PENGARUH PERBEDAAN GAYA MENGAJAR KOMANDO DENGAN GAYA MENGAJAR RESIPROKALTERHADAP HASILBELAJARLOMPAT JAUH GAYA JONGKOKMAHASISWA PJKR ANGKATAN 2012/2013

Abdul Harris Handoko, Tarsyad Nugraha, Sugiono Sugiono

Abstract


Populasi penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa PJKRAngkatan2012/2013yang berjumlah 345 orangterdiri dari 5 kelas.Sampel ditentukan secara random berdasarkan kelas berjumlah 68 orangyaitu kelasPJKR B Reguler jumlah 30 orang danPJKR C Reguler jumlah 38 orang. Penelitian ini menggunakanmetode penelitian tindakan kelas.Data hasil belajar lompat jauh gaya jongkok Mahasiswa diperolehdari skor lembar pengamatan. Data dianalisis menggunakan statistik dengan uji–tsatu pihak dan untukmengetahui perbedaan pengaruh metode pembelajaran kedua kelompok digunakan uji – t dua pihak (gabungan). Hipotesis penelitianadalah (1). Terdapat pengaruh gaya mengajar komando terhadap hasilbelajar lompat jauh mahasiswa PKR Reguler Angkatan 2012/2013.(2). Terdapat pengaruh  gayamengajar resiprokal terhadap hasil belajar lompat jauh mahasiswa kelas PKR Reguler Angkatan2012/2013.(3).Gaya mengajar komando lebih baik dibandingkan dengan gaya mengajar resiprokalterhadap hasil belajar lompat jauh mahasiswa PKR Reguler Angkatan 2012/2013.Hipotesis diterima apabilanilai thitung lebih besar dari nilai ttabel pada taraf signifikan 05,0 sebesar 1,70 (thitung>ttabel).

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v19i73.4735

Article Metrics

Abstract view : 130 times
PDF - 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.