PROGRAM PENINGKATAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH BAGI GURU TAMAN PENDIDIKAN ALQURAN (TPQ) DI KOTA SEMARANG

Kardoyo Kardoyo, Syamsu Hadi, Ahmad Nurkhin

Abstract


Abstrak


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mengedukasi keuangan syariah guru-guru Taman Pendidikan Alquran (TPQ) di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang melalui kegiatan literasi keuangan syariah. Hal ini dilatarbelakangi dengan kenyataan bahwa kegiatan edukasi yang dilakukan selama ini untuk meningkatkan literasi keuangan syariah masih belum tersosialisasi dengan baik. Dan belum bisa menyentuh kalangan guru-guru TPQ. Penyelenggaraan TPQ (taman pendidikan al quran) menjadi sangat penting dan mendasar untuk memberikan bekal bagi siswa-siswa TPQ untuk lebih dini mengenal keuangan syariah. Melalui TPQ, guru-guru TPQ dapat mengenalkan dan memberikan pemahaman dengan sangat kondusif. Materi yang disampaikan adalah pengenalan lembaga keuangan syariah. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi dan penyuluhan. Kegiatan pengabdian telah dilaksanakan dalam beberapa tahap; koordinasi persiapan pelaksanaan, pelaksanaan kegiatan edukasi, dan kegiatan evaluasi kegiatan. Kegiatan pengabdian diikuti 37 peserta guru TPQ. Pondok Pesantren (PP) Al Asror sebagai tuan rumah memberikan dukungan penuh pelaksanaan kegiatan pengabdian. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat meningkatkan literasi keuangan syariah peserta. Hal ini ditunjukkan dengan semakin pahamnya peserta mengenai perbedaan bank syariah dan bank konvensional, konsep dasar keuangan syariah dan akad-akad yang digunakan untuk pengembangan produk lembaga keuangan syariah.

Kata Kunci: lembaga keuangan syariah, perbankan syariah, literasi keuangan syariah, guru TPQ


Abstract


Community service activities are conducted as an effort to educate the shariah finance of TPQ teachers in Gunungpati Sub-district, Semarang City through syariah financial literacy activities. This is motivated by the fact that educational activities conducted so far to increase the literacy of Islamic finance is still not well socialized. And can not touch the TPQ teachers. Implementation of TPQ (al Quran education) becomes very important and fundamental to provide stock for TPQ students to be more familiar with sharia finance. Through TPQ, TPQ teachers can introduce and provide understanding very conducive. The material presented is the introduction of syariah financial institutions. The community service are carried out in the form of socialization and counseling. The community service has been carried out in several stages; coordination of preparation, implementation of education activities, and evaluation activities. The commnity service activities were attended by 37 TPQ teachers. PP Al Asror as the host provides full support for the implementation of community service activities. The community service activities can increase participants' sharia financial literacy. This is indicated by the increasing understanding of the participants regarding the differences between Islamic banks and conventional banks, the basic concepts of Islamic finance and akad-akad used for the development of Islamic financial institution products.

Keywords: Islamic financial institution, islamic banking, sharia financial literacy, TPQ teacher


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i2.10335

Article Metrics

Abstract view : 866 times
PDF - 1404 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.