Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Model PISA Pada Materi Optik
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpf.v14i1.67160Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen tes literasi sains model PISA pada materi Optik untuk siswa SMA guna meningkatkan kemampuan literasi sains, yang masih rendah berdasarkan hasil PISA. Metode penelitian menggunakan model pengembangan Borg & Gall dengan tahapan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi, revisi, uji coba produk, serta analisis butir soal. Instrumen divalidasi oleh ahli dan diujicobakan pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri 11 Medan. Hasil validasi menunjukkan skor keidealan rata-rata 88,7% (sangat valid). Uji coba kelompok kecil menghasilkan 30 soal valid (78,9%) dan kelompok besar 28 soal valid (93,3%). Reliabilitas tes sangat tinggi (α = 0,802). Analisis butir soal meliputi tingkat kesukaran (20% sukar, 40% sedang, 40% mudah), daya pembeda (40% sangat baik, 46,7% baik), dan efektivitas pengecoh (93,3% berfungsi maksimal). Sebanyak 25 soal (83,3%) memenuhi kriteria kualitas baik, sementara 3 soal (10%) perlu perbaikan, dan 2 soal (6,7%) ditolak. Instrumen ini layak digunakan untuk mengukur literasi sains siswa dan dapat dikembangkan lebih lanjut.Downloads
Published
2025-06-30
How to Cite
Sagala, M. R., Derlina, & Wawan Bunawan. (2025). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Model PISA Pada Materi Optik. Jurnal Pendidikan Fisika, 14(1), 144–151. https://doi.org/10.24114/jpf.v14i1.67160
Issue
Section
Jurnal Pendidikan Fisika Volume 14//No.1//Juni 2025
License
Copyright (c) 2025 Maulida Rahmi Sagala, Derlina, Wawan Bunawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.