Peningkatan Kompetensi Mahasiswa dalam Pemecahan Masalah Anuitas Umum dengan Menerapkan Model Quantum Teaching
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model quantum teaching untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam memecahkan permasalahan Anuitas Umum. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa matematika Universitas Negeri Medan (Unimed) semester genap tahun pelajaran 2014/ 2015 yang terdiri dari 36 orang. Pada penelitian ini, data diperoleh melalui hasil wawancara, observasi, dan menganalisis dokumen perkuliahan. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mahasiswa dan dosen selama pembelajaran berlangsung. Selanjutnya, analisis ini juga dilakukan untuk menggambarkan pencapaian kompetensi dalam pemecahan masalah anuitas umum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model quantum teaching dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam pemecahan masalah anuitas umum secara gradual
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v21i81.3400
Article Metrics
Abstract view : 140 timesPDF - 165 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.