IKAN HIAS UNTUK DESA SEKIP LUBUK PAKAM

Rita Juliani, Derlina Nasution, Agus Kembaren

Abstract


Telah dilakukan Ipteks bagi Masyarakat (IbM) di Lubuk Pakam yang bertujuan terbentuknya kelompok tani professional ikan hias yang menghasilkan  bibit dan ikan hias dengan kuantitas memadai serta memiliki kualitas yang tinggi.

Metode yang digunakan adalah melalui metode pelatihan (workshop). Workshop dilakukan dalam beberapa tahap yakni:  (a). penyuluhan dan pelatihan usaha tani budidaya ikan hias; (b) pelatihan pembuatan pembukuan pemeliharaan ikan hias dan (c) budidaya ikan hias oleh kelompok tani dengan pembuatan kolam.

Hasil yang diperoleh dengan diadakannya penyuluhan dan pelatihan serta pembudidayaan ikan hias, kelompok tani menjadi lebih terlatih dalam budidaya ikan hias dan selektif dalam memenejemenkan keuangan.  Budidaya ikan hias yang dilakukan dengan penambahan kolam diperoleh hasil panen ikan hias dengan  warna yang lebih cerah dan tingkat kematian yang rendah. Hasil panen dengan di masukan bibit 290.000 ekor terdiri dari 1500 ekor ikan koi dan 1400 ekor ikan koki diperoleh tingkat kehidupan ikan koi 90 % dan ikan koki 80 % dengan kualitas A,B dan C sisanya kurang berkualitas (BS). Hasil kualitas A sekitar 10 %, B 20 % dan C 20%.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v20i77.3427

Article Metrics

Abstract view : 322 times
PDF - 299 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.