PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD YANG BERORIENTASIKAN MASALAHUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA
Abstract
Pembelajaran matematika beserta sistem evaluasi selama ini kurang memberikan kesempatan bagisiswa untuk memunculkan ide atau gagasan selama siswa belajar matematika. Akibatnya siswa menjadipasif selama proses pembelajaran dan kurang meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswadalam menyelesaikan soal-soal matematika. Untuk itu guru hendaknya dapat memilih dan menerapkansuatu strategi pembelajaran yang efektif untuk membuat siswa aktif selama belajar Penelitian ini adalahpenelitian eksperimen yang bertujuan untuk menelaah adanya perbedaan pemecahan masalahmatematika siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams AchievementDivisions) yang berorientasikan masalah dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori,mendeskripsikan tentang aktifitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakanpembelajaran kooperatif tipe STAD yang berorientasikan masalah.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v19i72.4730
Article Metrics
Abstract view : 76 timesPDF - 84 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.