THE EFFECT OF INQUIRY TRAINING ON LEARNING MODEL USING MACROMEDIA FLASH AND CREATIVITY ON STUDENT’S SCIENCE PROCESS SKILLS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdi, A. 2014. The Effect of Inquiry-based Learning Method on Students Academic Achievement in Science Course. Universal Journal of Educational Research. Vol. 2. No. 1
Arikunto, S. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Dimyati, dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan Kelima. Rineka Cipta. Jakarta.
Hutapea, F., dan Motlan. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika. 55-62
Joyce, B., Marsha, W., dan Emily, C. 2009. Models Of Teaching, Model – Model Pengajaran. (edisi kedelapan), Pustaka Belajar, Yogyakarta.
Purwanto, A. 2012. Kemampuan Berpikir Logis Siswa Sma Negeri 8 Kota Bengkulu Dengan Menerapkan Model Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Exacta. Vol. 1. No. 1.
Rustaman, A. 2005. Pengembangan Kompetensi (Pengetahuan, keterampilan, Sikap, dan Nilai) Melalui Kegiatan Praktikum Biologi. Penelitian Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI Bandung.
Siagian. H. E., Bukit. N., dan Derlina. 2016. Efek Model Pembelajaran Inquiry Training Menggunakan Maromedia Flash dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 5. No. 1.
Silitonga, P., Harahap, M. B., dan Derlina. 2016. Pengaruh model pembelajaran Inquiry Training dan Kreativitas terhadap Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika UNIMED. Vol. 5 No. 1.
Sinaga, K., dan Harahap, M. B. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Menggunakan Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Pengukuran di Kelas X IPA Semester I MAN Lubuk Pakam T. P. 2014/2015, Jurnal INPAFI. Vol. 3 No. 3.
Supriadi, Dedi. 1994. Karakteristik dan Orang-Orang Kreatif dalam Lapangan Keilmuan. Disertasi. PPS. IKIP Bandung. Tidak diterbitkan.
Susanti, A. 2014. Pembelajaran Biologi Menggunakan Inquiry Training dengan Vee Diagram dan KWL Chart Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemampuan Penaran Formal. Jurnal Inkuiri. Vol 3, No. 1.
DOI: https://doi.org/10.22611/jpf.v7i1.8654
Article Metrics
Abstract view : 354 timesPDF - 362 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 SANTRO NOMEMBER MANALU
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.