v14i1.66688

Issue

Section

Jurnal Pendidikan Fisika Volume 14//No.1//Juni 2025