PELAKSANAAN EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN PJOK PADA SMP NEGERI DAN SMP SWASTA DI KEC. SELOREJO DAN KEC. KESAMBEN KAB. BLITAR, MODEL CIPP

Siti Nurrochmah, Wasis Djoko Dwiyono, Wawan Eko Prasetiyo

Abstract


Penelitian ini mengkaji kurikulum pendidikan jasmani di empat sekolah di Kabupaten Blitar—SMPN 1 Selorejo A) SMPN 2 Selorejo, B) SMP YP 17, C) dan SMP Dian Sakti D)—melalui kacamata kegiatan belajar mengajar. .Metode Context, Input, Process, and Product (CIPP) digunakan dalam pendekatan deskriptif kualitatif dari desain penelitian. Wawancara, observasi, dan kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data dengan potensi penuh, program kegiatan belajar mengajar mata pelajaran penjasorkes di empat sekolah di Kabupaten Blitar secara umum telah berjalan dengan baik sesuai dengan kebijakan pemerintah dari hasil Input A) 92 %; B) 89,2 %; C) 62,5 % dan D) 73,75 %  siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang isinya sesuai dengan kurikulum tetapi belum optimal. Konteks dari segi data guru, A) 92 %; B) 89,2 %; C) 75 %; D) 82,1 %; Sarana dan Prasarana: A) 96 %; B) 94 %; C) 75%; D) 57 %; Siswa: A) 83,3%; B) 75 %; C) 66,6%; D) 50 %. Kualifikasi guru cukup sesuai; infrastruktur memadai tetapi terbatas; dan siswa tidak sesuai dengan daftar hadir. Proses dari Guru: A) 99,5 %; B) 84,3 %; C) 78,1 %; D) 687,7 %;  dari siswa A) 93,7 %; B) 87,5 %; C) 75 %; D) 75 % KBM dilaksanakan secara tatap muka dan terjadwal dengan administrasi yang baik. Produk diukur dengan rapor, A) 90%, B) 82%, C) 70%, dan D) 68% Hasil belajar sudah tuntas, meskipun aspek keterampilan (psikomotorik) kurang optimal. Agar kompetensi siswa semakin meningkat, guru harus memperoleh tambahan pengetahuan guna lebih menyempurnakan sistem pembelajaran, pemberian tugas dan penilaian tatap muka.

Keywords


Evaluasi; CIPP; Pendidikan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v29i4.50506

Article Metrics

Abstract view : 316 times
PDF - 324 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.