Cover Image

EFEK PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN DUKUNGAN SIMULASI BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Gusrianta Gusrianta, Mariati Purnama Simanjuntak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan model pembelajaran Guided discovery learning berbantuan web-based simulation dalam meningkatkan kemampuan literasi digital dan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran fisika. Penelitian dilakukan di SMAN 5 Kota Medan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi experiment dengan pretest-posttest control group design. Sampel penelitian diaimbil dengan Teknik simple random sampling yang terdiri dari kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen. Intrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan literasi digital dan tes kemampuan berpikir kritis dengan soal essai. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa model guided discovery learning berbantuan web-simulation berpengaruh terhadap kemampuan literasi dan kemampuan berpikir kritis dengan nilai signifikansi <0,001 serta efektif dengan hasil n-gain score literasi digital dan kemampuan berpikir kritis berturut-turut 0,66 dan 0,71 dengan kategori sedang dan tinggi. Model pembelajaran guided discovery learning berbantuan web-based simulation tidak secara langsung berkontribusi pada peningkatan kemampuan literasi digital dan kemampuan berpikir kritis peserta didik, ini dikarenakan hasil uji korelasi yang menunjukkan signifikan namun bertanda negative, yang artinya mungkin ada factor-faktor lain yang memungkinkan memiliki pengaruh yang lebih dominan dalam meningkatkan kedua kemampuan tersebut.

Keywords


Model Guided Discovery Dearning, Web-Based Simulations, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Literasi Digital

Full Text:

PDF

References


Asriani. (2018). Penggunaan Media Simulasi Virtual Pada Proses Pembelajaran Fisika Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik SMA Negeri 1 Bua Ponrang. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), 14(1), 54-59.

Azizah, M. (2020). Pengaruh Kemajuan Teknologi Terhadap Pola Komunikasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Jurnal Sosiologi Nusantara, 6(1), 49-56.

Becker, B. W. (2018). Information Literacy in the Digital Age: Myths and Principles of Digital Literacy. School of Information Student Research Journal , 1-9.

Clark RC, Mayer RE. (2019). E-learning and The Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers. John Wiley and Sons, New York.

Derlina, D., Sitepu, E. (2018). Efek Model Poblem Based Learning Terhadap Peningkatan Literasi Sains Siswa Pada Materi Pokok Momentum, Impuls, Dan Tumbukan Di SMANegeri 2 Lubuk Pakam T.A. 2017/2018. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika. 6(3).

Giancoli, D. (2001). Fisika Edisi Kelima Terjemahan Yuhilza Hanum. Erlangga: Jakarta.

Griffin, P., & Care, E. (2015). Assessment and Teaching of 21st Century Skills Methods and Approach. London: Springer.

Handayani, Fitri. (2020). Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Litersi Digital Berbasis STEM pada masa Pandemik Covid 19. Jurnal Cendekiawan, 2(2), 69-72.

Hariyati, M. E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IX B7 SMP Negeri 6 Singaraja. Jurnal Undhira Bali, 3 (1) : 38-45

Herman. (2016). Model Blended Learning. Universitas Atmajaya: Yogyakarta.

J. Palfrey & U. Gasser. (2010). Born digital. Understanding the first generation of digital natives. Basic Books: New York.

Kumar, M., & Tiwari, B. R. (2018). Physics Teaching with Simulation Techniques. Advanced Journal of Social Science, 4(1), 8-10.

Larasati. D. P., Imam. S. (2021). Tren Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Untuk Mengajarkan Materi Fisika Di SMA. Inovasi Pendidikan Fisika, 10(1), 144-152.

Mustofa, Z. (2019). Pengaruh Discovery Learning berbantuan E-learning dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa tentang Konsentrasi Larutan dan Aplikasinya. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7 (1): 14- 29.

Perdana. R., Riwayani, Jumaidi, Dadan. R. (2020). Effectiveness of Web-based simulation Integrated With Discovery Learning to Enhance Students’ Critical Thinking Skills in Physics. International Conference on Online and Blanded Learning 2019 (ICOBL 2019), 440(1), 1-7.

Priastuti P., Sani, R. A., Derlina D., Pohan, A. F. (2020). Effect of Collaborative Inquiry on the Understanding of the Concept and Ability of Critical Thinking. Proceedings of the 5th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership. 488. 503-507

Ramli,R., Yohandri, Yulis, S, S., Mitri, S. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Fisika Berbasis Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Eksakta Pendidikan,4(1), 10-17.

Rizaldi, A. (2019). The Role of Strategic Leade rship and Work Life Quality On Improving Work Productivity. Indonesian Journal of Strategic Management, Vol. 2(2).

Wahyu, A. P., Sri, H., & Misbah. (2019). Analisis Literasi Digital Siswa Melalui Penerapan E-learning Berbasis Schoology. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fsika (JIPF). 6(1), 9-13.

Wang, J. Y., Wu, H. K., & Hsu, Y. S. (2017). Using mobile applications for learning: Effects of simulation design, visual-motor integration, and spatial ability on high school students’ conceptual understanding. Computers in Human Behavior, 66, 103-113.

Yulita, P. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. Adalah: Buletin Hukum & Keadilan. 4(1), 49-56.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.66866

Article Metrics

Abstract view : 11 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Gusrianta Gusrianta, Mariati Purnama Simanjuntak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
slot gacor slot