PELATIHAN DIGITAL MARKETING DAN GLOBAL MARKETING UNTUK SEGMEN PASAR BARU DALAM MERAIH PASAR GLOBAL PADA UMKM BANDUNG

Mariana Rachmawati, Sri Astuti Pratminingsih, R. Adjeng Mariana, Sunardi. S Brahmana, Zulganef ., Windy Rashela

Abstract


Digital marketing memiliki manfaat untuk perkembangan bisnis agar dapat bersaing di pasar yang lebih luas. Digital marketing bukan hanya sekedar tren, akan tetapi memiliki manfaat yang sangat luas bahkan dapat mempopulerkan sebuah usaha rumahan dengan lebih mudah sehingga mendorong tren berbisnis dari rumah. Pelatihan  digital  marketing  yang  berisi terkait  pengenalan  digital  marketing,  social  media marketing  dan e-commerce, content marketing dan manajemen digital marketing menjadi sarana edukasi dan  menambah  wawasan  terkait  digital  marketing kepada dua mitra UMKM. Pelatihan menerapkan  strategi  digital  marketing kepada dua mitra UMKM telah disampaikan melalui workshop dan praktik selama kegiatan berlangsung. Evaluasi  pelatihan  digital  marketing  yang  telah dilaksanakan  kepada  dua  mitra  UMKM  melalui Google  Form  meliputi  materi  yang  disampaikan, fasilitas  pelatihan  dan  penambahan  wawasan  serta skill mengenai digital marketing. Selain itu, bisnis UMKM ini lebih kuat dalam menghadapi krisis global. Untuk bisa menghadapi pasar global memang tidaklah mudah, karena produk UMKM akan bersaing dengan produk negara lain. Untuk menyiasatinya dibutuhkan strategi yang tepat untuk mengembangkan UMKM agar bisa bersaing menghadapi pasar global.


Keywords


digital marketing, pasar global, pelatihan, UMKM

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v29i4.49486

Article Metrics

Abstract view : 100 times
PDF - 244 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.