EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS
Abstract
dengan penerapan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan mediamacromedia flash dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakanpenelitian quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitianadalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Binjai Semester Genap T.P 2014/2015.Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan jumlah sampel 71 orang yangditentukan dengan cluster random sampling, yaitu VIII-4 sebagai kelaseksperimen menggunakan model pembelajaran Inquiry Training sebanyak 35orang dan VIII-3 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajarankonvensional sebanyak 36 orang. Instrumen penelitian berupa tesketerampilan
proses sains dan kemampuan berpikir logis. Hasil analisis data menjelaskanbahwa uji bahwa model pembelajaran Inquiry Training menggunakan mediamacromedia flash lebih baik dalam meningkatkan keterampilan proses sainssiswa daripada model pembelajaran konvensional. Analisis data juga menyimpulkan
bahwa model pembelajaran Inquiry Training menggunakan mediamacromedia flash lebih baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir logissiswa daripada model pembelajaran konvensional.
Kata kunci: inquiry training, keterampilan proses sains, kemampuan berpikir logis, macromedia flash
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.22611/jpf.v4i1.2563
Article Metrics
Abstract view : 900 timesPDF - 769 times
Refbacks
Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.