PELATIHAN DIGITAL MARKETING DAN GLOBAL MARKETING UNTUK SEGMEN PASAR BARU DALAM MERAIH PASAR GLOBAL PADA UMKM BANDUNG
Abstract
Digital marketing memiliki manfaat untuk perkembangan bisnis agar dapat bersaing di pasar yang lebih luas. Digital marketing bukan hanya sekedar tren, akan tetapi memiliki manfaat yang sangat luas bahkan dapat mempopulerkan sebuah usaha rumahan dengan lebih mudah sehingga mendorong tren berbisnis dari rumah. Pelatihan digital marketing yang berisi terkait pengenalan digital marketing, social media marketing dan e-commerce, content marketing dan manajemen digital marketing menjadi sarana edukasi dan menambah wawasan terkait digital marketing kepada dua mitra UMKM. Pelatihan menerapkan strategi digital marketing kepada dua mitra UMKM telah disampaikan melalui workshop dan praktik selama kegiatan berlangsung. Evaluasi pelatihan digital marketing yang telah dilaksanakan kepada dua mitra UMKM melalui Google Form meliputi materi yang disampaikan, fasilitas pelatihan dan penambahan wawasan serta skill mengenai digital marketing. Selain itu, bisnis UMKM ini lebih kuat dalam menghadapi krisis global. Untuk bisa menghadapi pasar global memang tidaklah mudah, karena produk UMKM akan bersaing dengan produk negara lain. Untuk menyiasatinya dibutuhkan strategi yang tepat untuk mengembangkan UMKM agar bisa bersaing menghadapi pasar global.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v29i4.49486
Article Metrics
Abstract view : 100 timesPDF - 244 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.