PELATIHAN PENGGUNAAN MOBILE LABORATORIUM MATEMATIKA VIRTUAL DI SMP SWASTA MUHAMMADIYAH 1 MEDAN
Abstract
Laboratorium merupakan tempat bagi siswa untuk menyelesaikan kasus-kasus dalam pembelajaran. Keberadaan laboratorium sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran karena dapat meningkatkan rasa ingin tahu, kreatifitas dan pemahaman siswa dalam pembelajaran. Akan tetapi tidak semua sekolah memiliki laboratorium matematika dan sumberdaya manusia (laboran) khususnya untuk siswa SMP di kota Medan. SMP Muhammadiyyah 1 Medan menjadi salah satu sekolah dimana guru nya masih minim dalam pengembangan media pembelajaran matematika , tidak tersedianya media pembelajaran matematika yang efektif dan juga tidak memiliki sarana laboratorium untuk pelajaran matematika. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan satu media Mobile Laboratorium Matematika Virtual kepada SMP Muhammadiyah 1 Medan dan memberikan pelatihan pembuatan dan penggunaan media Mobile Laboratorium Matematika Virtual.di SMP Swasta Muhammadiyah 1 Medan. Metode kegiatan ini meliputi 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan , monitoring dan evaluasi serta tindak lanjut . Setelah dilakukan pendampingan , terlihat guru sangat antusias. Tindak lanjut dari kegiatan ini , guru menambahkan secara mandiri materi materi pada Laboratorium Matematika Virtual yang telah di berikan. Belajar matematika didukung dengan Laboratorium Matematika Virtual membuat kegiatan pembelajaran matematika menjadi lebih menarik, terlebih materi menyajikan soal berbasis kasus sehinngga menambah pengetahuan manfaat materi dalam kehidupan nyata.
Keywords
Pelatihan, Mobile, Laboratorium Matematika Virtual
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v30i3.45160
Article Metrics
Abstract view : 55 timesPDF - 59 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.