EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS

Muhammad Hifni, Betty Turnip

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil keterampilan prosessains siswa melalui penerapan model pembelajaran Inquiry Trainingmenggunakan media macromedia flash dan pembelajaran konvensional, danmengetahui hasil kemampuan berpikir logis siswa yang diberikanpembelajaran
dengan penerapan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan mediamacromedia flash dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakanpenelitian quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitianadalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Binjai Semester Genap T.P 2014/2015.Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan jumlah sampel 71 orang yangditentukan dengan cluster random sampling, yaitu VIII-4 sebagai kelaseksperimen menggunakan model pembelajaran Inquiry Training sebanyak 35orang dan VIII-3 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajarankonvensional sebanyak 36 orang. Instrumen penelitian berupa tesketerampilan
proses sains dan kemampuan berpikir logis. Hasil analisis data menjelaskanbahwa uji bahwa model pembelajaran Inquiry Training  menggunakan mediamacromedia flash lebih baik dalam meningkatkan keterampilan proses sainssiswa daripada model pembelajaran konvensional. Analisis data juga menyimpulkan
bahwa model pembelajaran Inquiry Training menggunakan mediamacromedia flash lebih baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir logissiswa daripada model pembelajaran konvensional.
Kata kunci: inquiry training, keterampilan proses sains, kemampuan berpikir logis, macromedia flash

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22611/jpf.v4i1.2563

Article Metrics

Abstract view : 900 times
PDF - 769 times

Refbacks





Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.