Efektivitas E-Modul Kajian Konsep Fisika Berbasis Edupark Air Terjun Curup Tenang di Kabupaten Muara Enim untuk Meningkatkan Literasi Energi Siswa

Authors

  • Fitria Siska damayanti Universitas Sriwijaya
  • Hamdi Akhsan
  • Muhamad Yusup

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpf.v14i1.66758

Abstract

Pemanfaatan sumber daya lokal sebagai konteks pembelajaran berbasis lingkungan. Potensi lokal yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran adalah Edupark Air Terjun Curup Tenang di Kabupaten Muara Enim yang memiliki potensi energi terbarukan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas e-modul kajian konsep fisika berbasis Edupark Air Terjun Curup Tenang di Kabupaten Muara Enim dalam meningkatkan literasi energi siswa. Pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu menggunakan rancangan non-ekivalent control group diterapkan untuk mengukur pengaruh penggunaan e-modul terhadap peningkatan pemahaman literasi energi siswa kelas X di salah satu Sekolah Menengah Atas di Muara Enim. Instrumen penelitian terdiri dari tes literasi energi berbasis indikator dan lembar validasi e-modul yang dikembangkan oleh ahli media, materi, dan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-modul berbasis Edupark secara signifikan meningkatkan literasi energi siswa, terutama dalam aspek pengetahuan dengan skor N-Gain 0,6, sikap dengan skor N-Gain 0,42 dan perilaku dengan skor N-Gain 0,41 yang termasuk cukup efektif. Temuan ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis dalam pengembangan model pembelajaran fisika berbasis konteks lokal dan teknologi, serta menegaskan pentingnya integrasi potensi energi terbarukan lokal seperti Air Terjun Curup Tenang dalam pembelajaran fisika.

Downloads

Published

2025-06-29

How to Cite

Fitria Siska damayanti, Hamdi Akhsan, & Muhamad Yusup. (2025). Efektivitas E-Modul Kajian Konsep Fisika Berbasis Edupark Air Terjun Curup Tenang di Kabupaten Muara Enim untuk Meningkatkan Literasi Energi Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 14(1), 112–122. https://doi.org/10.24114/jpf.v14i1.66758

Issue

Section

Jurnal Pendidikan Fisika Volume 14//No.1//Juni 2025