Cover Image

PENGEMBANGAN KIT FISIKA BERBASIS ETNOFISIKA MENGGUNAKAN ALAT TRADISIONAL MELAYU RIAU

Fakhruddin Z, Muhammad Nasir, Dios Sarkity, Naila Fauza, Parlan Parlan, Siti Luthfiyah Mawaddah, Adinda Quratul Aini

Abstract


Penelitian pengembangan Kotak Instrumen Terpadu (KIT) berbasis Etnofisika dengan alat tradisional Riau untuk mengintegrasikan fisika dan kearifan budaya Melayu. Fokusnya adalah meningkatkan pendidikan fisika yang kontekstual dan bermakna. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman mereka terhadap fisika serta warisan budaya melalui pendekatan kontekstual dan praktis. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation, (ADDIE), yang berfokus pada pengembangan KIT pembelajaran berbasis etnofisika untuk pelajaran IPA SMP pada materi Usaha, Energi, dan Pesawat Sederhana. Penelitian akan dilakukan di Laboratorium Pendidikan Fisika FKIP Universitas Riau dan SMPN 23 Pekanbaru selama tahun ajaran 2024/2025. KIT akan melalui proses validasi oleh validator ahli serta uji kepraktisan bersama tiga guru IPA dan 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik KIT IPA berbasis Etnofisika maupun LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) dinyatakan dengan teknik pengumpulan data validitas menggunakan dua alat, yaitu LKPD dan alat penilaian lainnya, sementara praktikalitas diukur dengan LKPD dan alat evaluasi praktikalitas.dengan skor di atas 3 untuk semua kriteria, dalam rentang 2,88 ≤ skor ≤ 4,00. Namun, disarankan untuk meningkatkan pemahaman konsep dasar saat menggunakan KIT guna lebih mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini bermanfaat meningkatkan pemahaman fisika secara kontekstual dan melestarikan budaya Melayu Riau. KIT etnofisika valid dan praktis, mendukung pembelajaran bermakna bagi siswa.

Keywords


KIT Fisika, Etnofisika, Alat Tradisional, Melayu Riau

Full Text:

PDF

References


Dinata, R., Syafi, M., & Fakhruddin, Z. (2024). Analysis Of Students Scientific Literacy Profile On Ethnoscientific Studies In Making Smoked Fish At Smp Negeri 1 Pangkalan Kerinci. 06(04), 20057–20064.

Friska, S. Y., Aulia, S., & Nanda, D. W. (2022). Pengembangan LKPD Melalui Model Realistic Mathematic Education Pada Materi Pecahan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 10(2), 313–324. https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.13013

Gracella Monique Tiara Ningsih, Maria Dewati, M. A. (2020). DEVELOPMENT OF STUDENT WORKSHEETS BASED ON GUIDED INQUIRY ON THE SUBJECT OF MOTION IN OBJECTS. 1(2), 69–87.

Hamimi*, E., Danissa, F. P., & Affriyenni, Y. (2024). Enhancing Critical Thinking Skills through The Development of Educational Kit Based on Problem Based Learning on Conservation Material. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 12(2), 294–314. https://doi.org/10.24815/jpsi.v12i2.34981

Handayani, H., Putra, F. G., & Yetri, Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Tatsqif, 16(2), 186–203. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i2.160

Harefa, A. R. (2019). THE ROLE OF PHYSICAL SCIENCE IN DAILY LIFE. Jurnal Warta Edisi: 60, 60, 91–96.

Hasanah, U., Hidayati, H., Asrizal, A., & Afrizon, R. (2023). Development of Student Worksheet Integrated Scientific Literacy for Physics Practicum Kit on Direct Electricity Material. Physics Learning and Education, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.24036/ple.v1i1.10

HERMAWANTO, A., & ANGGRAINI, M. (2020). Globalisasi, Revolusi Digital Dan Lokalitas :

Latipah, J. (2023). Contextually Oriented Integrated Science Learning Strategy. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 2(4), 285–292. https://doi.org/10.55868/jeid.v2i4.139

Novia, N., Husna, H., & Zulva, R. (2021). Pengembangan LKPD Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar Berorientasi Problem Based Learning. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 214. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.14428

Panjaitan, R. G. P., Titin, T., & Putri, N. N. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 141–151. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16062

Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding Untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 84–97. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3975

Rama, A., Giatman, M., Maksum, H., & Dermawan, A. (2023). Function Concepts and Principles of Educational Management. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(2), 130. https://doi.org/10.29210/1202222519

Rizky, A., & Andromeda. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Termokimia Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Etnosains Pada Fase F Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan Ipa, 4(4), 345–352.

Roza, D., Nurhafizah, N., & Yaswinda, Y. (2019). The Urgency of Professionalism of Early Childhood Education Teachers in Implementing Child Protection. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 277. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325

Sadraini, A., & Hamdi, H. (2021). Praktikalitas dari Pengembangan E-book Edupark Fisika dengan Pendekatan Saintifik Berdasarkan Destinasi Rumah Gadang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1), 94–100. https://doi.org/10.24036/jppf.v7i1.111942

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, kualitatitf, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE sebagai model pengembangan media instruksional edukatif (MIE) mata kuliah kurikulum dan pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2).

Sugrah, N. 2019. “Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains”. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 19, no.2: 121-138

Utari, D., & Muadin, A. (2023). The Role of 21st Century Learning in Elementary Schools in Achieving the Targets and Goals of the Independent Curriculum. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(1), 116. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i1.2493

Widoyoko, Eko Putro. 2015. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.67116

Article Metrics

Abstract view : 43 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Fakhruddin Z

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
slot gacor slot