PENGEMBANGAN MODUL AJAR KINEMATIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL LAMAHOLOT
Abstract
Modul ajar kinematika berbasis kearifan lokal Lamaholot ini merupakan upaya untuk mengintegrasikan pengetahuan ilmiah dengan nilai-nilai budaya. Dengan mengacu pada prinsip-prinsip pembelajaran aktif dan kontekstual, modul ini menyajikan konsep-konsep kinematika melalui contoh-contoh nyata dari aktivitas sehari-hari masyarakat Lamaholot seperti tarian sole oha dan permainan kebetok. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kelayakan modul ajar kinematika berbasis kearifan lokal lamaholot, (2) Untuk lihat peningkatan pemahaman konsep peserta didik dalam menerapkan modul ajar kinematika berbasis kearifan lokal lamaholot, (3) Untuk melihat respon peserta didik terhadap penerapan modul ajar kinematika berbasis kearifan lokal lamaholot. Model ADDIE menjadi landasan bagi pengembangan ini, memastikan setiap langkah dari analisis hingga evaluasi dilakukan secara sistematis dan terukur. Alat yang digunakan untuk mngumpulkan data meliputi lember validasi dari alhi mater, soal tes untuk mengkur pemahaman konsep, serta angket untuk mengetahui respon peserta didik. Analisis data dilakukan dengan mengunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil validasi modul ajar oleh dua validator ahli memperoleh rata-rata presentase keseluruhan komponen sebesar 85,302% yang masuk pada kategori sangat layak digunakan. Nilai N-Gain dari hasil tes pemahaman konsep mencapai 78,83%, yang tergolong dalam kategori efektif, sementara data respon peserta didik menunjukan rata-rata sebesar 75,89% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulka bahwa Modul Ajar Kinematika Berbasis Kearifan Lokal Lamaholot yang dikembangkan sangat praktis dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Anderson, L. W., & Sosniak, L. A. (1994). Bloom’s taxonomy. Univ. Chicago Press Chicago, IL.
Andila, K., Yuliani, H., & Syar, N. I. (2021). Pengembagan Bahan Ajar Fisika Berbentuk E-Modul Berbasis Kontekstual Menggunakan Aplikasi eXe-Learning Pada Materi Usaha dan Energi. Kappa Journal, 5(1), 68–79. https://doi.org/10.29408/kpj.v5i1.2757
Astuti, I. A. D., & Bhakti, Y. B. (2021). Kajian Etnofisika Pada Tari Piring Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Prosiding SINASIS (Seminar Nasional Sains), 2(1), 477–482. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5387
Fatmawati & Putri Anjarsari. 2021. Stimulus Guru dan Respon Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Tingkat SMP. Jurnal Al Urwatul Wutsqa. Vol. 1. No. 2. Hal. 13-26.
Kemendikbud. (2022). Modul Ajar Agenda Sesi. Modul Ajar, 1–23. Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138
Mukin, M. U. J., Naen, A. B., Lamanepa, G. H., Pasaribu, R., Yohanes, T., & Lipat, M. I. I. (2020). Pembelajaran Aktif Tipe Learning Tournament Berbasis Local Wisdom Kabupaten Flores Timur Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. IX, 63–68. https://doi.org/10.21009/03.snf2020.02.pf.10
Mulyatiningsih, E. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Endang. Islamic Education Journal, 35,110,114,120,121.
Permadi, U. N., & Huda, A. (2020). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer Dan Jaringan Dasar Smk. Voteteknika (Vocational TeknikElektronikaDanInformatika),7(4),30.
Rafikayuni, Eka Aryati, Reni Marlina. (2017). Respon Siswa Terhadap LKS Berbasis Predict Observe explanation (POE) Pada Submateri Keanekaragaman Hayati Kelas X. Seminar Nasional Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak “Peningkatan Mutu Pendidikan MIPA dan Teknologi Untuk Menunjang Pembangunan Berkelanjutan” Pontianak, 14 Oktober 2017.
Safitri, M., & Aziz, R. M. (2022). ADDIE, Sebuah Model Untuk Pengembangan Multimedia Learning. In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 3, Issue 2). http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.66833
Article Metrics
Abstract view : 40 timesPDF - 13 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Maria Ursula Mukin, Alfons Bunganaen, Egidius Dewa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.